Cara Melihat Kondisi Baterai Sebenarnya Di Ponsel Android

pemakaian baterai handphone android

Saat ini kapasitas baterai ponsel Android mungkin sudah besar, sehingga kita tidak terlalu kuatir lagi. Namun pernahkan kamu penasaran bagaimana kondisi baterai sebenarnya? Nah, kali ini kami membahas cara melihat kondisi baterai ponsel Android.

Memahami Kondisi Baterai

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin ada beberapa hal soal baterai yang perlu kamu ketahui.

Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai menunjukkan seberapa banyak daya (listrik) yang terdapat di dalamnya dan diukur dengan satuan mAh (miliAmpere-hour). Biasanya hal ini terlihat di spesifikasi sebuah ponsel. Misalnya kapasitas baterai ROG Phone 2 adalah 6000mAh.

Seiring pemakaian, tentu daya di dalam baterai berkurang. Biasanya daya yang tersisa ini ditunjukkan dalam % (biasanya hanya ditunjukan lewat ikon di status). Misalnya sisa baterai adalah 50%.

Siklus Baterai

Lalu ada pula yang disebut siklus baterai. Siklus baterai (Battery Cycle Count) adalah perhitungan yang menunjukkan berapa kali baterai habis dan diisi kembali sampai penuh. Biasanya kalkulasi ini dibuat berdasar berbagai kombinasi proses pengisian daya untuk mencapai 100% (satu siklus). Misalnya kondisi bateraimu 50% dan kamu isi sampai penuh, itu dihitung setengah siklus.

Sedangkan kesehatan baterai (battery health) merupakan kondisi baterai yang diperhitungkan dari perkiraan kapasitas saat ini dengan kapasitas aslinya. Kadang ada pula yang melengkapi informasi ini dengan tingkat penurunan kapasitas baterai.

Cara Melihat Kondisi Baterai Android

Sebagian besar ponsel Android biasanya dilengkapi dengan aplikasi pemantau baterai. Android sendiri sudah memiliki fungsi untuk memantau pemakaian baterai.

Namun beberapa di antaranya kadang kurang detil. Misalnya hanya menunjukkan kondisinya bagus. Kalau mau, kamu bisa memakai aplikasi lain, misalnya dengan aplikasi AccuBattery.

AccuBattery menampilkan berbagai informasi dengan detil di masing-masing tab di dalam aplikasi. Ada informasi untuk mengisi daya (charging), pemakaian (discharging), kesehatan baterai (health), dan riwayat (history).

Untuk melihat kondisi baterai smartphone Android sebenarnya, yang perlu kamu lakukan hanyalah memantau tab kesehatan baterai di aplikasi ini. Selebihnya gunakan smartphone seperti biasa.

Harap perhatikan: Informasi kesehatan baterai tidak langsung muncul ketika kamu memasang aplikasi. Proses ini membutuhkan waktu β€” melewati beberapa siklus pengisian baterai β€” sampai informasi itu muncul. Artinya bisa memakan waktu sampai beberapa hari.

kondisi baterai smartphone androidAplikasi akan menghitung pencapaian pengisian daya dari masing-masing sesi (siklus) untuk memberi perkiraan kapasitas daya. Kemudian perkiraan tersebut akan dibandingkan dengan kapasitas baterai asli.

Itulah cara melihat kondisi baterai smartphone Android sesungguhnya. Seperti kamu lihat, informasi ini tampil berdasar pemakaian sehari-hari. Dengan begitu, kamu juga jadi lebih tahu pola pemakaian dan pengisian daya yang lebih akurat.

%d blogger menyukai ini: