Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Dell Hadirkan Laptop Alienware Tertipis dan Terkuat “X-Series”

Indri Penulis

Dell mengumumkan laptop gaming Alienware X-Series. Seri ini hadir dalam dua varian yakni Alienware x15 dan Alienware x17.

Alienware x15 adalah laptop 15 inci dengan ketebalan di bawah 16mm (menjadikannya laptop Alienware tertipis saat ini dan laptop sub 16mm terkuat di dunia). Sementara x17 merupakan laptop 17 inci dengan ketebalan di bawah 21mm.

Dalam hal tampilan, x15 dan x17 sama-sama menyajikan tampilan layar berkisar dari FHD dengan refresh rate 360Hz sampai 4K UHD HDR400. Kamu bisa menyesuaikan tampilannya dengan fitur DirectX Raytracing.

Layar laptop ini dibekali kamera Windows Hello IR untuk login biometrik wajah dengan cepat, serta teknologi low-blue light untuk mengurangi ketegangan mata tanpa mengurangi kualitas tampilan.

Alienware X Series (gambar: Dell)

Khusus buat Alienware x17, laptop ini menyajikan pencahayaan yang lebih berani lewat teknologi LED canggih hingga 100 mikro-LED (kalau di model x15 Cuma 90 mikro-LED). Zona pencahayaan ini bisa dipersonalisasi lewat Alienware Command Center.

Kalau soal desainnya, Dell Alienware X-Series hadir dengan warna Lunar Moon. Untuk tampilan interiornya bernama Dark Core (sama seperti Alienware m15 R5 / R6). Selain lebih cantik, tampilan ini juga diklaim mampu mengurangi pantulan layar pada keyboard serta menghadirkan pengalaman gaming bebas gangguan.

Mereka berdua juga dibekali keyboard CHERRY MX dengan desain ultra-low-profile 3,5mm. Keyboard jenis ini dipercaya mampu menghadirkan pengalaman ‘tekanan tombol’ yang lebih dalam.

Beralih ke dapur pacu, laptop X-Series ditenagai prosesor mobile Intel Core H-Series Gen-11 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series (dengan rentang hingga RTX 3080). Dell Alienware x15 mendukung daya grafis hingga 110W dan x17 hingga 165W.

Oya karena x15 dan x17 masuk dalam jajaran laptop tipis, jelas rentan mengalami masalah panas berlebih. Tapi Dell telah membekali keduanya teknologi pendingin Alienware Cryo-Tech dengan Element 31 (bahan antarmuka termal dari senyawa liquid metal Gallium-Silicone), yang mampu memberi peningkatan ketahanan termal sampai 25% dari pesaingnya.

Baca Juga:  Dell Luncurkan Laptop Dell XPS 13 (2022) dan XPS 13 2-in-1

Selain sistem pendingin canggih, laptop Alienware X-Series juga punya sistem yang lebih tradisional. Seperti Quad Fan Alienware yang dikendalikan oleh Smart Fan (pakai AI) untuk meningkatkan kinerja aplikasi, lalu ventilasi udara di hampir sekujur bodi laptop (punggung, atas dan bawah).

Alienware x15 dan x17 bakal tersedia mulai 1 Juni 2021. Masing-masing model bakal dibanderol dengan harga $1.999 dan $2.099. Pas pertama kali diluncurkan, mereka bakal tersedia dalam konfigurasi terbatas. Disusul tanggal 15 Juni 2021, laptop-laptop ini bakal tersedia dalam konfigurasi lengkap.