Cara Live Instagram dari PC Menggunakan OBS Studio

live instagram dari pc

Live Instagram dari PC? Caranya gampang!

Hey, Urban People! Siapa yang punya akun Instagram? Saya rasa pasti hampir semua orang memilikinya, ya. Nah baru-baru ini Instagram meluncurkan fitur baru yaitu IGTV yang bisa memuat konten “story” kamu memiliki durasi yang lebih lama.

Nah jauh sebelumnya, ada juga fitur lain yang sering dimanfaatkan user Instagram untuk berinteraksi di dunia maya yaitu fitur live yang memungkinkan kamu untuk livestreaming di Instagram dengan format video potrait dan hanya bisa dilakukan dengan smartphone kamu.

[irp posts=”45433″ name=”Tampil Berdua di Instagram Live Video Memang Lebih Seru”]

Eits! Tunggu dulu! Ternyata ada lho cara livestreaming Instagram PC dengan bantuan salah satu software streaming yang biasa dipakai Youtubers. Mau tau caranya? Baca step-by-step di bawah ini, ya!

Bahan untuk Live Instagram dari PC

Sebelum melangkah lebih lanjut, persiapkan dulu bahan yang mau dipakai.

Download OBS Studio

live instagram dari pc

OBS Studio adalah software open source gratis yang bisa dipakai orang-orang untuk melakukan kegiatan streaming ataupun recording layar desktop. Nah, maka dari itu kamu wajib download terlebih dahulu jika ingin melakukan live Instagram dari PC.

Download OBS Studio

Download beberapa File tambahan

live instagram dari pc

Setelah download dan instal OBS Studio, langkah selanjutnya kamu harus mendownload semua file yang link-nya ada di bawah ini. Khusus untuk file PHP for Windows, pilih dan download sesuai versi PC kamu, entah itu 32bit atau 64bit dan pastikan download yang Thread Safe.

PHP for Windows Composer InstagramLive-PHP Curl

Instalasi File

live instagram dari pc

Setelah kamu download semua file dan software yang ada di atas, mari kita mulai untuk instalasi satu-persatu. Pertama-tama gabungkan file-file tersebut kedalam satu folder (kecuali OBS) lalu kamu extract semua file yang berekstensi .rar lalu letakan di masing-masing folder

Langkah 1:

Pada folder Php for Windows yang sudah kamu extract tadi, ada file bernama php.exe yang harus kamu buka pertama kali sampai keluar command prompt.

Langkah 2:

Masih di folder Php for Windows, cari file php.iniJika kamu tidak menemukannya, silakan cari file php.ini-production lalu rename menjadi php.ini.

Langkah 3:

Pindahkan file cacert.pem yang sudah kamu download ke dalam folder ssl. Contoh: D:\Nama Folder\php-7.2.7-Win32-VC15-x64\extras\ssl

Langkah 4:

Instal Composer-Setup yang sudah kamu download, masukan file php.ini pada pertengahan instalasi Composer yang bisa kamu temukan pada folder Php for Windows.

Langkah 5:

Setelah menginstal Composer, kita kembali ke folder Php for Windows dimana kamu harus melakukan konfigurasi pada file php.ini dengan cara klik kanan lalu buka dengan notepad. Lalu tekan ctrl + F dan ketik “curl” lalu hilangkan tanda titik-koma (;) pada beberapa kalimat seperti gambar dibawah ini:

Langkah 6:

Setelah selesai dengan konfigurasi folder Php for Windows, saatnya beralih ke folder Instagram-Live PHP. Dalam folder tersebut ada file bernama config.php, buka file tersebut dengan cara klik kanan lalu open with notepad.

Setelah itu, kamu isi username dan password Instagram yang mau melakukan livestreaming lalu save. <?php define(‘IG_USERNAME’, ‘username kamu‘); define(‘IG_PASS’, ‘password kamu‘);

Saatnya Livestreaming!

Setelah beberapa langkah tadi sudah kamu lakukan, sekarang saatnya setup livestream kamu! Buka OBS Studio dan klik setting lalu pilih tab video, disitu kamu harus mengatur resolusi layar desktop agar sesuai dengan tampilan live Instagram.

live instagram dari pc

Saya menyarankan kamu untuk mengubah resolusi menjadi 720×1280 dan wajib dengan 30FPS . Karena jika kamu memilih 60FPS, tampilan live nanti akan error.

Kemudian buka command prompt. Caranya tekan tombol START lalu ketik “cmd” atau “command prompt” lalu klik kanan dan pilih “run as administrator”.

live instagram dari pc

Setelah terbuka tampilan command prompt, masukan beberapa perintah dibawah ini:

  1. cd C:\Users\Jonz PC\Desktop\Instagram Live\InstagramLive-PHP-master
  2. composer require mgp25/instagram-php react/child-process
  3. php -f goLive.php

Pada perintah nomor 2, tunggu beberapa saat sampai semua file-file terinstal 100% lalu masukan perintah nomor 3. Di perintah terakhir ini, akan muncul stream url beserta stream key yang harus kamu copy-paste ke tab steam di OBS Studio lalu klik apply dan ok.

Terakhir, silakan klik tombol Start Streaming pada OBS Studio dan kamu sudah bisa siaran live Instagram dari PC kesayangan.

[irp posts=”53974″ name=”5 Tips Ampuh Menjadi Selebgram di Instagram TV”]

CATATAN: Jangan close command prompt saat melakukan livestreaming dan jika ingin selesai, ketik “stop” pada command prompt lalu klik Stop Streaming pada OBS Studio.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat pada video berikut ini:

More Stories
9gag Metro: Salah Satu Aplikasi 9gag Windows Phone