Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

LG OLED Flex (LX3) – Monitor Gaming Pertama di Dunia yang Bisa Ditekuk!

Indri Penulis

LG perkenalkan monitor gaming melengkung 42” pertama di dunia “LG OLED Flex (LX3).” Monitor ini sangat fleksibel karena tingkat kelengkungannya bisa diatur sesuai selera.

Sebelum resmi diumumkan, sebenarnya konsep monitor gaming melengkung ini sudah sempat disinggung LG dalam gelaran CES 2021 tahun lalu.

Dalam pengumumannya kali ini LG mengklaim kalau LG OLED Flex (LX3) sangat multifungsi. Perangkat ini cocok untuk konsol imersif, PC, game cloud, atau untuk menikmati siaran TV dan live streaming.

Lantas apa daya jual utama dari monitor terbaru LG ini? Seperti yang sempat saya singgung sebelumnya, nilai jual utama monitor ini ada pada tingkat kelengkungannya.

LG OLED Flex (LX3) bisa dipakai dalam mode datar atau melengkung. Berbeda dengan monitor melengkung lain yang tingkat kelengkungannya tidak bisa disesuaikan.

Monitor tersebut memungkinkan pengguna menyesuaikan kelengkungan LX3 ke salah satu dari 2 preset yang ada. Cukup tekan tombol preset / remote control, monitor akan langsung mengubah tingkat kelengkungan.

Nggak cuma bisa diatur tingkat kelengkungannya. Monitor ini juga bisa dimiringkan hingga 10 derajat. Selain itu dudukan yang melekat padanya juga bisa diatur ketinggiannya. Selain itu, LX3 juga menawarkan kualitas gambar dan performa luar biasa. Monitor ini menyajikan kontras tak terbatas, warna hitam pekat, warna sangat akurat, waktu respon secepat kilat 0,1 milidetik, dan input lag yang rendah.

Kalau dari segi performa, monitor ini dipersenjatai prosesor Alpha 9 Gen 5 dan algoritme gambar unik. Dalam hal kenyamanan, monitor ini telah mengantongi sertifikasi bebas kedip dan silau. Dengan begitu aktivitas gaming atau menikmati tayangan kesayangan bisa nyaman dilakukan, walaupun dalam waktu lama.

Punya Fitur Gaming Komplit Buat Manjain Gamer

Baca Juga:  Hal Menarik dari Hands on LG Rollable, Ponsel Yang Batal Rilis

LX3 juga bisa menunjang aktivitas gaming. Ia bisa bisa menyesuaikan ukuran gambar sesuai preferensi dan genre game yang dimainkan. Game RPG, game balap atau platformer bisa pakai monitor 42 inci. Sedangkan pemain game RTS atau FPS bisa mengatur ukuran monitor menjadi 32 atau 27 inci.

Nggak cuma itu, monitor ini juga punya semacam fitur pengubah gambar lho. Fitur ini memungkinkan pemain melihat semua yang terjadi dil lingkungan game secara sekilas. Fitur ini bisa diakses via menu Gaming Dashboard. Nanti di sana pengguna bisa memilih posisi tinggi, rendah atau tengah dari gambar yang lebih kecil di monitor.

LX3 juga punya aplikasi Games baru. Monitor ini juga mendukung screensaver khusus, shortcut ke aplikasi populer seperti Twitch dan YouTube, dan menyediakan daftar perangkat input eksternal yang terhubung.

Monitor ini juga dibekali LG Gaming Optimizer untuk mengatur suara sesuai genre game yang dimainkan. Ada juga mode Multi View yang memungkinkan pengguna melihat konten dari dua sumber berbeda LX3 secara bersamaan (misal main game konsol sambil nonton YouTube yang di-streaming dari ponsel bersamaan).

LX3 juga dibekali fitur Switching Hub. Fitur ini memungkinkan pengguna memakai mikrofon internal dan perangkat apapun yang terhubung ke monitor lewat port USB. Monitor ini juga hadir dengan dua speaker 40W di depan untuk meningkatkan pengalaman gaming ataupun nonton konten.

Terakhir untuk menawarkan pengalaman gaming terbaik, LX3 mendukung Dolby Vision pada 4K 120Hz dan fitur HDMI 2.1 terbaru. Selain itu, monitor ini juga kompatibel dengan G-SYNC dan bersertifikat AMD FreeSync Premium.

Sementara itu, sampai saat ini belum diketahui kapan monitor LG OLED Flex (LX3) ini bisa dibeli dan berapa harganya. Kita tunggu saja informasi tambahan dari LG nantinya ya.