Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Lebih Jauh Tentang Universal App Windows 10

universal app platform windows-10
Anom Penulis
universal app platform windows-10

Istilah universal app sudah kita kenal sejak Windows Phone 8.1. Apa perbedaannya dengan universal app Windows 10? Kali ini, kami mencoba mengupasnya lebih jauh.

Apa itu Universal App Windows 10?

Windows 10 disebut sebagai satu sistem operasi yang bisa bekerja di berbagai perangkat. Seperti yang sudah sering disebut, perangkat tersebut beragam mulai dari handphone (Windows 10 Mobile), tablet, perangkat hybrid (2-in-1), laptop/komputer, Xbox, HoloLens, Surface Hub, juga perangkat Internet of Things.

Universal App Windows 10 adalah aplikasi yang bisa berjalan di berbagai perangkat berbasis Windows 10 tersebut. Universal App didukung oleh berbagai sarana yang memungkinkan aplikasi menyesuaikan diri di berbagai perangkat. Antara lain: Tampilan antar-muka yang bisa disesuaikan (adaptive user interface), beragam input pengguna (keyboard, mouse, sentuhan, stylus, biometrik, dll), satu SDK (Software Development Kit), satu bursa dan satu developer center, juga layanan cloud.

Semua hal tersebut–mulai dari sistem operasi, aplikasi, dan pendukungnya–dikenal dengan istilah Universal Windows Platform (UWP), atau one Windows platform. Oleh karena itu, universal app Windows 10 sering juga disebut UWP app.

Lalu apa bedanya dengan universal app di Windows 8.1 dan Windows Phone 8?

Aplikasi universal di Windows 8.1 dan Windows Phone 8 pada dasarnya masih merupakan dua aplikasi berbeda. Keduanya pun ada di bursa yang berbeda. Premis yang mengikat adalah: “Install di satu perangkat, dapatkan juga di perangkat yang lain”.

Sedangkan aplikasi universal Windows 10, seperti sudah disebut di atas, merupakan satu aplikasi dengan penyesuaian tampilan dan fungsi sesuai target perangkatnya. Rilisnya pun di satu bursa. Yang menggunakan handphone akan mendapat aplikasi handphone, yang menggunakan komputer akan mendapat aplikasi desktop.

Apa Tujuan Universal App Windows 10?

Jawaban paling sederhana adalah agar pengguna bisa mendapatkan ‘rasa’ yang sama saat menggunakan sebuah layanan baik di komputer mau pun di handphone. Aplikasi universal Windows 10 saat ini juga mempermudah developer dalam membangun integritas aplikasi/layanannya.

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Taskbar Windows 11 Termudah, Paling Gampang!

Namun kelihatannya, dalam jangka panjang, ada tujuan untuk kepentingan yang lebih besar lagi. Lebih visioner.

Dalam beberapa tahun terakhir, perilaku pengunaan teknologi digital bergerak ke arah yang lebih ringkas (perangkat bergerak). Kecenderungan ini terus berlangsung di masa mendatang. Gartner, sebuah lembaga riset teknologi informasi, sudah memprediksi arah perkembangan teknologi digital tersebut.

Microsoft dengan Windows 10 ingin mendobrak batasan penggunaan perangkat bergerak yang ada sekarang, dan bersiap menuju masa depan.

With Windows 10, we are leading a new path forward for mobile experiences – breaking out of the limited box of just mobile devices and empowering customers take full advantage of all of the screens in their life. For Windows, these mobile experiences are powered by our one Windows core and the universal app platform.

Kevin Gallo, Microsoft

Penggunaan perangkat bergerak (baik tablet atau smartphone) dan lintas perangkat (casting, streaming, mirroring, atau sekedar sharing file) semakin sering dilakukan. Bukan tidak mungkin, di masa mendatang, perangkat bergeraklah yang menjadi pusat aktivitas digital, bukan lagi PC. Continuum sendiri kelihatannya menjadi salah satu proyeksi visi tersebut. Sejauh ini aplikasi yang bisa dijalankan di Continuum for phones adalah aplikasi universal. Hal ini tentunya akan semakin ideal kalau Surface Phone yang diimpikan menjadi nyata.

Akankah Universal App Windows 10 Berhasil?

Pertanyaan ini cukup sulit dijawab. Bahkan mungkin oleh Microsoft sendiri. Kita harus melihat beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan universal app.

Sebagian besar pengguna mungkin akan berkata bahwa aplikasi untuk desktop tidak terlalu berguna, karena kita bisa menggunakan browser untuk layanan bersangkutan. Yah, mungkin ini berhubungan dengan kebiasaan. Namun justru di situ letak masalahnya. Apakah aplikasi yang bersangkutan memberi keuntungan lebih? Tweetium, Aeries, dan Tweet It! membuktikannya sebagai aplikasi Twitter powerful.

Lalu, investasi di aplikasi berbasis Windows (dari Bursa) belum menunjukkan taringnya. Oke, memang adaptasi sistem Bursa di desktop baru dimulai sejak Windows 8, dan pengguna Windows Phone masih mungil. Yah, sebagai perbandingan, Android memiliki basis download aplikasi terbesar. Tapi, dari segi pendapatan pembelian, App Store iOS lebih sukses dari Android. Oleh karena itu kebanyakan aplikasi lebih dulu rilis di iOS.

Baca Juga:  Perlukah Install AntiVirus Tambahan di Laptop?

Di sisi lain, produk hybrid atau 2-in-1 semakin banyak. Saat beralih dari laptop ke tablet, fitur continuum bekerja. Di sini, aplikasi universal akan lebih menguntungkan (tampilan yang lebih disesuaikan untuk touch screen, bukan keyboard dan mouse). Ingat di awal kelahiran iPad, saat aplikasinya hanya berupa aplikasi iPhone yang diperbesar?

Jadi bisa dianggap bahwa keberhasilan universal app akan bergantung pada perkembangan perilaku penggunaan teknologi digital dan bagaimana Microsoft meresponnya. Microsoft sendiri sebenarnya sangat inovatif. Kesampingkan dulu HoloLens, Windows Hello atau Continuum for phones. Ingat tablet PC di era Windows XP (sekitar tahun 2001) yang hadir sebelum iPad? Lalu, dukungan dari para pengguna terhadap aplikasi berkualitas (dan developer-nya), sangat berpengaruh. Kalau dari sisi developer, istilahnya: ‘Ngapain susah payah kerja kalau nggak balik modal?’.

Aplikasi universal kelihatannya memang menjadi proyeksi jangka panjang yang akan berkembang seiring Windows 10, perangkat keras pendukungnya, dan penggunanya. Universal app tidak akan menutup app gap dalam waktu dekat. Walau begitu, saat ini aplikasi universal Windows 10 sudah semakin banyak. Beberapa layanan yang sudah menjadi aplikasi universal adalah Audible, Box, iHeartRadio, dan Uber.

Tambahan: Mungkin ada teman-teman developer yang ingin bebagi pengalaman?