Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Lebih Personal dengan Windows 10

Sejak kemunculan ponsel atau PC di Indonesia, setiap penggunanya pasti menginginkan personalisasi pada perantinya tersebut, baik wallpaper yang beda dengan lainnya, warna themes, ringtones, dll. Menyadari hal tersebut, hampir semua sistem operasi memberikan fitur personalisasi agar para penggunanya bisa bebas melakukan kustomisasi sesuai selera. Begitu juga dengan Windows 10.

Windows 10 baik yang versi PC maupun mobile memiliki pengaturan personalisasi yang hampir sama. Tentu saja karena Windows 10 adalah satu sistem operasi yang bisa digunakan untuk semua peranti.

Jika sebelumnya kita mengulas semua tentang ‘Akun dan Email’, di artikel Lebih Dekat dengan Windows 10 kali ini, kami akan mengulas tentang Personalisasi/Personalisation di Windows 10.

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal tulisan, fungsi dari Personalization adalah untuk mengatur tampilan dari peranti kita agar tampak lebih personal. Keuntungan dari pendekatan One Windows adalah, kita akan menemukan banyak kesamaan dalam tampilan maupun pilihan pengaturan.

Di Windows 10 PC, kita akan melihat pilihan pengaturan berupa Background, Colors, Lock screen, Themes dan Start. Sedangkan pada Windows 10 mobile, kita memiliki pilihan pengaturan Start, Colours, Sounds dan Lock screen.

Start

Mari kita bahas terlebih dulu beberapa fungsi menu yang ada di Windows 10 PC dan Windows 10 mobile. Pertama, kita mulai dari Start. Di Windows 10 mobile, kita akan melihat beberapa pilihan seperti Background untuk memilih gambar yang akan menjadi wallpaper pada home screen ponsel. Untuk di Windows 10 PC, Microsoft memberikan menu tersendiri, entah kenapa.

Start di Windows 10 mobile

Pengaturan Start atau home screen di mobile sedikit lebih sederhana dibandingkan dengan yang ada di PC. Di Windows 10 mobile kalian akan menemukan Preview untuk melihat perubahan tampilan yang kita lakukan. Di bawahnya kita akan melihat pilihan Background yang berfungsi untuk mengubah ‘wallpaper’ yang ada di home screen. Ada tiga pilihan, yaitu My Pictures jika kalian ingin mengubah tampilan background menggunakan gambar atau foto, Sample images jika ingin menggunakan gambar yang telah disediakan oleh Microsoft, dan None jika kalian tidak ingin menggunakan foto atau gambar di home screen.

Di bawahnya, ada pilihan Choose style, dimana ada dua pilihan yaitu Tile picture, jika kalian hanya ingin menampilkan gambar atau foto pada tile-nya saja dan Full screen picture jika kalian ingin membuat gambar atau foto tampil secara penuh.

Jika kalian memilih Full screen picture, kalian akan menemukan pilihan Tile transparancy, cukup geser slider ke kiri atau kanan untuk mengatur transparansi dari tile kalian.

Fitur terakhir, ada pilihan Show more tiles jika kalian menginginkan lebih banyak kolom di home screen Windows 10 kalian.

Start di Windows 10 PC

Untuk menu Start di PC sedikit lebih kompleks. Selain pilihan menu yang juga terdapat di versi mobile, ada beberapa pilihan yang tidak ada di Windows 10 versi mobile, yaitu:

  • Occasionally show suggestions in start. Ini berfungsi untuk menampilkan aplikasi yang di rekomendasikan oleh Microsoft. Sebenarnya ini adalah iklan, jadi kalau tidak suka, tinggal geser slider nya ke arah OFF.
  • Show must used app. Ini berfungsi untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sering digunakan.
  • Show recently added apps. Jika kita mengaktifkan fitur ini, maka di Start menu paling atas akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang baru saja di install.
  • Use Start full screen. Jika kalian ingin menampilkan tile yang seperti pada home screen di ponsel.
  • Show recently opened items in Jump List on Start or the taskbar. Ini berfungsi untuk menampilkan shortcuts suatu aplikasi langsung dari Start menu. Jika fitur ini diaktifkan, akan ada tanda > yang jika di klik akan muncul pilihan shortcuts.
  • Choose which folders appear on Start. Kalian bisa memilih folder-folder apa saja yang akan tampil di Start menu.

Color

Fungsi dasar dari menu ini adalah untuk mengubah accent color pada tile. Sama seperti pengaturan Start, di pengaturan ini juga ada perbedaan pilihan untuk versi PC dan mobile.

Color di Windows 10 mobile

Hanya ada beberapa pilihan disana, Preview, Choose your mode (dark atau light) dan Choose your accent color, untuk memilih warna tile.

Color di Windows 10 PC

Selain tiga pilihan seperti versi mobile, fitur Color di PC memiliki beberapa tambahan fitur, seperti:

  • Automatically pick an accent color from my background. Jika kalian mengaktifkan fitur ini, maka warna tile kalian akan menyesuaikan dengan wallpaper yang kalian gunakan.
  • Show color on Start, taskbar, action center and title bar. Fitur ini berfungsi untuk membuat warna tersebut sesuai dengan warna tile.
  • High contrast Settings. Untuk mengatur kontras dari tile.

Lock Screen

Tidak banyak hal berbeda untuk pengaturan ini, baik untuk versi mobile atau PC. Selain Preview yang digunakan untuk melihat perubahan, beberapa fitur pilihan lainnya adalah:

  • Background, untuk mengganti gambar pada lock screen. Untuk versi mobile, kita akan mendapatkan lebih banyak pilihan, karena beberapa aplikasi sudah mendukung untuk ini.
  • Choose an app to show detailed status. Untuk menampilkan status aplikasi pada lockscreen, biasanya akan muncul di bawah keterangan jam dan tanggal.
  • Choose apps to quick status. Berfungsi untuk menampilkan notifikasi aplikasi di lockscreen.
  • Screen times out. Untuk mengatur kapan layar akan mati jika tidak digunakan.

Selain menu pilhan di atas, masih ada satu lagi fitur yang hanya ada di masing-masing versi, yaitu Themes untuk Windows 10 PC dan Sounds di Windows 10 mobile.

Fitur Themes berfungsi untuk memilih themes jika kita malas untuk melakukan kustom satu persatu, sedangkan fitur Sounds digunakan untukmengubah suara/ringtones di Windows 10 mobile.

Nah jika ada yang ditanyakan mengenai fitur Start di Windows 10, jangan ragu untuk berkomentar.