Jenis-Jenis dan Cara Mendapatkan Semua Mata Uang Genshin Impact

Indri Penulis

Apa saja jenis-jenis mata uang di Genshin Impact dan bagaimana cara mendapatkan mereka? Simak tutorial lengkapnya di sini.

Pemain lama Genshin Impact tentu sudah paham kalau permainan kesayangan mereka ini punya banyak jenis mata uang, yang bisa dibelanjakan untuk mendapatkan berbagai jenis item.

Sayangnya buat pemain baru, kamu mungkin masing asing dengan mata uang di dalam game tersebut. Selain jenisnya cukup banyak, cara mendapatkan mata uang tersebut juga berbeda-beda.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena saya telah merangkum berbagai jenis mata uang di Genshin Impact. Nggak cuma itu, saya juga bakal menyajikan tips dan cara untuk mendapatkan masing-masing mata uang. Oke kalau begitu yuk cekidot!

Genesis Crystals

Sumber: @Dark Zelda

Genesis Crystals adalah mata uang premium di Genshin Impact. Kalau mata uang lainnya bisa didapatkan lewat penukaran Primogems, maka Genesis Crystals berbeda. Satu-satunya cara untuk mendapatkan Genesis Crystals adalah dengan melakukan top-up pakai uang asli (uang di dunia nyata).

Fate (Acquaint Fate dan Intertwined Fate)

Fate adalah mata uang yang bisa dipakai di Event Permohonan. Kamu bisa menggunakan mereka untuk mendapatkan karakter atau senjata.

Sumber: Genshin Impact Wiki

Intertwined Fate dipakai untuk mendapatkan karakter (contoh Zhongli, Ganyu, Yae Miko, Raiden Shogun, dll) dan senjata bintang 5 yang baru debut/re-run (sudah pernah debut, dan banner-nya kembali muncul di Event Permohonan Terbatas).

Sedangkan Acquaint Fate digunakan untuk mendapatkan karakter bintang 5 yang ada di Event Permohonan biasa (Qiqi, Keqing, Mona), dan beberapa senjata bintang 5 (Skyward Spine, dll).

Cara mendapatkan Fate:

  • Dari Paimon’s Bargain atau Penawaran Paimon (menggunakan Primogem, Starglitter atau Stardust).
  • Dari Battlepass.
  • Dengan menaikkan level karakter.
  • Dari menaikkan Adventure Rank.

Primogem

Primogem adalah mata uang yang paling gampang didapatkan. Kamu bisa mendapatkan Primogem dengan menyelesaikan Quest, membuka peti harta karun, atau redeem code.

Sumber : FAJAR Pendidikan

Kalau nggak mau susah-susah, kamu bisa tukarkan Crystals Genesis dengan Primogem, tapi rasionya 1 – 1 (1 Crystals Genesis = 1 Primogems). Jika dihitung-hitung, sebenarnya rugi lho. Padahal kalau mau bermain dengan rajin, kamu bisa mendapatkan Primogem dengan mudah tanpa perlu membeli Crystals Genesis.

Begini cara mendapatkan lebih banyak Primogem:

  • Menaikkan Adventure Rank (AR).
  • Membuka peti (Common Chests, Exquisite Chests, Precious Chests, Luxurious Chests).
  • Menaikkan level Patung The Seven.
  • Menyelesaikan Experience Chapters.
  • Mengambil komisi (AR 10).
  • Menyelesaikan tantangan di Domain.
  • Menyelesaikan Achievements.
  • Mengikuti event di dalam game.

Primogem bisa kamu tukarkan dengan item Fate (Intertwined Fate atau Acquaint Fate) yang berguna untuk Event Permohonan. Setiap 160 Primogem bisa kamu tukarkan dengan 1 Fate (berlaku untuk Intertwined Fate dan Acquaint Fate).

Makanya nanti kalau kamu ingin melakukan 10x gacha di Event Permohonan dan item Fate-mu kosong, akan muncul pesan untuk menukarkan 1600 Primogem dengan item Fate.

Masterless Starglitter

Masterless Starglitter bisa dibilang sebagai ‘hadiah penghibur’ dari pada mata uang. Pasalnya kamu hanya akan mendapat Masterless Starglitter jika Event Permohonan-mu mengecewakan.

Sumber : Mundo Genshin Impact

Contohnya kamu mau gacha untuk mendapatkan karakter bintang 5 Yae Miko. Tapi yang kamu dapatkan justru karakter Fischl, Diona, dll. Nah saat itulah kamu bakal mendapatkan Masterless Starglitter. Oya, Masterless Starglitter juga bakal muncul kalau kamu mendapatkan karakter dan senjata duplikat (karakter dan senjata yang sudah pernah kamu dapatkan sebelumnya).

Lalu bagaimana cara menggunakan Masterless Starglitter? Kamu bisa pergi ke Shop/Toko dan klik “Paimon’s Bargains” atau “Penawaran Paimon.” Selanjutnya klik tab “Stardust Exchange” dan kamu bisa melihat deretan item yang bisa diperoleh dengan menukarkan Masterless Starglitter.

Masterless Stardust

Masterless Stardust sebenarnya hampir mirip dengan Masterless Starglitter. Kamu hanya bisa mendapatkannya lewat Event Permohonan. Tapi presentase untuk mendapatkannya berbeda. Kamu akan lebih banyak mendapatkan Stardust dibanding Starglitter. Selain itu, item yang bisa kamu tukarkan jauh lebih bervariasi dibanding Stardust.

Sumber : Mundo Genshin Impact

Walau jenis item yang ditukarkan dengan Stardust lebih bervariasi, tapi jumlah mereka sangat terbatas. Kamu hanya bisa ‘membeli 5 dari setiap item Fate dengan Stardust per bulan.’ Oya, kamu juga bisa menukarkan Stardust dengan Mora atau item lainnya. Tapi sejauh ini, item Fate adalah investasi yang paling berharga karena bisa kamu pakai untuk mendapatkan karakter impianmu.

Anemo/Geo/Electro Sigil

Anemo/Geo/Electro Sigil adalah mata uang yang sangat unik. Pasalnya mata uang ini hanya bisa diperdagangkan di toko-toko yang menjual material Ascension. Sigil tersebar di Mondstats, Liyue dan Electro (setidaknya saat artikel ini saya tulis).

Sumber : Player Assist

Cara mendapatkannya? Kamu bisa mendapatkan mereka dengan menyelesaikan misi, menaikkan level Patung The Seven, membuka peti di Mondstats – Anemo Sigil -, membuka peti terapung dan menyingkap rocky outcrops (batu kecil berbentuk kerang yang menempel di tebing) di Liyue – Geo Sigil -, dan mengeksplorasi Inazuma Electro Sigil -.

Mora

Mora adalah mata uang dasar yang diciptakan oleh Morax/Rex Lapis (atau wujud manusianya adalah Zhongli). Mora juga merupakan mata uang yang bisa dipakai di seluruh Teyvat. Pembuatan mata uang ini hanya dilakukan di Golden House yang ada di Liyue. Bisa dibilang, Mora punya kedudukan seperti emas di dunia nyata.

Sumber: Genshin-Mora

Kamu bisa menggunakan Mora untuk semua pembelian dari toko di dalam game. Contohnya seperti membeli makanan, bahan makanan, material Ascend, meningkatkan level karakter, meningkatkan level senjata, dll.

Bagaimana cara mendapatkan Mora di Genshin Impact? Mudah, inilah beberapa tips mudah untuk memperoleh Mora:

  • Klaim hadiah di Blossoms of Wealth.
  • Menyelesaikan komisi.
  • Menyelesaikan Quest.
  • Membuka peti harta karun.
  • Menghancurkan Artefact.
  • Mengikuti event di dalam game.
  • Menyelesaikan berbagai ekspedisi.
  • Menukarkan Sigil.
  • Menyelesaikan investigasi.
  • Check-in harian di situs resmi Genshin Impact.
  • Dari Battlepass.
  • Menukarkan Masterless Stardust.
  • Membunuh musuh.

Original Resin

Original Resin dipakai untuk mengklaim hadiah dari Ley Line Blossoms (20 Resin), Domain (20 Resin), Elite Bosses (40 Resin) dan Weekly Bossess (60 Resin). Jadi kalau kamu kehabisan Resin, kamu nggak bakal bisa mengklaim hadiah-hadiah tersebut.

Sumber: Game8

Berikut ini cara mendapatkan/mengisi ulang Original Resin di Genshin Impact:

  • Seiring berjalannya waktu, Original Resin akan isi ulang otomatis (1 Original Resin isi ulang selama 8 menit).
  • Menggunakan Condensed Resin (harus Craft dulu).
  • Menggunakan Fragile Resin.
  • Menggunakan Primogem untuk isi ulang.

Stella Fortuna

Sumber: Pro Game Guides

Stella Fortuna adalah material untuk mengaktifkan Konstelasi karakter. Cara mendapatkan item ini adalah dengan melakukan gacha di Event Permohonan dan kamu mendapat karakter duplikat.

    %d blogger menyukai ini: