Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Lowlight Foto Lumia 920 vs Xperia Z1

Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1
Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1

Saat kenalan baru membeli Sony Xperia Z1, saya penasaran ingin bertemu untuk membandingkan kemampuan lowlight Foto Lumia 920 vs Xperia Z1.  Pertanyaan yang terus ada di benak saya adalah, mampukah kemampuan kamera Lumia 920 menandingi smartphone keluaran terbaru dari kompetitor?  Setelah berkali-kali kesempatan gagal, akhirnya saya berhasil mendapatkan kesempatan untuk menjajalnya.

Berikut tiga hasil foto terbaik Xperia Z1 dibandingkan dengan Lumia 920, settingan Lumia 920 auto, sementara Xperia Z1 selain auto ada yang manual.  Hasil Lumia 920 saya letakkan dibagian atas.

popculture.id
Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1 Take 1
Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1 Take 1

 

Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1 Take 2
Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1 Take 2
Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1 Take 3
Lowlight Foto Lumia 920 dan Xperia Z1 Take 3

Terlihat hasil foto Lumia 920 superior dibanding foto Xperia Z1 untuk kondisi lowlight, saya seperti tidak percaya perbedaannya sampai begitu signifikan. Untuk memastikannya saya mencoba membandingkan hasil foto Xperia Z1 dengan hape android saya yang di spesifikasinya juga menggunakan kamera dengan appeture f.2.0 seperti Xperia Z1.

Lenovo p780 vs Xperia Z1
Lenovo p780 vs Xperia Z1

Melihat hasil lenovo p780, terlihat jelas bahwa xperia z1 memang superior dibanding Lenovo p780 untuk foto lowlight.  Tapi sayangnya xperia z1 ini masih belum ada di level yang sama dengan Lumia 920 untuk foto lowlight.  Kenapa bisa begitu? Dugaan saya adalah karena Xperia Z1 tidak disematkan fitur Optic Image Stabilizer (OIS) di kameranya seperti Lumia 920, sehingga kemampuan lowlight Xperia Z1 tidak memuaskan dibandingkan Lumia 920.

Tapi tentu hasil ini bukan hasil terbaik dari Xperia Z1, dengan mode manual dan ditangan fotografer profesional hasil foto Xperia Z1 bisa sangat berbeda.  Yang saya jajal ini cuma dari sudut pandang saya sebagai fotografer wannabe (dan orang awam).  Dan jika kondisi di siang hari yang cerah, kemampuan Xperia Z1 secara umum lebih baik dari Lumia 920, dari 8 shotout di blog Sabernova, 5 dimenangkan Xperia Z1 dan 3 dimenangkan Lumia 920.

Bagaimana perbandingan foto lowlight Lumia 920 dan smartphone lain, silahkan cekidot disini ya: Comparing with other In lowlight

Spoiler:

Lumia 920 versus iPhone 5s dan Galaxy Note 2
Lumia 920 versus iPhone 5s dan Galaxy Note 2

Kesimpulan

Lumia 920 yang sudah mulai uzur ternyata masih menyimpan kehebatan, salah satunya adalah di sisi kamera.  Pada kondisi cerah dan terang kemampuannya masih bisa bertarung dengan flagship terbaru dari kompetitor (rumornya Xperia Z1 adalah smartphone dengan kamera terbaik saat ini, diluar produk Nokia), sementara pada kondisi lowlight Lumia 920 menunjukkan bahwa falgship terbaru  kompetitor masih perlu mengejar ketertinggalan.  Apa yang saya pelajari dari sini saat memutuskan membeli smartphone: “No OIS No DEAL“.

Terima kasih buat @rapzisme91 atas Xperia Z1-nya

untuk foto full resolusinya hasil-hasil ini bisa kamu ambil dari skydrive saya: XperiaZ1vsLumia920

Bagaimana menurutmu?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Kalo buat kondisi low light emg paling jago Lumia920, S4 ane gk ad apa2nya kalo kondisi low light, cuma kalo kondisi banyak cahaya bye Lumia 😀

  2. krna L720 memiliki bukaan f/1.9, jdi otomatis jmlah cahaya yg masuk jga lbih banyak.,

  3. Mungkin lebih tepatnya teknologi pureview yg membedakan bukan OIS mas?

  4. nokia yang terbaik untuk camera handphonenya
    udah terbukti puluhan tahun,haha

  5. Baru ama yang keluaran tahun 2012 aja udah keok…
    apa lagi ama lumia 1020 41Mp udah mencret tu hp….
    ngakunya teknologi kamera terbaru……dasar android….nggak bagus buat kamera…

  6. Saya pengguna lumia 620, sempet g percaya pas foto ruangan gelap ko hasilnya jadi terang.itu pake aplikasi nokia Camera, shutter speed 4s. Emng pixel nya pecah(burem) si, tp ttp aja waw..

  7. Awal baca blog Sabernova udah males. Ngawur. Masa cuma gara2 warna, kalah sama Z1 yang ngeblur pas dizoom? Lagipula semua jenis kamera kan punya karakter warna masing2 (contoh Lomo, SLR, Lytro, Go Pro dll). Selama masih bisa diset manual mah ga masalah.

    ngawurnya lagi si Sabernova, dia lebih suka foto z1 yg ngeblur. Kalo di layar hape sih emang ga terlalu keliatan, tapi kalo ditampilkan pake monitor yg lebih gede (laptop, pc, tv digital) atau dicetak besar, pasti keliatan banget ngeblurnya.

    Bukannya ngebela WP, tapi semua fotografer tau, kalo memperbaiki foto blur itu sangat jauh lebih rumit ketimbang ngedit warna.

    oh iya….. itu ada Flash Bleed di foto z1!!
    Coba bawa ke Service Center Sony deh.. Payah Sony, 620 adekku aja ga pernah Flash Bleed walaupun jatoh berkali-kali..

