5 Tips Mudah Membedakan OPPO Asli dan Palsu

asli

OPPO kini menjadi salah satu merek smartphone yang sangat populer. Karena populer, tidak heran bila smartphone tersebut kerap merilis produk terbaru.

Karena begitu populer, tidak heran bila OPPO banyak dibuat versi tiruan. Hal tersebut tidak terjadi pada OPPO saja, namun juga pada merek smartphone lain.

Selain itu barang tiruan dapat ditemukan di produk lain. Salah satu contohnya Nike, ada ribuan barang versi KW. Bahkan barang KW tersebut mempunyai tingkatan sendiri.

Bagi smartphone, waktu dulu sempat muncul istilah ‘supercopy’ dari seri Samsung. Sementara itu, belakangan ini muncul berbagai versi KW produk smartphone lain.

Ponsel produksi OPPO ternyata telah banyak ditiru. Hal ini tersebut wajar, mengingat marketing OPPO cukup tinggi. Inilah yang membuat smartphone tersebut begitu populer.

Fakta inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Mereka membuat dan menjual smartphone palsu, dengan kemasan luar yang diberi label OPPO.

Selain itu, desain smartphone tiruan tersebut hampir mirip dengan OPPO asli. Tidak heran bila banyak konsumen yang tidak mengetahuinya.

Seperti halnya casing smartphone OPPO palsu. Casing tersebut dibuat menggunakan mesin printer 3D. Sementara itu, saat ini dalam industri printer memang telah mencapai perkembangan sangat pesat dalam bentuk 3D.

Itu artinya, semua orang dapat mencetak sebuah barang hanya menggunakan printer 3D. Bisa jadi beberapa oknum melakukan pemindaian pada produk smartphone OPPO asli, Kemudian mereka mencetak kembali produk menggunakan printer 3D.

Walaupun terlihat sama persis, namun tetap ada beberapa hal untuk membedakan OPPO asli dan palsu. Berikut telah kami rangkum beberapa tips membedakan smartphone OPPO asli dan palsu:

Sumber Gambar : Asli

Periksa IMEI Secara Online

Ini merupakan cara yang paling mudah, dalam membedakan OPPO asli dengan yang palsu. Yaitu dengan memeriksa nomor IMEI dalam smartphone.

IMEI sendiri merupakan nomor identitas bagi sebuah smartphone. IMEI dapat diibaratkan sebagai NIK (Nomor Induk Kependudukan). Setiap unit smartphone, pasti mempunyai IMEI berbeda.

Sementara itu, setiap unit smartphone OPPO yang dijual resmi, tentu mempunyai identitas nomor IMEI mereka sendiri. Nomor tersebut telah tercata dan dapat diperiksa secara online.

Oleh sebab itu, ketika kalian membeli smartphone OPPO, jangan lupa untuk memeriksa IMEI-nya dalam situs Device Authentication OPPO.

Apabila nomor IMEI terdaftar dalam situs tersebut, jelas bahwa smartphone tersebut asli. Namun bila tidak, maka bisa dipastikan smartphone OPPO tersebut palsu.

Spesifikasi Smartphone OPPO

Untuk membedakan smartphone OPPO asli dengan yang palsu, kalian dapat mencocokkan spesifikasi smartphone yang dibeli, dengan informasi spesifikasi dalam kotak penjualan.

Supaya lebih valid, maka kalian dapat memeriksa informasi spesifikasi dalam situs resmi OPPO. Dalam smartphone OPPO palsu, tentunya ada banyak hal yang tidak sama dengan versi asli.

Misal ketika membeli OPPO F4 Youth. Dalam kemasan, terdapat informasi jika smartphone tersebut mendukung 4G, mempunyai RAM 4 GB, dan mendukung layar 6 inci dengan rasio 18:9.

Ketika kalian membuka smartphone yang telah dibeli, periksalah spesifikasinya dengan menggunakan CPU-Z, atau aplikasi lain yang memberikan info seputar spesifikasi.

Ternyata smartphone yang kalian beli hanya mengusung RAM 2 GB, tidak mendukung 4G, dan layar masih menggunakan rasio 16:9.

Desain dan Berat Smartphone

Selanjutnya dalam membedakan OPPO asli dengan yang palsu, adalah melalui desain. Smartphone OPPO asli, tentu mempunyai desain yang sesuai dengan promosi resmi.

Berbeda dengan OPPO palsu yang mempunyai desain berbeda. Contoh paling nyata adalah OPPO N3. Memang OPPO N3 merupakan smartphone lama. Ketika smartphone tersebut diluncurkan di Malaysia, banyak pula muncul versi bajakan dengan desain berbeda.

BACA JUGA
Smartphone OPPO Jadi Handphone Dengan Gorilla Glass 6 Pertama

Kamera

Kamera juga menjadi faktor lainnya, untuk memeriksa keaslian sebuah smartphone OPPO. Sebagai salah satu brand yang mengusung slogan ‘Camera Phone’, nilai jual OPPO ada pada kamera.

Oleh sebab itu, ketika memeriksa smartphone OPPO, cobalah untuk memotret menggunakan kamera OPPO. Setelah itu, pindah gambar dari smartphone ke komputer. Kemudian akan terlihat jelas data foto dari tangkapan smartphone OPPO.

Periksa Garansi OPPO

Memang oknum pembuat OPPO palsu, dapat dengan mudah menciptakan kartu garansi mirip aslinya. Namun tidak jarang kartu garansi palsu, terlihat tidak sebagus kartu garansi asli.

Pastikan pula, dalam kartu garansi tertera PT Indonesia OPPO Electronics. Apabila dalam kartu garansi tertera perusahaan lain, maka bisa jadi itu OPPO palsu. Jika tidak begitu, bisa saja itu OPPO asli namun dibeli dari luar negeri.

Ada komentar?