Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

5 Layanan untuk Mencari Coworking Space Terbaik

coworking space
Foto: Crew
Anom Penulis

Saat ini, menjadi digital nomad adalah hal yang wajar. Bekerja lewat internet di mana pun dan kapan pun sudah biasa. Salah satu kebutuhan digital nomad adalah sebuah tempat kerja yang nyaman, dan ada koneksi internet. Syukur-syukur kalau itu free wifi. Biasanya hal tersebut disediakan oleh coworking space.

Coworking space merupakan sebuah tempat yang memungkinkan setiap orang bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, atau sekedar belajar, dengan lebih baik — santai tapi tetap bernuansa kerja. Tempat seperti ini biasanya menjadi tempat berkumpul para profesional, dan menawarkan fasilitas free wifi, meja kerja, ruang meeting, dll. Ada yang memberikan fasilitas secara gratis atau dengan sewa untuk jangka waktu tertentu.

Di bawah ini ada beberapa layanan — entah website atau aplikasi — yang bisa membantu kamu mencari coworking space terbaik atau sekedar kafe dengan wifi kencang. Yang menarik, kalau kamu mengelola tempat seperti ini, kamu pun bisa mendaftarkannya.


Baca juga: 5 Tips Gadget Untuk Para Digital Nomad


Coworker

Coworker merupakan sebuah website yang menawarkan pencarian coworking space di seluruh dunia. Website ini dilengkapi dengan fitur pilihan fasilitas, informasi harga, foto, rating dan review pengguna, juga peta yang bisa secara otomatis mencari ketika kita menggesernya ke wilayah tertentu. Pemilik tempat bisa mendaftarkan tempat miliknya di Coworker (dengan verified badge!)

tampilan coworker
WEBSITE


Workfrom

Workform memiliki fitur dan tampilan yang cukup mirip dengan Coworker. Website ini punya pilihan fasilitas, informasi detil tentang tempat terkait (foto, jam buka, review, dll), juga peta. Pemilik coworking space juga bisa mendaftarkan tempatnya di sini.

Selain website, Workform juga memiliki aplikasi untuk Android dan iOS. Pengguna layanan ini bisa melakukan clock in, sebuah fitur semacam check in di Foursquare atau Facebook.

tampilan workfrom

WEBSITE

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS


CoWorking.Coffee

CoWorking.Coffee juga seperti kedua layanan di atas. Bedanya, tampilannya langsung dengan peta. Kalau kedua layanan di atas membagi antara ruang publik dan pribadi, CoWorking.Coffee menampilkannya berdasarkan coffee shop, coworking space, atau tempat sejenis yang ada di Google Maps. Di sini juga ada halaman tempat yang bersangkutan dengan informasi detil dan review pengguna.

tampilan coworking coffee

WEBSITE


SpareDesk

SpareDesk menawarkan layanan yang tidak jauh berbeda dengan yang sudah disebut di atas. Yang lebih menarik, layanan ini juga menawarkan pemesanan untuk tempat yang bersangkutan, dengan pembayaran entah melalui kartu kredit maupun Apple Pay.

SpareDesk memiliki aplikasi untuk Android dan iPhone. Aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan peta dan integrasi dengan layanan Uber. Harap diperhatikan bahwa di website-nya tidak ada fitur atau aplikasi pencarian coworking space seperti yang disebut di atas. Tapi pemilik tempat bisa mendaftarkan kantornya di website.

tampilan aplikasi sparedesk

WEBSITE

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS


Workhard Anywhere

Workhard Anywhere juga merupakan layanan berupa aplikasi seperti SpareDesk. Layanan ini memiliki fungsi pencarian dengan peta, dan informasi detil soal tempat bersangkutan. Di aplikasi ini kita juga bisa melihat siapa saja pengguna yang sedang ada di sana, dan dengan mudah bisa berinteraksi.

Saat ini Workhard Anywhere baru memiliki aplikasi untuk iOS. Aplikasi Android sedang dikembangkan.

tampilan workhard anywhere

WEBSITE

DOWNLOAD UNTUK IOS


Baca juga: 12 Aplikasi Travel Terbaik untuk Android dan iPhone


Itulah lima layanan yang bisa memberikan rekomendasi coworking space terbaik untukmu. Anggaplah seperti TripAdvisor, Foursquare, atau AirBnB, tapi untuk ruang kerja. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi kerepotan di perjalananmu, dan bisa berkolaborasi dengan rekan kerja lebih baik lagi.

Seperti yang bisa kalian lihat di bagian footer UrbanDigital, markas kami juga berada di sebuah coworking space. Jadi, salam digital nomad! 🙂

    %d blogger menyukai ini: