Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mana Yang Lebih Memikat Penggunanya: Siri, Google Now, atau Cortana

Sudah cukup lama asisten digital seperti Cortana, Siri dan Google Now hadir di masing-masing smartphone. Apakah kehadirannya dimanfaatkan oleh penggunanya? Mari kita lihat data yang didapatkan oleh phonearena berikut.

Dari 2500-an orang yang data yang dikumpulkan phonearena, 73,79% diantaranya adalah pengguna android, 14,43% adalah pengguna iPhone dan 11,78% pengguna Windows Phone. Melihat komposisi ini sebenarnya cukup menarik juga karena untuk pertama kali pengguna windows phone ikut berpartisipasi sampai diatas 10%. Yang mungkin bisa disimpulkan, pengguna smartphone yang antusias terhadap perkembangan gadget di phonearena mulai menunjukkan pertumbuhan signifikan pada pengguna Windows Phone. Berikut data dari phonearena:

siri vs cortana vs google now poll

Membingungkan? Tenang saja, kami telah mempermudahnya untuk bias membaca data diatas. Apabila grafik phonearena itu tiap persentase menggambarkan persentase dari keseluruhan orang yang di data, maka tim idWinPhone akan fokus melihat hanya persentase dari masing-masing sistem operasi. Berikut tabel yang kita dapatkan (persentase yang ditampilkan adalah pembulatan excel, jadi eror mungkin terjadi).

tabel

Apa yang bisa kita baca disini? Berikut dua hal yang paling menarik dari data di tabel:

  • Untuk pengguna smartphone yang menggunakan digital asisten-nya secara harian. Ternyata hanya seperempat pengguna Android menggunakan digital asisten Google Now secara harian, sementara pengguna iPhone hanya berkisar satu pertujuh-nya menggunakan Siri secara harian. Yang mengejutkannya adalah separuh pengguna Windows Phone menggunakan  Cortana secara harian.
  • Untuk pengguna yang tidak pernah menggunakan digital asisten pada smartphonenya kita mendapatkan data yang cukup berbeda. Ternyata lebih dari setengah pengguna iPhone tidak pernah menggunakan Siri. Demikian juga dengan pengguna Android yang mendekati separuh penggunanya tidak pernah menggunakan Google Now. Berkebalikan dengan user Windows Phone, dimana hanya sekitar satu pertujuh penggunanya yang tidak pernah menggunakan Cortana.

Nah itu adalah data dan fakta, yang menarik dari ilmu statistika adalah, bagaimana membaca data tersebut?  Tentu ada bisa banyak dugaan yang bisa dilakukan dari data diatas, diantaranya:

  • Digital Asisten pada smartphone Android dan iPhone kurang bermanfaat, karena hanya digunakan sekitar setengah dari penggunanya. Sebaliknya dengan Cortana, dimana lebih dari separuh penggunanya menggunakannya secara harian.
  • Cortana lebih menarik daripada digital asisten kompetitor sehingga penggunanaya sangat menyukai berinteraksi dengan digital asisten di Windows Phone.
  • Atau mungkin pengguna Windows Phone banyak yang jomblo sehingga tidak punya pilihan lain selain ngobrol dengan Cortana saat malam minggu?

Kamu punya opini sendiri tentang data diatas?  Ceritakan di komen dibawah ya.