  8. ane pake lumia 720, ketika ruang tidak terlalu terang hasil foto tidak terlalu gelap, apalagi kalau pakai aplikasi nokia camera, dengan settingan manual pake iso maksimal (3200) dan setting foto diterangkan (ane lupa namanya :p) hingga apperture terbaca 4s (hati-hati, dengan waktu apperture 4 detik goyang sedikit aja hasil blur), saya coba foto kondisi ruangan yang benar-benar gelap dan hasil foto bisa lebih terang dibandingkan dari apa yang kita lihat

  9. Betul banget, ane bingung apa hubungannya dengan ois? Ois itu ga pengaruh dengan low kight. Guna nya ois buat menstabil kan pengambilang gambar pd saat kondisi tangan “shaky”

  10. klo low light , kan shutter speed nya pasti melambat kan , misal harus 2s , klo ga dibantu sama ois ya pasti ngeblur mas , pa lagi klo buyutan

  11. harusnya obyek yg dipoto lebh dari 1 agar lbh detail lg tp aku akui dri segi kamera (khusus foto low light) apapun mereknya lumia pureview rajanya walau sering gak akurat warnanya (kehijauan dan kekuningan(berlaku semua lumia pureview yg ada di indonesia) dan kurang tajam (berlaku untuk semua pureview) tp kalau kondisi day light, apapun mereknya iPhone 5S rajanya. bahkan ketika sama2 disetting auto (wajib auto agar fair), hasilnya lbh akurat dan tajam iPhone 5S. entah kenapa bisa seperti itu, istilah jawanya “gak sumbut karo jeneng Pureview”.
    aku bisa ngomong seperti bukan tanpa alasan dan bukan fanatik terhadap sebuah merek tp murni dari hasil review sendiri. sering kali dalam segala situasi kondisi, entah day light, low light, very low light, dsb aku buat untuk compare antara L920 vs iPhone 5S. hasilnya aku tunjukkan kepada temanku, semuanya berpendapat iPhone 5S yang menang (day dan low light condition), bahkan teman yang tidak mengerti dunia foto pun menyebutkan bahwa iPhone 5S yang terbaik daripada L920.
    sebelum membeli iPhone 5S, sebenarnya tertarik dengan L1520 dan ketika aku mencoba melihat live demo yang ada di kota surabaya, “kecewa” itu yang ada dibenakku karena kualitas jepretan foto tidak seperti di website. banyak noise dan warna tidak akurat (kehijauan dan kekuningan) mirip dengan L920 hanya beda obyek foto jadi lebh dekat ketika di zoom..kebetulan disana juga ada L925, L1020 dan hasilnyapun juga mirip dengan L920. hahkan permasalahan tersebut saya sampaikan kepada (mungkin) supervisor nokia store, terlihat kebingungan yg teramat mendalam yang saya rasakan, terlihat dari mimik wajah dan cara menjawab pertanyaan yg saya ajukan dengan ragu. itulah yang membuat saya kecewa dan menjatuhkan pilihan ke iPhone 5S.
    pada kesempatan yang lain, ada pameran gadget di surabaya dan saya mencoba review galaxy grand, mega, z1, z ultra, s4 (htc gak ada padahal pgn mencoba review). hasil foto, tidak sebagus iPhone 5S padahal kondisi day light dan ketika pengoperasian, S4 dan Mega juga mengalami hal lag-ging, lambat. saya heran sekali waktu itu.
    kesimpulannya, jgn jadikan review yang ada di internet berupa foto/video menjadi patokan, anggap sebagai gambaran mengenai sebuah device. lihat langsung, coba dan buktikan sendiri, itu akan membuat kita mengenal lebih dalam tentang device yang ingin kita beli (kalau ingin beli).
    tulisanku ini tanpa ada maksud apa2, hanya ingin sharing ilmu dan pengalaman.
    #salam super!

  12. android ga bagus buat camera ??? trus ngapain nikon sama canon pada pake android yak? haha.

  13. silahkan anda coba lihat “Windows Phone Challenge”.. lihat perbandingan hasil kamera Lumia melawan iPhone..

  14. Met mlm bang n wp mania.
    saya mau tanya Nich…
    ketika menjlnkn aplikasi kamera (foto n video) tap/ketuk pada layar koq gak berfungsi lagi? Padahal sebelumnya tidak ada masalah.
    mohon bantuannya n wP mania…

    via email : [email protected]

    trims

  15. saya pemakai L920, udh sya bandingkan L920 dengan s4, s5, z1, iphone5s, dan yang bisa menandingi kameranya cma s5, itu pun dengan hasil yang cuma beda tipis, bangga jadi pengguna lumia, apalagi L920 :*

  16. min, kamera L920 ane knp tiba² burem ys,,,gelap gitu,,, settingannya auto, udah d coba² manual tpi tetep gk ngaruh,,, tlg petunjuknya,, thx

  17. walau gitu ane ttp setuju2 aja, emng pencahayaan di lumia, dan dlm masalah komposisi warna agak mengganggu, tdk bisa di pungkiri itu, jarak fokus yg bisa di bilang tdk jauh, jg mempengaruhi hasil gambar, dan lagi aplikasi kamera yg ya… “lambat” saat di buka. itu sangat mengganggu…

  18. ngga perlu l920 juga udah K.O s4 cukup l720 juga udah give up dia

  19. sony cuma menang brand.xmor rs+g lens.pun g mmpu mlwan lumia730 dikondisi tnpa cahaya.

    %d blogger menyukai ini: