Tips Memanfaatkan Smartphone Lama Kalau Kamu Tidak Mau Menjualnya

smartphone android

Oh, kamu punya smartphone baru? Selamat ya. Sudah punya rencana soal ponsel lama? Kalau belum, mungkin tips memanfaatkan smartphone lama ini bisa berguna.

Jika kamu ganti ponsel karena yang lama sudah rusak, tentu memang sudah tidak bisa kamu gunakan lagi. Paling tidak fungsinya sudah berkurang banyak atau kamu harus keluar uang lagi untuk membetulkannya.

Tapi kalau kamu ganti smartphone karena ingin punya yang lebih baru, tentu ada kemungkinan lain selain menjualnya. Apalagi kalau smartphone lama milikmu terhitung punya spesifikasi yang lumayan.

Nah, kalau kamu belum kepikiran smartphone lama mau buat apa, coba lihat beberapa ide di bawah ini.

Ponsel Cadangan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi ada kemungkinan smartphone baru milikmu mengalami kendala, misalnya sistem operasi ngadat. Bahkan bisa terjadi musibah seperti ponsel hilang (semoga tidak).

Dalam kondisi itu, punya smartphone cadangan bisa sangat menolong. Kamu bisa beli kartu SIM baru, memasangnya di ponsel lama, dan tetap terhubung dengan orang-orang penting, sementara mengurus ponsel yang hilang itu.

Jadi Webcam untuk Laptop

Selain sebagai ponsel cadangan, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone itu jadi webcam di laptop. Kamera belakang smartphone kemungkinan besar memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dari kamera laptop.

Kamu tinggal menambah perlengkapan yang dibutuhkan dan memasangnya. Kamu pun bisa menikmati pertemuan online baik di Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams dengan gambar yang lebih baik.

Jadi “Konsol” Game Portabel

Kalau kamu hobi main game, kenapa tidak memanfaatkan ponsel lama sebagai perangkat untuk itu? Jadi kamu punya smartphone khusus untuk main game. Dengan begitu tidak perlu kuatir mengganggu smartphone baru.

Ya, mungkin smartphone baru bisa lebih canggih. Tapi kalau belum kuno banget, smartphone lama masih bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa lebih tidak kuatir memakainya berlama-lama main game.

Jadi Pemutar Musik atau Film

Sama seperti jadi ponsel khusus buat main game, smartphone lamamu juga bisa menjadi tempat khusus buat nonton film atau mendengar musik. Sekali lagi, kamu tidak perlu kuatir mengganggu ponsel baru.

nonton youtube tanpa buffer

Sebagai contoh, ponsel lama bisa kamu pasang di sepeda statis atau treadmill. Dengan begitu, kamu bisa berolah raga sambil dengar musik atau nonton film. Lebih leluasa dan tidak perlu repot copot pasang.

Kasih ke Orang Lain

Ya, nggak ada salahnya juga kamu kasih handphone lama itu ke orang lain, seperti anggota keluarga yang membutuhkan. Misalnya ke anak, keponakan, atau siapa pun yang membutuhkan.

Siapa tahu, smartphone mereka lebih lama atau sudah lemot, dan belum bisa beli baru. Apalagi kalau handphone mereka lebih kuno dari punyamu. Selain berguna, juga bisa berpahala kan?

%d blogger menyukai ini: