Melihat Website Jaman Dulu Atau Versi Lama? Bisa Saja

google 2000

Pernah penasaran dengan penampilan situs Google jaman dulu? Mungkin tampilan Facebook? Ya, melihat website jaman dulu bisa kamu lakukan. Siapa tahu butuh referensi, ingin tahu, atau sekedar nostalgia.

Perubahan teknologi digital memang pesat. Terutama internet. Bentuk situs web atau website, sebagai wajah internet, juga berubah. Perubahannya pun radikal.

Dulu, situs web hanya dirancang untuk tampilan di komputer. Sekarang, seiring handphone jadi perangkat utama, tampilan website pun menggeser fokusnya pada tampilan untuk handphone.

Selain itu, dulu situs web lebih banyak dipakai secara pasif. Dalam arti hanya membaca atau melihat gambar. Video masih belum bersahabat dengan koneksi internet. Kini, tidak sedikit situs web yang juga berfungsi sebagai aplikasi (web app). Kita bisa berkreasi di sana. Seperti edit foto online, membuat desain online, dll.

Lalu bagaimana cara melihat website jalan dulu alias versi lama?

Menjadi Musafir Waktu Di Internet

Kamu bisa membuka situs web Wayback Machine. Nama lengkapnya Internet Archive Wayback Machine. Dari namanya sudah terlihat kalau situs ini menyimpan arsip halaman website. Pada dasarnya, situs ini semacam perpustakaan.

Yang kamu lakukan untuk melihat website tertentu dalam versi lama adalah mengetik alamat situs tersebut (alamat URL) di kolom yang tersedia. Wayback Machine kemudian akan menampilkan lini masa tangkapan website dari masa ke masa. Selain itu, ada juga tampilan kalender untuk memilih waktu dengan lebih detil.

tampilan wayback machine
tampilan Wayback Machine

Kamu tinggal memilih waktunya. Tahun berapa, bulan apa, dan tanggal apa yang ingin kamu lihat. Klik di lini masa untuk tahun, lalu klik di kalender untuk pilihan bulan dan tanggal.

Misalnya google.com pada tahun 1998, di bulan November (hanya ada satu tangkapan). Ya itu adalah saat pertama Google hadir online. Masih berupa prototipe.

tampilan google.com jaman dulu
Tampilan google.com jaman dulu

Menarik kan? Dengan situs ini, kamu bisa melihat perubahan situs web dari waktu ke waktu. Di samping lucu dan menyenangkan, hal ini berguna kalau kamu membuat tugas atau skripsi soal website.

Nah, selamat menjadi musafir waktu di internet dan melihat website jaman dulu.