Me Tile di Windows Phone 8.1

feature me tile

Me Tile adalah sebuah fitur yang fungsional di Windows Phone. Dari era Windows Phone 7.5 sampai Windows Phone 8, kita bisa post status ke berbagai jejaring sosial, check-in, melihat notifikasi, melihat timeline kita. Bagaimana Me Tile di Windows Phone 8.1?

Ada perubahan cukup signifikan untuk Me Tile di Windows Phone 8.1. Terutama dengan kehadiran notification center.

  1. Me Tile sekarang tidak menunjukkan jumlah notifikasi dari jejaring sosial.
  2. Tidak ada pivot (kolom) notifikasi. Sekarang melalui notification center.
  3. Perubahan di post an update (sharing)
    • Kita harus memilih jejaring sosial. Tidak bisa sekaligus seperti dulu.
    • Update status dan check-in Facebook tidak langsung dari Me Tile lagi, tapi melalui aplikasi Facebook. Ini disebabkan karena Facebook ingin memaksimalkan penggunaan aplikasi oleh user.
    • Kita akan ditawarkan untuk mencari aplikasi di store yang sudah terintegrasi dengan Me Tile Windows Phone 8.1

Memang di setiap perubahan ada sisi baik dan buruk. Sayangnya, untuk Me Tile lebih terasa kekurangannya dari pada kelebihannya. Saya tidak akan membandingkan nilai kegunaan antara Me Tile dan notification center. Dengan adanya notification center, Microsoft sudah mendengarkan usulan pengguna Windows Phone, dan memecahkan masalah notifikasi aplikasi yang tidak di-pin di start screen.

tampilan me tile windows phone 8.1

Mari membahas masalah post status / tweet. Dulu, kelebihan Me Tile adalah kita bisa melakukan update dengan mudah tanpa membuka aplikasi (via Windows Phone; bukan via {aplikasi} for Windows Phone). Sekarang jadi sedikit lebih repot, karena tetap harus meluncurkan aplikasi tertentu (Facebook). Sedangkan Twitter dan LinkedIn masih bisa mengirim langsung dari Me Tile (walaupun harus diatur terlebih dulu atau dipilih).

Fungsi yang paling bisa dirasakan saat ini secara instan hanya melihat kegiatan kita di jejaring sosial (What’s New). Ini pun mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian besar orang. Jadi saat ini (sejauh preview developer Windows Phone 8.1), Me Tile hanyalah sebuah tile yang tidak terlalu berfungsi. Hanya menghiasi startscreen dengan foto profil kita.

Cukup disayangkan. Karena bagaimanapun Me Tile adalah fitur unik. Saya sempat berharap banyak untuk fitur satu ini. Kalaupun fungsi notifikasi dihilangkan dan berbagi tidak semudah dulu, paling tidak ada fungsi lain yang ditambahkan. Secara pribadi, harapan saya belum terjadi.

Saya berharap:

  1. Me Tile juga berfungsi sebagai card yang berisi informasi kontak kita (nomer telpon, email, akun jejaring sosial, dll), selain foto profil dan timeline jejaring sosial. Jadi kita bisa mengirim business card kita dengan mudah, tanpa aplikasi tambahan.
  2. Me Tile juga bisa membuat QR code pribadi berisi informasi di atas. Fungsinya juga sama. Dengan Bing Vision, kita bisa dengan mudah berbagi profil kita.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Me Tile masih berfungsi seperti semula, atau berkurang fungsinya? Bagaimana nasibnya ke depan mengingat Me Tile adalah fitur khas Windows Phone?

%d blogger menyukai ini: