5 Rekomendasi Layanan Konseling Online Buat Jaga Kesehatan Mental

Indri Penulis

Kesehatan mental sangat penting! Untuk jaga kesehatan mental, kamu bisa coba rekomendasi layanan konseling online berikut.

Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap manusia memiliki masalah hidup, hanya saja kadar masalahnya mungkin tak sama. Ada yang terlilit masalah ekonomi, masalah keluarga, masalah pertemanan, masalah percintaan, atau berbagai masalah rumit lainnya.

Salah satu cara untuk membuat beban dalam hati berkurang adalah curhat ke orang lain, bisa teman atau keluarga. Sayangnya mungkin nggak semua orang mengerti posisi kita. Kadang bukannya dapat solusi atau motivasi, justru orang yang diajak curhat malah menyalahkan atau mungkin mencap kita ‘lebay.’

Padahal orang-orang yang sedang dirundung masalah harus diberi banyak motivasi lho. Pasalnya kalau nggak, mereka bisa depresi dan parahnya berujung pada aksi bunuh diri (contohnya kasus beberapa selebriti yang tewas bunuh diri gara-gara depresi).

Saat ini memang ada banyak aplikasi untuk membantu menjaga kesehatan mental. Tapi aplikasi tersebut paling cuma memberikan beberapa tips kesehatan mental. Kalau kamu benar-benar butuh teman ngobrol atau konsultasi, kamu mungkin bisa mencoba beberapa layanan konseling online dalam rekomendasi berikut ini.

Halodoc

Halodoc mungkin lebih dikenal sebagai layanan atau aplikasi kesehatan online. Tapi sebenarnya, Halodoc juga menyediakan layanan konsultasi seputar kesehatan mental lho.

Di Halodoc, kamu bisa pilih sendiri psikolog mana yang akan membantumu. Sebelum memilihnya, kamu bisa perhatikan dulu profil mereka. Contohnya foto profil si psikolog, rating, pengalaman, tempat praktik, sampai nomor STR. Sementara itu, kamu bisa menikmati layanan konsultasi di Halodoc mulai dari Rp 25.000.

Kalm

Dari namanya sudah jelas kalau layanan ini dibuat untuk keperluan kesehatan mental ya. Kalm memang layanan konsultasi online yang sifatnya fleksibel, privat dan terjangkau. Walau ada embel-embel ‘terjangkau,’ tapi layanan ini akan menghubungkanmu ke psikolog profesional.

Namun sebelum memutuskan untuk berkonsultasi, kamu wajib mengisi beberapa kuisioner. Dengan begitu, Kalm akan menyesuaikan jawaban dengan konselor dan terapi yang cocok dengan kebutuhanmu. Kalau masalah biaya, Kalm hadir dengan biaya konsultasi yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 99.000.

Ibunda

Layanan yang satu ini menawarkan ruang berkeluh kesah dan konsultasi online berbasis psikologi. Lewat Ibunda, kamu bisa mencurahkan semua isi hati dan permasalahan hidupmu dengan aman. Walau layanan ini berbayar, tapi kadang Ibunda bakal memberikan diskon secara cuma-Cuma.

Ibunda menyajikan dua jenis layanan yakni e-Counseling dan Couple Counseling. E-Counseling adalah konseling online lewat chat/telepon/video call dengan psikologi Ibunda. Layanan ini bisa memberikanmu solusi seputar masalah keluarga, trauma, kecemasan, self harm, depresi, dan gangguan klinis lainnya.

Sementara Couple Counseling cukup berbeda. Sesuai namanya, layanan ini ditujukan untuk pasangan dengan cara tatap muka langsung dengan psikolog Ibunda. Layanan ini bisa dinikmati pasangan yang sudah atau belum menikah. Untuk biayanya, kamu bisa berkomsultasi di Ibunda mulai dari Rp 695.000.

Klee

Klee merupakan jasa konsultasi psikologis offline dan online yang bisa dilakukan via chat, telepon atau panggilan video. Layanan ini punya 3 level psikolog (Junior, Middle dan Senior) yang bisa kamu jadikan acuan saat memilih mereka. Level ini disesuaikan dengan lamanya pengalaman kerja mereka di dunia psikologi.

Tentunya semakin banyak pengalaman mereka, maka harga konsultasi akan semakin mahal. Kamu bisa menikmati layanan konsultasi di Klee dengan biaya mulai dari Rp 110.000.

Sehat Jiwa

Sehat Jiwa adalah layanan konsultasi psikologi online yang berada langsung di bawah naungan Kementerian Kesehatan Indonesia. Layanan yang hadir dalam bentuk website dan aplikasi ini bertujuan untuk memberikan info seputar kesehatan mental, serta lokasi fasilitas medis yang bisa dinikmati para penderita kesehatan mental.

    %d blogger menyukai ini: