Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Membuat atau Menambahkan Chapter di Video YouTube

bikin chapter youtube
Anom Penulis

Waktu kamu menonton video YouTube, mungkin kamu pernah memperhatikan batas-batas di lini masa (progress bar) video. Itu adalah penanda bagian/bab (chapter). Lalu bagaimana cara membuat chapter di video YouTube? Kalau kamu memang belum tahu, di sini ada langkahnya.

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin kamu juga bertanya apa guna chapter di video YouTube. Sama seperti bab di buku, chapter akan memudahkan penonton berpindah antar bagian video. Misalnya pada video tutorial, kita bisa langsung tahu dan melompat pada bagian penjelasan tertentu.

popculture.id

YouTube memberikan fitur penambahan chapter otomatis. Ketika kamu upload video, kamu bisa menemukan pilihan ini dengan klik ‘SHOW MORE‘ dan centang ‘Allow automatic chapters (when available and eligible).’

Tapi akan lebih baik jika kamu menambahkannya sendiri. Karena posisi chapter akan lebih akurat dan sesuai dengan keinginanmu.

Lalu, bagaimana cara menambahkan chapter sendiri di YouTube?

Cara menambah chapter di Video YouTube

Yang pertama perlu kamu lakukan adalah mencatat waktu (timestamp) ketika bagian-bagian tertentu mulai di videomu. Kemudian, di deskripsi video, ketik penanda waktu itu dengan judul bagian ketika kamu upload atau edit video.

Contoh:

00:00 – Pembuka
01:15 – Menyiapkan bahan makanan
01:48 – Memotong sayur
02:13 – Menyiapkan bumbu
…dan seterusnya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat chapter di YouTube, yaitu:

  • Pastikan kamu membuat bagian (chapter) pertama dengan waktu 00:00.
  • Paling tidak kamu harus punya 3 chapter di video dengan pengetikan berurutan (seperti contoh).
  • Durasi minimum video yang bisa kamu tambahkan chapter adalah 10 detik (hm, tapi saya bisa taruh 00:07 alias 7 detik).

Hasil penambahan chapter

Kalau kamu sudah membuat chapter dan mempublikasikan video tersebut, kamu bisa melihat pembagian pada lini masa atau garis durasi ketika memutarnya.

  • chapter video youtube

Ketika kamu letakkan kursor pada bagian bersangkutan, kamu akan melihat judul chapter. Judul chapter juga akan muncul pada informasi durasi di samping tombol volume. Lalu di bagian deskripsi kamu juga akan melihat catatan yang kamu buat (bisa diklik), dan ada cuplikan (thumbnail) chapter di bawahnya.

Nah, itulah cara membuat atau menambahkan bagian/bab (chapter) di video YouTube. Dengan membuatnya, kamu membantu mempermudah penonton menyaksikan videomu.

Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: