Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan: Arti, Fungsi, dan Cara Kerja

gambar ruangan bpjs ketenagakerjaan
Sumber gambar: BPJS Ketenagakerjaan

Kamu pernah dengar soal Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan atau belum? Ini adalah salah satu program dan gebrakan baru dari BPJS. Tujuannya agar kualitas layanan makin baik dan pengguna juga makin puas.

Program ini sendiri menjadi ujung tombak pemerintah saat pandemi Covid-19 melanda di Indonesia.

Melalui program ini, pemerintah ingin mempermudah akses masyarakat sebagai peserta BPJSTK untuk mendapat layanan.

Dalam ulasan ini, kami akan menjelaskan mengenai arti, fungsi,dan cara kerjanya.

Arti Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan

Lapak Asik adalah singkatan dari Layanan Tanpa Kontak Fisik dan merupakan layanan BPJS Ketenagakerjaan yang secara khusus melayani cek dan klaim secara online. Layanan ini menggunakan sistem berbasis elektronik agar peserta tetap terlayani meski tidak bisa datang ke kantor cabang.

gambar tampilan website lapak asik bpjs ketenagakerjaan di smartphone

Jadi, peserta tidak perlu antre di kantor cabang atau pergi keluar rumah untuk melakukan pengecekan dan pengajuan klaim. Bahkan berkas yang diperlukan juga hanya perlu diunggah di website BPJS Ketenagakerjaan saja.

Beberapa orang mungkin beranggapan, layanan ini hanya bermanfaat bagi peserta. Nyatanya, tak hanya mempermudah peserta dalam mendapat layanan saat situasi tidak memungkinkan, tetapi Lapak Asik juga menguntungkan bagi BPJS. Satu petugas bisa melayani 4 atau 6 peserta sekaligus sehingga hasilnya lebih efektif dan efisien.

Artinya apa? Lapak Asik berhasil menjadi win-win solution bagi BPJS dan peserta untuk mengoptimalkan layanan yang ada.

Fungsi Lapak Asik

Ada satu layanan yang menjadi fungsi utama dari Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan, yakni pengajuan klaim JHT (Jaminan Hari Tua). Sebelum ada dana pensiun, saldo JHT menjadi satu-satunya sumber dana yang bisa diklaim dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Saat pandemi, jumlah peserta yang ingin mencairkan saldo JHT juga makin meningkat. Karena kerumunan di tempat umum masih dilarang, pemerintah meluncurkan Lapak Asik agar aktivitas klaim JHT ini bisa berjalan.

Baca Juga:  Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline dan Online

Cara Kerja Lapak Asik

Kamu mungkin penasaran dengan cara kerja Lapak Asik?

Apakah sama dengan sistem offline?

Kami akan menjelaskan secara singkat di sini.

Jadi, Lapak Asik fungsinya sebagai tempat sementara yang menggantikan kantor cabang agar peserta bisa mengeklaim saldo JHT-nya. Normalnya, kamu perlu datang ke kantor cabang dengan membawa dokumen pendukung untuk melakukan klaim.

Nah, dengan Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan kamu bisa lakukan klaim tanpa perlu keluar rumah. Proses pengajuan hingga saldo JHT cair semuanya berjalan secara online.

1.   Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Pertama, kamu perlu melengkapi persyaratan yang diperlukan, termasuk dokumen pendukungnya. Beberapa dokumen yang perlu kamu lampirkan adalah kartu peserta, KTP, buku tabungan yang masih aktif, KK asli, dan foto diri terbaru. 

Selain itu, kamu juga perlu mengunduh formulir pengajuan pencairan JHT yang bisa diunduh gratis di situs Lapak Asik BPJSTK. Lalu ada juga surat keterangan mengenai berhenti kerja yang harus dilampirkan. 

Jika kamu klaim JHT saat memasuki usia pensiun, wajib mempersiapkan surat keterangan pensiun. Selain itu, peserta yang ingin klaim di usia pensiun juga wajib menyertakan NPWP. Dengan catatan, nominal saldo JHT-nya mencapai lebih dari Rp50 juta. 

Setelah semua dokumen siap, unggah berkas atau dokumen persyaratan tadi di laman situs BPJS Ketenagakerjaan.

2.   Wawancara dengan Petugas

Kedua, kamu akan mendapat jadwal wawancara dari petugas BPJS Ketenagakerjaan. Wawancara dilakukan melalui panggilan video. Kamu perlu mempersiapkan dokumen asli yang digunakan untuk pengajuan klaim. Ini diperlukan sebagai langkah cross check oleh petugas.

Melalui wawancara ini, petugas juga akan menanyakan beberapa hal sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kamu hanya perlu menjawab dengan jujur dan mengikuti arahan mereka.

Baca Juga:  Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline dan Online

3.   Tunggu Pencairan Dana

Ketiga, proses wawancara selesai dan kamu tinggal menunggu hasilnya. Dana akan cair sesuai dengan prosedur dana arahan yang diberikan petugas ya. Biasanya pencairan dana JHT ini tidak lama kok. Kamu bisa mengecek mutasi secara berkala di rekening yang kamu gunakan saat mengirimkan dokumen pendukung.

Wah, ternyata cara klaim saldo JHT melalui Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan sangat praktis ya. Apalagi kamu tak perlu repot keluar rumah untuk melakukan pengajuan. Agar kamu bisa mendapat manfaat yang maksimal dari layanan ini, pastikan untuk melengkapi persyaratan dokumen yang diperlukan.

Kalau kamu, lebih berminat untuk klaim saldo JHT sekarang atau tunggu masa pensiun nih? Jangan lupa pertimbangkan klaim melalui Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan ya!