Cara Memantau Aplikasi Media Sosial Anak di Android Dengan Aman

Foto: Egor Vikhrev | Unsplash

Saat ini media sosial sudah mengisi semua aspek kehidupan kita. Bahkan efek media sosial pada anak dan remaja masa kini demikian besar, sampai bisa mengganggu kehidupan normal mereka. Sehingga wajar apabila para orang tua ingin bisa mengontrolnya. Kali ini kami akan membahas cara memantau pemakaian media sosial β€” seperti Instagram, Snapchat, WhatsApp, dll β€” dengan aman di smartphone Android.

Apalagi di saat pandemi Covid-19 saat ini yang menuntut belajar dari rumah. Ketika orang tua juga bekerja, pengawasan juga harus tetap berjalan. Jangan sampai anak malah online dengan hal lain.

Memantau Aplikasi Media Sosial Dengan Aman

Untuk bisa memantau aktivitas anak, tentu orang tua harus bisa masuk ke smartphone Android yang dipakai oleh si anak. Apa yang bisa dilakukan?

Anggaplah kita ingin memantau aktivitas anak di aplikasi Snapchat. Ada beberapa cara hack Snapchat yang bisa ditempuh. Bisa memakai aplikasi atau layanan online, bisa membayar hacker, atau membuat login palsu (dikenal dengan istilah phising).

Tapi cara-cara tersebut punya kelemahan besar. Kalau pakai aplikasi online, seringkali tidak akan berfungsi karena aakan ditanggulangi oleh Snapchat. Kalau pakai jasa hacker, resikonya tinggi karena justru bisa berkhianat. Sedangkan melalui phising, harus memiliki kemampuan teknis dan juga beresiko.

Salah satu cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan aplikasi KidsGuard Pro Parental Control Android.

Kenapa Memakai KidsGuard Pro?

Aplikasi KidsGuard Pro merupakan aplikasi yang dipasang di smartphone anak dan kemudian memantau kegiatan aplikasi media sosial di smartphone tersebut. Proses pemasangan aplikasi seperti pada umumnya. Jadi tidak membutuhkan kemampuan teknis.

Orang tua bisa melihat data yang muncul melalui dasbor di browser. Layanan KidsGuard Pro ini berbasis akun dan komersial (berbayar). Jadi ada sistematika keamanan dan pertanggung jawaban.

tampilan dasbor

Aplikasi ini bisa memantau pemakaian aplikasi umum seperti telepon dan SMS, juga memantau aplikasi media sosial pada umumnya, seperti WhatsApp, Facebook, LINE, Instagram, Snapchat, dll. Selain itu, begitu dipasang di handphone, aplikasi akan tersembunyi sehingga tidak diketahui oleh pengguna (anak).

Cara Memakai KidsGuard Pro

  1. Buat akun KidsGuard Pro dan pilih paket pembayaran yang diinginkan.
  2. Pasang aplikasi di smartphone Android tujuan (smartphone anak)
    1. Di smartphone tujuan, buka clevguard.net dari browser.
    2. Geser ke kanan tuas yang ada di layar untuk mengunduh aplikasi tersebut.
    3. Pasang (install) aplikasi.
    4. Masuk dengan akun KidsGuard Pro milikmu (supaya terhubung dengan dasbor).
    5. Masukkan nama anak beserta umur.
    6. Ikuti panduan dalam aplikasi:
      • Non-aktifkan Google Play Protect (supaya aplikasi tidak dihapus oleh layanan keamanan lain).
      • Aktifkan aksesibilitas.
      • Aktifkan supervisi aplikasi.
      • Aktifkan akses notifikasi.
      • Aktifkan akses administrator.
      • Aktifkan tangkapan layar.
      • Aktifkan akses data.
      • Non-aktifkan optimalisasi baterai.
      • Ijinkan aplikasi berjalan di latar belakang atau mulai otomatis.
  3. Verifikasi setelan.
  4. Kalau semua benar, maka anda sudah bisa melihat data dari smartphone tujuan di dasbor.

Di dasbor terdapat berbagai informasi mulai dari akun yang dipakai, ponsel yang dipakai, berkas yang ada di dalam ponsel (siapa tahu anak punya konten yang belum patut ditonton), lokasi, sampai fungsi remote control. Jadi pemantauannya memang menyeluruh.

Perhatian!

Seperti kamu lihat, fungsi aplikasi ini adalah memantau smartphone orang lain. Anak dan remaja yang belum dewasa masih berada pada tanggung jawab orang tua. Tapi akan berbeda halnya kalau kamu memakai aplikasi ini untuk memata-matai orang lain. Bisa melanggar hukum. Jadi, gunakan aplikasi ini secara baik.

%d blogger menyukai ini: