Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di HP Android

Indri Penulis

Kamu perlu melihat password WiFi untuk jaringan yang tersimpan di Android? Cobalah cara melihat kata sandi WiFi di HP Android berikut ini.

Menyambungkan HP Android ke WiFi sangat mudah. Asalkan mengetahui password WiFi-nya, kamu cukup memasukkan password dan nikmati akses WiFi sepuasnya.

Tapi masalahnya, mungkin kamu sering lupa password WiFi yang telah tersimpan di HP Android. Padahal di sisi lain, ada teman atau keluarga yang ingin menyambung ke WiFi-mu.

Lalu bagaimana cara melihat kata sandi WiFi yang telah tersimpan di HP Android? Gampang. Baca tutorial di bawah ini sampai selesai ya!

Cara Melihat Password WiFi di HP Android

Tutorial untuk Android 10 atau Lebih Baru

Tutorial yang saya berikan ini, berlaku untuk versi Android 10 atau Android 11. Karena mulai dari versi tersebut, kamu bisa melihat kata sandi WiFi yang tersimpan tanpa perlu rooting.

  • Buka aplikasi “Settings.”
  • Buka menu “Network & internet.”
  • Tekan opsi “Wi-Fi” dan kamu akan melihat jaringan Wi-Fi yang aktif saat di bagian atas daftar.
  • Klik jaringan tersebut.
  • Di halaman jaringan yang kamu pilih, klik tombol “Share.”
  • Konfirmasi wajah, sidik jari atau masukkan kode PIN-mu untuk melanjutkan proses.

Nah, setelah kamu melakukannya, kamu akan melihat kata sandi WiFi tercantum di bawah kode QR. Kalau kata sandi tidak muncul karena suatu alasan, kamu bisa memindai kode QR di perangkat lain agar mereka bisa login WiFi tanpa perlu memasukkan password.

Tutorial untuk Android 9 atau Lebih Lama

Kalau kamu menjalankan Android 9 atau versi yang lebih lama, kamu harus pakai cara lain untuk melihat password WiFi. Sayangnya, metode kali ini membutuhkan perangkat Android yang di-rooting.

Hal ini karena file yang menyimpan kredensial WiFi untuk jaringan tersimpan, ada dalam direktori yang dilindungi oleh penyimpanan ponselmu. Jadi kamu tidak punya izin untuk melihat folder atau file di dalamnya, kecuali di-root.

Kalau Android-mu sudah di-root, kamu bisa langsung pakai aplikasi file explorer yang mendukung penelusuran root (contoh File by Google, X-Plore File Manager, dll).

Setelah itu, buka ‘/ data / misc /wifi’ dan ‘wpa_supplicant.conf.’ Nah, di sana kamu akan melihat nama jaringanmu (ssid) dan kata sandinya (psk).