4 Cara Sederhana untuk Membersihkan Lensa Kamera Smartphone

Perkembangan teknologi saat ini memang tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak hal yang mengalami kemajuan begitu pesat. Berbagai hal juga semakin mudah dan praktis.

Salah satu yang mengalami perkembangan pesat adalah smartphone. Bila dulu orang harus menggunakan kamera untuk mendapat hasil terbaik, maka kini hal tersebut bisa didapatkan dari sebuah smartphone.

Fenomena tersebut bisa dilihat, dari berbagai vendor smartphone yang menambahkan kamera berkualitas ke dalam produknya.

Tidak sedikit pula, orang yang merasa puas dengan hasil jepretan smartphone masa kini. Hal tersebu tidak mengherankan. Sebab kini teknologi kamera smartphone, telah mendekati kamera semi profesional.

Banyak jepretan menarik di media sosial, yang saat ini telah menggunakan jepretan kamera smartphone. Tentunya dengan menggunakan smartphone, kegiatan memotret bisa lebih mudah dan praktis.

Namun perlu diperhatikan, bahwa kamera terbaik tidak selalu bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Tidak menutup kemungkinan kualitas kamera akan menurun.

Hal tersebut bisa terjadi, akibat pemiliki smartphone tidak merawat dengan baik kamera. Hal tersebut akan mempengaruhi hasil foto yang kurang bagus.

Bahkan tidak sedikit smartphone kini, yang mempunyai hasil foto buram. Hal tersebut berbanding terbalik ketika mereka pertama membeli smartphone. Dimana hasil jepretan sangat jernih dan bagus.

Untuk mengembalikan kamera smartphone seperti sedia kala, perlu dilakukan perawatan yang tepat. Berikut beberapa cara untuk merawat lensa kamera smartphone dengan baik:

Sumber Gambar : YouTube

Menggunakan Minyak Kayu Putih untuk Lensa Berdebu

Mungkin bisa lensa kamera smartphone terkena debu, kalian dapat membersihkannya menggunakan minyak kayu putih. Selain untuk masuk angin, minyak kayu putih rupanya juga ampuh untuk mengusir debu pada lensa kamera.

Debu yang menempel pada lensa kamera, biasanya disebabkan karena smartphone yang kerap diletakkan sembarangan oleh pemiliknya. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan tempat kalian meletakkan smartphone.

Membersihkan lensa kamera smartphone menggunakan minyak kayu putih cukup mudah. Kalian bisa membersihkannya menggunakan tisu, yang telah diberi sedikit minyak kayu putih.

Tisu tersebut kemudian digosok pada lensa kamera smartphone. Apabila kalian melakukannya dengan benar, maka debu yang menempel pada lensa kamera akan terangkat dengan mudah.

Mengganti Tutup Lensa Kamera

Apabila kalian tidak ingin repot dalam membersihkan lensa kamera smartphone, maka kalian dapat mengganti tutup lensa kamera.

Cobalah untuk menggunakan silet ketika mencongkel kamera. Namun kalian harus melakukan hal ini dengan hati-hati. Sebab bisa salah langkah, dapat melukai bagian smartphone lainnya.

Setelah kalian berhasil melepas tutup lensa pada kamera smartphone, selanjutnya belilah tutup lensa kamera smartphone yang baru. Namun bila tidak memungkinkan, kalian dapat menggunakan selotip bening untuk menutup lensa.

[irp posts=”42588″ name=”Perlukah Membersihkan RAM di Handphone Android dengan Memory Cleaner?”]

Bersihkan Lensa yang Berembun

Ada banyak kasus, dimana lensa kamera smartphone berembun. Hal ini dapat terjadi, bila smartphone disimpan dalam tempat yang lembab.

Dengan hal tersebut, hasil jepretan kamera tidak akan optimal. Walaupun lensa kamera smartphone nampak tidak apa-apa, mungkin hasil foto kurang maksimal disebabkan oleh lensa kamera berembun.

Dalam mengatasi hal ini, yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan smartphone terlebih dahulu. Setelah itu, lepas batu baterai smartphone.

Bila sudah, keringkan smartphone dengan menggunakan hair dryer. Arahkan hair dryer pada bagian sisi smartphone. Tunggulah proses tersebut, sampai tidak ada embun dalam lensa kamera smartphone.

Bersihkan Goresan dalam Lensa Kamera Menggunakan Pasta Gigi

Apabila lensa kamera smartphone tergores, baik itu karena gesekan atau hal lain, kalian dapat membersihkannya menggunakan pasta gigi putih.

Untuk membersihkan lensa kamera smartphone, cukup oleskan pasta gigi pada lensa. Oleskan pasta gigi secukupnya, dan jangan terlalu banyak.

Cara ini memang sangat sederhana. Namun lumayan ampuh dalam menghilangkan goresan pada lensa kamera smartphone.

Namun sebaiknya, bersihkan lensa kamera smartphone dengan menggunakan cutton bud. Oleskan pasta gigi putih pada cotton bud. Kemudian tempelkan pada bagian lensa yang tergores. Putar searah jarum jam, dan diamkan sebentar.

Apabila sudah cukup, bersihkan pasta gigi yang masih menempel pada lensa. Gunakan sedikit air untuk melakukan hal tersebut. Atau kalian dapat menggunakan kain khusus microfiber.