Bagaimana Agar Akun Facebook Almarhum Tidak Disalahgunakan

membuat akun kenangan facebook

Melaporkan akun Facebook orang yang sudah meninggal mungkin tidak terlintas di pikiran kita. Mungkin juga ada yang penasaran, apa yang terjadi dengan akun Facebook orang yang sudah meninggal. Tapi kita bisa lapor akun Facebook itu, dan mengubahnya menjadi akun kenangan (memorialized account).

Menurut definisi dari Facebook: ‘Akun kenangan adalah tempat bagi teman dan keluarga berkumpul dan membagikan kenangan setelah seseorang meninggal dunia.

Menjadikan akun sebagai kenangan juga akan membantu mengamankan dengan mencegah orang lain masuk’. Jadi cukup jelas perbedaannya. Nanti akan kami bahas lebih lanjut mengenai hal itu.


BACA: Bagaimana Mengatur Privasi Facebook dengan Lebih Baik


Cara Lapor Akun Facebook untuk jadi Akun Kenangan

  1. Buka halaman ‘Permintaan akun kenangan’: https://www.facebook.com/help/contact/651319028315841 atau halaman https://www.facebook.com/help/contact/228813257197480
  2. Isi nama orang yang sudah meninggal. Akan muncul saran nama berdasar daftar teman kita.
  3. Isi keterangan waktu kapan orang yang bersangkutan meninggal dunia. Kalau kamu tidak tahu pasti, coba buka akun orang yang bersangkutan, biasanya ada ucapan belasungkawa. Gunakan itu sebagai patokan.
  4. Kalau punya, sertakan bukti kematian (dokumen dari rumah sakit, kelurahan, dll). Kalau tidak ada, taruh salah satu link dari ucapan belasungkawa di Facebook sebelumnya.
  5. Kirim.

melaporkan akun facebook orang yang sudah meninggal

Facebook akan memeriksanya. Berdasar pengalaman, responnya cukup cepat. Akun yang bersangkutan kemudian memiliki beberapa perubahan.

Lalu, apa yang terjadi dengan akun kenangan tersebut? Apa saja yang bisa dilakukan, dan bisa dilihat? Cukup penting mengetahui hal itu sebelum melaporkan akun Facebook orang yang sudah meninggal. Berikut informasi mengenai akun kenangan dari Facebook.


BACA: 11 Keuntungan Facebook Page vs Akun Personal


Informasi mengenai akun kenangan Facebook

  • Kata Mengenang akan ditampilkan di samping nama orang tersebut di profilnya.
  • Bergantung pada pengaturan privasi akun almarhum, teman dapat membagikan kenangan di Kronologi akun kenangan itu.
  • Konten yang dibagikan oleh orang tersebut (mis.: foto, kiriman) tetap ada di Facebook dan dapat dilihat oleh pemirsa yang ditentukan semula.
  • Profil akun kenangan tidak muncul di ruang publik seperti dalam saran di Orang yang Mungkin Anda Kenal, iklan, atau pengingat ulang tahun.
  • Tidak ada seorang pun yang dapat masuk ke akun kenangan.
  • Akun kenangan yang tidak memiliki kontak pewaris tidak dapat diubah.
  • Halaman dengan pengurus tunggal yang akunnya dijadikan kenangan akan dihapus dari Facebook jika kami menerima permintaan yang valid.

Pilihan lain untuk akun Facebook orang yang sudah meninggal adalah menghapusnya. Yang bisa meminta hal ini adalah anggota keluarga dekat yang sudah diverifikasi. Permintaan untuk menghapus bisa dilakukan melalui link kedua dari langkah pertama cara melaporkan akun Facebook orang yang sudah meninggal di atas.

Seperti bisa dilihat dari salah satu poin di atas, ada yang disebut kontak pewaris. Menurut Facebook: ‘Kontak pewaris adalah seseorang yang Anda pilih untuk menjaga akun Anda jika dijadikan kenangan’.

Mengenai Kontak Pewaris di Facebook

Kontak pewaris bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Menulis status sematan di profil akun kenangan (misalnya berbagi ucapan kenangan atau obituary atas nama orang yang meninggal).
  • Menjawab permintaan teman baru (misalnya teman lama atau anggota keluarga yang belum menjadi teman).
  • Memperbarui foto profil dan foto sampul.
  • Kontak pewaris juga bisa mengunduh salinan dari kronologi akun kenangan, kalau sebelumnya sudah diatur oleh akun yang bersangkutan (sebelum meninggal dunia).

Kontak pewaris tidak bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Masuk ke akun kenangan yang bersangkutan.
  • Menghapus atau mengubah foto lama, atau hal lain yang sebelumnya dibagikan di kronologi.
  • Membaca pesan akun kenangan.
  • Menghapus teman akun kenangan.

Kalau kamu merasa sebagai kontak pewaris dari anggota keluarga yang sudah meninggal, bisa menghubungi Facebook melalui halaman bantuan kontak pewaris di https://www.facebook.com/help/contact/498667593619501.


BACA: 4 Faktor yang Membuat Status Facebook Populer


Nah, kalau di antara teman Facebook-mu (baik anggota keluarga atau teman) ada yang sudah meninggal, informasi dan langkah-langkah di atas bisa berguna. Tentu saja supaya akun yang bersangkutan tidak disalah-gunakan oleh orang lain.

Facebook sudah sudah jadi bagian dari keseharian gaya hidup digital kita. Oleh karena itu, tindakan lapor akun Facebook orang yang sudah meninggal menurut saya penting dilakukan.

 

%d blogger menyukai ini: