Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah Media Sosial Paling Besar dan Paling Favorit di Dunia

Foto: Karsten Winegeart
Anom Penulis

Media sosial (medsos) sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Entah sekedar untuk berekspresi, mengikuti tren, berbagi ilmu, sampai mencari nafkah. Tapi tahukah kamu apa media sosial terbesar di dunia? Hm, mungkin bukan seperti yang kamu kira.

Yang namanya tren akan selalu ada. Dengan tren ini, kita mungkin akan mendengar sebuah platform mendadak populer. Semua orang membicarakannya dan bahkan memakainya. Salah satu contohnya, tentu saja, TikTok.

Yang cukup menarik, hal itu juga mendapat pengaruh dari akses medsos tersebut dan wilayah/negara. Kamu akan melihat bahwa ada platform dari Cina yang punya pangsa pasar besar, padahal ya hanya tersedia di sana. Tentu itu karena jumlah penduduk Cina yang luar biasa banyak.

Apa Media Sosial Paling Besar?

Salah satu yang menjadi tolok ukur utuk menentukan hal ini adalah jumlah pengguna aktif tiap bulan. Artinya, medsos itu punya pengguna yang terus memakainya secara rutin.

Nah, inilah media sosial paling besar, berdasar perhitungan pengguna aktif tiap bulan sampai bulan Oktober 2021 dari Statista .

  1. Facebook: ± 2,895 milyar
  2. YouTube: ± 2,291 milyar
  3. WhatsApp: ± 2 milyar
  4. Instagram: ± 1,393 milyar
  5. Facebook Messenger: ± 1,3 milyar
  6. WeChat: ± 1,251 milyar
  7. TikTok: ± 1 milyar
  8. DouYin: ± 600 juta
  9. QQ: ± 591 juta
  10. Sina Weibo: ± 566 juta
media sosial paling besar di dunia

Mungkin hal ini tidak mengherankan, karena Facebook memang termasuk pionir di ranah medsos. Yah, walau dulu Friendster dan MySpace sempat populer, Facebook-lah yang tetap bertahan sampai sekarang.

Apalagi Facebook memiliki banyak fitur. Mulai dari personal, grup, halaman bisnis, tempat jualan, dll. Akun Facebook pun bisa terhubung dengan Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Sementara WhatsApp dan WeChat bisa unggul karena fungsi utama mereka sebagai aplikasi pesan. Siapa sih yang tidak pakai WhatsApp (kecuali kebanyakan orang Amerika)? Sedangkan WeChat jadi aplikasi pesan utama warga Cina (jumlah penduduknya banyak).

Apa MedSos Yang Paling Jadi Favorit?

Menariknya, hasil riset berbeda lagi jika kita bicara soal apa medsos yang paling jadi favorit pengguna. Karena hal ini memang sisi subyektif dari si pengguna itu sendiri. Bisa saja walau aktif di Instagram dan TikTok, si pengguna ini lebih suka eksis di Instagram, atau sebaliknya.

Berikut data media sosial yang jadi favorit pengguna dari GWI (via Hootsuite).

  1. WhatsApp
  2. Instagram
  3. Facebook
  4. WeChat
  5. DouYin
  6. TikTok
  7. Twitter
  8. Facebook Messenger
  9. Telegram
  10. LINE

Lagi-lagi tidak mengherankan kalau WhatsApp menjadi media sosial paling favorit. Karena fungsinya untuk ngobrol memang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Instagram kini lebih disukai oleh anak muda daripada Facebook. Ia juga hadir lebih dulu dan juga populer lebih dulu daripada TikTok. Fitur untuk konten juga relatif lebih beragam.

Tentu TikTok tidak bisa dianggap remeh. Walau belum mendominasi untuk media sosial paling besar dan paling favorit, TikTok punya pertumbuhan yang paling pesat.

Nah, kalau kamu eksis di mana?