Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Local Tweets: Aplikasi untuk Melihat Tweet di Sekitar Kita

Anom Penulis

Kali ini saya mau membahas sebuah aplikasi yang mungkin nggak terlalu penting, tapi bisa dipakai untuk fun. Namanya Local Tweets, dan gunanya untuk melihat tweet yang ada di sekitar kita.

Kelihatannya mungkin aplikasi jenis ini bakal jarang digunakan. Tapi bukan berarti tidak berguna juga. Bayangkan saat kamu ada di jalan dan tiba-tiba menghadapi macet yang tidak jelas sebabnya. Dengan mengecek tweet di sekitar kita, siapa tahu ada informasi kalau ternyata sedang ada kecelakaan, atau sedang ada demo. Yah, hal-hal semacam itu.

Local Tweets tidak membutuhkan akun Twitter kita. Aplikasi ini menggunakan fitur lokasi (GPS) dari ponsel kita. Yang kita lakukan tinggal membuka aplikasi saja.

Kita bisa mengatur isi timeline Local Tweets: Memilih mengikut-sertakan retweet, mengatur urutan waktu, mengatur radius, dan menentukan kata tertentu sebagai dasar pencarian. Kalau sudah diatur, kembali ke halaman timeline, dan tekan refresh. Voila! Hasil tweet di sekitar kita diperbarui sesuai pilihan kita.

Dari segi tampilan, memang aplikasi Local Tweets ini terlihat sangat biasa. Peletakan tombol refresh di bagian atas juga terasa aneh. Seperti kita tahu, di Windows Phone, tombol untuk tindakan (action button) lazim terletak di bawah, di bilah aplikasi (application bar). Bagian atas merupakan tempat untuk informasi halaman (header page/pivot).

Karena tidak menggunakan akun Twitter, timeline yang ada hanya bisa dibaca. Kita tidak bisa membalas, melakukan retweet, mengirim pesan , dll. Mungkin lucu juga kalo bisa melakukan kegiatan ala Twitter itu. Bisa punya–ahem–kenalan baru. Hm, jadi seperti fitur nearby di 6tag atau Yik Yak.

Download: Local Tweetsgratis