Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Laptop ASUS ROG dengan AMD Ryzen 6000 Series Resmi Hadir di Indonesia

Indri Penulis

ASUS kenalkan jajaran laptop ASUS ROG terbaru dengan AMD Ryzen 6000 Series Mobile di Indonesia. Dimulai dari seri TUF Gaming, ROG Strix G, dll.

Berdasarkan pengumumannya, ASUS mengatakan kalau jajaran laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen kali ini jadi yang terlengkap di Indonesia.

Setidaknya ada 5 laptop gaming ASUS ROG terbaru dengan AMD Ryzen 6000 Series Mobile yang diboyong ASUS ke Indonesia. Mereka adalah seri ASUS TUF Gaming A15, seri ASUS ROG Strix G15 dan G17, ASUS ROG Zephyrus G15, ASUS ROG Zephyrus Duo 16, dan ASUS ROG Zephyrus G14.

Kesamaan Spesifikasi

Perlu kamu tahu, kelima laptop ASUS ROG terbaru di atas sama-sama ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series Mobile. Prosesor tersebut menawarkan performa lebih baik dari pendahulunya, efisiensi daya lebih bagus, terintegrasi ke chip AMD Radeon RDNA2, serta mendukung fitur PCle 4.0 dan port USB 4.0 (kecepatan transfer hingga 40Gbps).

Laptop-laptop tersebut juga menghadirkan fitur konektivitas super lengkap. Seperti port USB 3.2 Type-C (mendukung DisplayPort 1.2 dan USB Power Delivery) dan Type-A, HDMI 2.1, 3.5mm combo audio jack, dan WiFi 6E yang jauh lebih cepat dari WiFi 6.

Beberapa laptop ASUS ROG terbaru juga mendukung layar ROG Nebula HDR. Layar ini memakai panel Mini LED dengan 512 dimming zone. Membuatnya bisa menampilkan konten HDR Vesa DisplayHDR 1000 dengan polling rate sampai 5400Hz (10x lebih kencang dari layar tipe lainnya). Layar laptop juga bersertifikat PANTONE Validated Display untuk akurasi warna, TUV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, dan mendukung teknologi Dolby Vision. Sports – Betting here bet365 in bangladesh< /p>

Nah yang terakhir, beberapa laptop ASUS ROG terbaru dibekali fitur MUX Switch. MUX Switch adalah fitur chip khusus yang bisa mengatur jalur data visual di layar laptop. Fitur ini berguna banget ketika laptop bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya. Chip ini juga meningkatkan perfroma game mencapai 10 – 30%.

Perbedaan Spesifikasi

ASUS ROG TUF Gaming A15

TUF Gaming A15 adalah laptop gaming entry-level populer di Indonesia. Laptop tersebut kini hadir dengan chip grafis NVIDIA generasi terbaru yang memberikan kombinasi hardware super powerful untuk main game. Dipadukan dengan MUX Switch, performa gaming bisa meningkat sampai 10% di sebagai besar game modern saat ini.

Laptop TUF Gaming A15 juga fokus pada sistem pendinginan. Laptop ini dibekali dua kipas Arc Flow dengan 84 bilah. Setiap bilah punya tebal 0,1mm di ujungnya. Desain seperti itu mampu mengurangi turbulensi dan aliran udara jadi lebih lancar, tanpa perlu membuat kipas berputar kencang.

Untuk pengalaman gaming yang lebih baik, ASUS memberikan opsi layar Full HD 144Hz di seri TUF Gaming terbaru kali ini. Laptop ini juga hadir dengan desain yang terinspirasi dari mecha anime, dan tampil tetap tangguh dengan mengantongi sertifikasi MIL-STD 801H.

ASUS ROG Strix G15 dan G17

ROG Strix G15 dan G17 kembali hadir buat pemain game esports profesional. Kedua laptop ini memadukan prosesor AMD terbaru dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi baru, RAM DDR5 4800MHz, serta penyimpanan Pcle 4.0 SSD.

Karena pemain esports sangat mengandalkan kecepatan, maka laptop ini telah dipersenjatai dengan layar hingga Full HD 360Hz. Laptop ini juga dilengkapi teknology Dolby Vision HDR dan Adaptive Sync supaya pemain terhindari dari efek screen tearing dan stuttering. Gamer juga bisa menikmati fitur WIFI 6E terbaru, serta baterai 90Whr yang bisa diisi dayanya lewat USB power delivery pakai adapter USB Type-C.

ASUS ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15 adalah laptop gaming + konten kreator yang banyak diminati orang Indonesia. Kini laptop tersebut hadir dengan prosesor AMD Ryzen terbaru yang dipadukan dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX baru.

asus rog amd ryzen 6000

Walau layarnya masih pakai rasio 16:9, tapi laptop ini sudah menggunakan panel QHD (2K) dengan color gamut 100% DCI-P3, mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display, dan refresh rate 165Hz serta response time 3ms. Hal tersebut layar laptop tidak hanya cocok buat konten kreator, tapi juga dapat menunjang aktivitas gaming.

ASUS ROG Zephyrus Duo 16

ROG Zephyrus Duo 16 adalah salah satu laptop terbaru ASUS yang dipamerkaan dalam CES 2022, Januari lalu. Laptop tampil mencolok dengan desain dua layarnya. Hal ini membuat ROG Zephyrus Duo 16 nggak cuma cocok buat gamer, tapi juga konten kreator khususnya live streamer.

asus rog amd ryzen 6000

Bukan sekedar layar biasa, ROG Zephyrus Duo 16 pakai layar 16 inci (16:10) ROG Nebula HDR yang merupakan standar layar terbaik untuk laptop gaming. Layar ini nggak hanya punya refresh rate dan response time super kencang, tapi juga bisa menampilkan konten HDR, bersertifikat VESA DisplayHDR 1000.

Kemampuan tersebut bisa dihadirkan berkat penggunaan panel Mini LED dengan 512 dimming zone. Selain itu, layar ROG Nebula HD juga mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 1100 nits, serta telah mengantongi PANTONE Validated Display.

Untuk performanya, laptop ini mengandalkan prosesor AMD Ryzen terbaru yang dipadukan dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX baru, RAM DDR5 4800MHz, dan penyimpanan PCle 4.0 x4 super kencang.

ASUS ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G14 juga laptop terbaru yang dipamerkan ASUS di CES 2022. Laptop tersebut kini lebih bertenaga sambil tetap portabel. Ia mengkombinasikan prosesor AMD Ryzen terbaru dengan chip grafis AMD Radeon baru. Kombinasi tersebut membuat laptop ini punya performa lebih powerful dari pendahulunya.

asus rog amd ryzen 6000

Laptop ini juga punya fitur eksklusif seperti AMD SmartShift, AMD Smart Access Memory, Radeon Chill, AMD Radeon Anti-Lag, AMD Radeon Boost, dan AMD Radeon Image Sharpening yang bisa diakses lewat aplikasi Armoury Crate.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, laptop ini mengusung layar 14-inci dengan rasio 16:10 sehingga punya ruang kerja lebih luas. Menariknya, laptop ini juga punya bodi super ringkas berkat bezel sangat tipis, membuat screen-to-body ratio laptop gaming ini mencapai 91%.

Laptop ini juga hadir dengan AniMe Matrix Display di balik layar utamanya. Kali ini jumlah LED yang dipakai di sistem AniMe Matrix Dipslay jauh lebih banyak yakni 1449 LED. Hal ini membuat animasi dan gambar yang ditampilkan terlihat jauh lebih detil dari pendahulunya. Fyi, AniMe Matrix Display adalah fitur eksklusif yang cuma bisa didapatkan di seri laptop ROG Zephyrus G14.