Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Lifestyle Baru: Dengerin Buku

Sering kita dengar pepatah bahwa “buku adalah jendela dunia”, untuk bisa membukanya, membaca buku adalah caranya. Namun tahukah kalian, saat ini buku bukan hanya bisa dibaca, tapi juga bisa didengarkan.

“Buku kok didengerin? Buku ya dibaca!”

Masih banyak yang beranggapan bahwa cara yang tepat untuk menikmati buku adalah dengan membaca. Padahal tidak semua orang memiliki waktu untuk bisa membaca, atau sebaliknya, memiliki waktu tetapi tak punya buku untuk dibaca.

Jika kita melihat di luar Indonesia, ada layanan audiobook bernama Audible, dari Amazon. Ribuan buku berbahasa Inggris bisa didengarkan disana. Tapi, bagaimana dengan koleksi buku bahasa Indonesia?

Di Indonesia sendiri, sudah ada satu aplikasi yang mirip dengan Audible, yaitu Listeno. Aplikasi ini dikembangkan oleh pelaku industri digital kreatif asal Yogyakarta. Di Listeno, kalian bisa mendengarkan ratusan koleksi buku berbahasa Indonesia hanya melalui ponsel.

Listeno bisa di unduh secara gratis melalui Google Play Store, Listeno memiliki koleksi audiobook yang di klasifikasi kan berdasarkan genre masing-masing, seperti novel, sastra, buku anak, religi, dan lainnya. Buku-buku yang di audio kan di Listeno ini di narasi kan sendiri oleh para narator profesional, bukan robot, sehingga lebih enak dan nyaman untuk di dengarkan.

Tersedia dua versi audiobook di Listeno, gratis dan berbayar. Untuk audiobook gratis, kalian tinggal buka aplikasi Listeno dan pilih judul audiobook yang memiliki tanda tulisan ‘Gratis’, lalu putar. Diantara audiobook gratis yang bisa kamu dengerin, terdapat beberapa karya dari penulis besar, diantaranya Sherlock Holmes, Zadig, dll.

Sedangkan audiobook berbayar di Listeno merupakan buku-buku premium, seperti A Clash of Kings, London Love Story, Mahadewi, dll. Audiobook berbayar di aplikasi Listeno ini memiliki tanda harga untuk setiap judulnya dan untuk mendapatkannya bisa menggunakan beberapa metode pembayaran: Listeno Point, bank transfer, kartu kredit. Segera setelah pembayaran dilakukan, buku yang dibeli otomatis ditambahkan ke dalam menu Perpustakaan pada aplikasi Listeno yang kamu miliki. Harga audiobook yang ditawarkan juga terjangkau, mulai dari Rp 10.000.

Listeno juga merupakan aplikasi yang cocok buat anak-anak, karena Listeno memiliki opsi Mode Anak dan tersedia banyak judul audiobook khusus untuk anak-anak, mulai dari Cerita Rakyat, Dongeng si Kancil, hingga Ensiklopedi Anak. Buat para orang tua yang memiliki anak kecil, Listeno cocok diperdengarkan sebagai dongeng sebelum tidur maupun di waktu santai.

Dengerin buku bagi orang dewasa juga bisa dilakukan saat melakukan aktivitas, bisa juga sebagai teman tidur. Jadi bagi yang sibuk bisa tetap menikmati buku dengan cara asyik dan sekaligus membuka jendela dunia kapan saja, dimana saja, sambil ngapain saja.

Download Listeno

    %d blogger menyukai ini: