Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Waw.. Sekarang Kamu Bisa Live Via Instagram Desktop!

Indri Penulis

Ada kabar bagus buatmu pengguna Instagram. Sekarang Instagram Desktop sudah support fitur Live. Jadi kamu nge-live lewat komputer deh.

Baru-baru ini Instagram resmi kenalkan fitur baru yang membuat penggunanya melakukan live streaming lewat desktop alias komputer. Dengan fitur bernama Live Producer, konten kreator bisa live streaming pakai perangkat lunak seperti OBS atau Streamlabs.

popculture.id

Sampai sekarang ini, konten kreator cuma bisa melakukan Live via ponsel. Tapi dengan adanya Instagram Live Producer, streaming di Instagram bakal punya ‘cita rasa’ yang sama dengan platform live streaming lainnya seperti Twitch dan YouTube.

Cuma mungkin yang bikin agak beda, sekarang konten kreator bisa menggunakan kamera tambahan mikrofon eksternal saat live streaming. Nah yang bikin lebih seru, konten kreator bahkan bisa menambahkan pengaturan grafik khusus, title dan end card, dll, ke dalam siaran langsung.

Sementara itu dalam pengumumannya, Instagram sendiri telah menjelaskan persyaratan format audio dan video yang direkomendasikan untuk streaming pakai fitur Instagram Live Producer, yang bisa kamu lihat di bawah ini:

instagram live desktop

Format Video

  • Rasio aspek 9×16 (disarankan tetapi tidak wajib)
  • 720p @30fps (catatan: 30fps disarankan, tetapi Live Producer juga dapat mendukung 60 fps jika diinginkan. Saat menggunakan 60 fps, layar pratinjau Live Producer akan tetap menampilkan 30 fps. Ini normal dan Instagram sedang menyelidiki cara memperbaikinya).
  • Resolusi: 720×1280
  • Rentang bitrate video: 2.250-6.000 Kbps
  • Alternatif (didukung tetapi tidak disarankan): 480p @ 30fps, 360p

Format Audio

Pengaturan yang ada disebutkan di bawah ini adalah pengaturan default untuk mayoritas platform streaming, termasuk OBS:

  • Sample rate: 44,1 kHz
  • Tata letak saluran: Stereo
  • Kecepatan bit: hingga 256 Kbps

Lalu bagaimana cara menggunakan Instagram Live Producer? Untuk menggunakan fitur ini klik tombol “Add post” di Instagram.com dan pilih “Live” dari menu dropdown. Selanjutnya di layar “Go Live,” masukkan judul siaran langsungmu, pilih kategori penonton, dan klik “Next.”

Di halaman selanjutnya, kamu akan melihat URL unik dan juga kunci streaming-mu. Masukkan kunci streaming di perangkat lunak yang mau kamu pakai buat streaming, dan voila.. Semua sudah siap dan kamu bisa mulai live streaming via Instagram Desktop.

    %d blogger menyukai ini: