Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ASUS ExpertBook B5: Laptop Bisnis Ringkas Dengan Standar Industri

Anom Penulis

Laptop bisnis merupakan salah satu kategori yang ada di samping untuk gaming, content creator, atau pengguna umum. Salah satu laptop bisnis yang mendapat rekomendasi adalah ASUS ExpertBook B5. Laptop ini ringkas, cepat, dan memenuhi standar industri.

Ada sebuah karakteristik tersendiri pada laptop bisnis yang membedakan dengan lainnya. Biasanya, laptop ini mendukung mobilitas dan memiliki performa tinggi. Tentu agar pelaku bisnis bisa menyelesaikan semua aktivitasnya tanpa hambatan.

Begitupun dengan laptop ASUS ExpertBook B5 ini. ASUS membuat lini laptop ExpertBook secara khusus. Sehingga karakteristiknya berbeda dengan lini lain, seperti ZenBook, VivoBook, ProArt, dan juga ROG.

Nah, mari kita lihat apa yang dimiliki laptop ini.

Mobilitas Tinggi

ASUS ExpertBook B5 merupakan laptop 13 inci dengan bodi tipis (1,69 cm) dan bobot yang ringan (1,1kg). Bentuknya yang ringkas ini membuatnya mudah dibawa dan dipakai dalam perjalanan bisnis.

Walau ringkas, laptop ini juga tangguh. Bodinya (bagian luar) terbuat dari bahan magnesium-aluminium alloy. Lalu laptop ini juga sudah mendapat sertifikasi ketahanan sesuai standar militer Amerika, MIL-STD 810H.

Lalu untuk mendukung fleksibilitas penggunaan, ASUS merancang laptop ini dengan layar yang bisa dibuka lebar. Ada dua seri berbeda berdasar fitur ini. Seri clamshell (B5302CEA) punya layar yang bisa dibuka 180º dan seri convertible (B5302FEA) yang bisa dibuka 360º (dilipat).

Kinerja dan Konektivitas Terbaik

Berikutnya, laptop ini juga powerful dan mendukung alur kerja profesional. Spesifikasi internal ASUS ExpertBook B5 meliputi prosesor Intel Core i7-1165G7 dengan GPU Intel Iris Xe, RAM sampai 48GB DDR4, penyimpanan SSD PCIe sampai 2TB, dan baterai 66WHrs.

Spesifikasi tanpa kompromi itu juga diperkuat dengan dukungan WiFi 6 dan Bluetooth 5.0 untuk koneksi cepat. Selain itu, koneksi perangkat pendukung lain juga hadir lewat colokan yang lengkap. Misalnya 2 colokan Thunderbolt 4 yang bisa dipakai untuk kebutuhan display atau power, colokan HDMI 2,0b, dan micro HDMI.

Jadi walaupun ringkas, laptop ini mampu dan bisa dipakai dalam lingkungan kerja profesional. Termasuk dengan monitor eksternal atau terhubung dengan perangkat lain (smartphone, kamera, dll).

Sesuai Standar Industri

Tentu, apalah arti bodi ringkas dan performa tinggi jika tidak memenuhi standar industri yang ada. Di samping sertifikasi ketahanan MIL-STD 810H, laptop ini juga sudah memenuhi sertifikasi industri lain.

Layar 13,3 inci-nya merupakan layar ASUS OLED. Artinya layar ini memiliki kecerahan dan akurasi warna tinggi. Layar ASUS ExpertBook B5 memenuhi standar warna gamut 100% DCI-P3, mendapat sertifikasi PANTONE Validated Display dan VESA DisplayHDR True Black. Selain itu, layar ini juga memiliki fitur Eye Care dengan sertifikat TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Untuk sisi keamanan, ada sensor sidik jari yang terintegrasi dengan sistem Windows Hello. Selain itu, Windows Hello juga memiliki pengamanan biometrik pengenalan wajah.

Ideal untuk Pelaku Bisnis

Dari pemaparan di atas sudah tampak kalau ASUS ExpertBook B5 memenuhi persyaratan laptop bisnis ideal. Dari sisi bodi, ringkas; dari sisi kinerja, powerful; dan dari sisi kelengkapan, memenuhi standar industri.

Toh, sebagai anggota keluarga laptop ExpertBook, laptop ini masih terhitung kelas bawah. Kalau ingin yang lebih premium, ada pilihan ExpertBook B7 atau ExpertBook B9.

Nah, kalau ingin melihat lebih detil, silakan kunjungi situs resmi ASUS.