Inilah 7 Manfaat Smartwatch, Dari Mendukung Kesehatan sampai Hiburan

Apple-Watch-Series-4-31

Smartwatch kini tidak lagi menjadi barang asing bagi masyarakat, terlebih dalam zaman yang serba cepat saat ini. Gadget satu ini mempunyai fungsi menyerupai jam tangan konvensional, namun dengan lebih banyak manfaat lain.

Sayangnya, hingga kini masih ada banyak orang yang belum mengerti dengan kemampuan dari smartwatch. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa membeli smartwatch hanya untuk bergaya dan buang-buang uang.

Padahal sebenarnya penggunaan smartwatch bisa memberikan dampak positif bagi si pengguna. Oleh sebab itu, berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat menggunakan smartwatch. Beberapa manfaat tersebut antara lain.

Sumber Gambar : Lomupics

Fitness Tracker

Bagi kalian penggila fitness, dengan penggunaan smartwatch kalian bisa mencapai fitness goal lebih cepat. Biasanya sebuah smartwatch akan terhubung dengan aplikasi workout.

Kemudian mereka akan merekomendasikan jenis olahraga sesuai dengan hasil yang kalian inginkan. Tidak hanya itu, wearable device seperti ini juga bisa menghitung jumlah langkah dan jarak yang sudah kalian tempuh.

Mengatur Pola Tidur

Jika tubuh kekurangan waktu tidur, tentu hal ini dapat mempengaruhi performa seseorang. Oleh karena itu, kalian bisa menggunakan fitur sleep monitor yang ada dalam smartwatch untuk memantau pola tidur.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mempelajari kualitas serta kebiasaan tidur. Nanti, smartwatch akan memberikan solusi untuk pola tidur yang lebih baik. Tentu hal ini disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kalian.

Memantau Kesehatan Tubuh

Smartwatch secara konsisten akan mengawasi serta mencatat tekanan darah, detak jantung. Sehingga jika terjadi perubahan tekanan dan detakan, maka smartwatch akan memperingatkan pengguna.

Biasanya akan muncul notifikasi yang berisi anjuran untuk pergi ke dokter secepatnya. Selain masalah kesehatan tubuh, smartwatch juga bisa mengukur tingkat stres yang dialami pengguna.

Menjaga Asupan Nutrisi Tetap Terjaga

Tidak semua orang mampu konsisten dalam menjaga asupan nutrisi, terlebih bagi mereka yang mempunyai jadwal kerja super padat. Asupan nutrisi sering kali dilupakan dan seseorang hanya makan makanan sembarangan.

Namun kalian bisa mengawasi asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi menggunakan aplikasi di smartwatch.  Aplikasi ini akan menyarankan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak hanya kalori, nutrisi lain seperti protein, serat dan gula juga akan diawasi jumlahnya oleh aplikasi di smartwatch. Jika jumlah nutrisi kurang atau lebih, maka smartwatch akan memberikan peringatan.

[irp posts=”66278″ name=”Spesifikasi dan Harga Smartwatch Xiaomi Amazfit Stratos”]

Navigasi Sangat Praktis

Saat ini sudah ada banyak smartwatch memiliki fitur haptic feedback GPS. Fitur tersebut bisa mengirim getaran berbeda untuk menunjukkan navigasi.

Sebagai contoh kalian akan belok kanan, maka smartwatch akan bergetar sampai 2 kali. Dengan begitu, kalian tidak perlu repot bolak-balik melihat smartphone. Cukup rasakan getaran yang berasal dari smartwatch.

Travel Friendly

Apabila kalian seseorang yang suka berpetualang, maka smartwatch bisa menjadi teman setia selama perjalanan. Selain bisa menunjukkan boarding pass dengan praktis, gadget ini juga mempunyai fitur waterproof.

Fitur tahan air memang sangat berguna bagi para traveller. Sebab banyak traveller yang suka melakukan diving atau olahraga air lainnya. Fitur waterproof bisa digunakan sampai kedalaman 50 meter.

Tidak hanya itu, smartwatch juga cocok bagi kalian yang suka mendaki gunung. Sebab smartwatch bisa dengan mudah menavigasi jalan menggunakan GPS, barometer, altimeter serta kompas.

Notifikasi

Selain bisa menunjukkan waktu, smartwatch juga punya kemampuan untuk menghubungkan data dari smartphone. Dengan begitu kalian bisa melihat notifikasi dari media sosial, chat, maupun dari aplikasi lain tanpa perlu mengeluarkan smartphone.