Membuat Headset Virtual Reality Menggunakan Kardus dan Smartphone

google-cardboard-android-virtual-reality

Apakah kalian sudah pernah mencoba perangkat headset virtual reality seperti Oculus Rift? Bagaimana rasanya? Apa menurut kalian virtual reality memang benar-benar menjanjikan seperti yang diklaim oleh banyak orang?

Lalu apakah kalian ingin membuat headset virtual reality? Kabar bagus, karena kini Google mengajak semua orang untuk membuat perangkat VR sendiri. Bahkan hal tersebut bisa dilakukan berbekal peralatan rumah, app serta smartphone.

Pada kesempatan ini, kami akan berbagai tips untuk membuat perangkat VR. Bahan-bahan yang dibutuhkan ini mudah ditemui sehari-hari, antara lain:

Siapkan lembaran kardus jenis E Flute (kardus warna coklat yang biasa digunakan sebagai packaging). Untuk mendapatkannya, kalian dapat membeli kardus tersebut di supermarket maupun via online.

Sumber Gambar : Anak Kost TV

Untuk hasil yang maksimal, carilah kardus dengan bahan yang kuat namun tipis. Misal untuk alternatif lain, kalian dapat menggunakan kardus sepatu atau kotak pizza.

Pastikan kardus tersebut mempunyai ukuran minimum 22×56 sentimeter, dengan ketebalan 1,5 sentimeter.

Selanjutnya, bagian yang cukup sulit untuk didapatkan adalah lensa. Sebagai alternatif, kalian dapat memesan lensa tersebut di optik.

Perlu diperhatikan, bahwa lensa yang akan digunakan harus mempunyai jarak focal 40 milimeter, berjenis biconvex (lensa cembung 2 arah).

Dari Google, menyarankan untuk memesan lensa dari Durovis yang dapat kalian beli dengan harga murah di Amazon.

Beli di Amazon

Selain itu, kalian akan membutuhkan sebuah magnet yang berbentuk cincin. Magnet ini terbuat dari bahan neodymium (NdFeB). Namun kalian jangan terkecoh dengan namanya, walau disebut sebagai ‘rare earth magnets’, namun harga magnet tersebut tidak terlalu mahal.

Untuk membuat perangkat VR, biasanya kalian akan membutuhkan satu buah magnet cincin lagi. Namun kali ini magnet tersebut berjenis keramik, dan dapat ditemui sehari-hari. Ukuran magnet yang disarankan yaitu berdiameter 19mm dan tebal 3mm.

Sisanya, kalian siapkan dua lembar velcro dengan tingkat rekat sedang berukuran 20x30mm, karet gelang dengan panjang 8cm, serta stiker tag NFC.

BACA JUGA
Game VR Mars 2030 Mengajak Berpetualang di Planet Merah

Program stiker NFC ini dengan URL cardboard://v1.0.0. Tentunya kalian akan membutuhkan peralatan seperti lem, gunting, penggaris, serta cutter.

Yang terakhir adalah, download film desain kardus dari Google dan ikuti skema rancangan yang tersedia di sana. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat gambar di bawah ini:

Sumber Gambar : Travel Tech

Bila semua bahan untuk membuat perangkat VR sudah lengkap, kini saatnya mengunduh app virtual reality Cardboard dari Google Play Store.

Donwload

Sekedar informasi, headset virtual reality do it yourself ini dibuat oleh David Coz dan Damien Henry, dari Google Cultural Institute di Paris. Awalnya, itu hanyalah sebuah proyek prototype.

Namun karya ini justu membuat banyak orang merasa kagum dan menginspirasi mereka, untuk menciptakan SDK eksperimental. Misal seperti Oculus Rift. Headset VR DIY bahkan bisa digunakan untuk pengguna kacamata, tentunya dengan sedikit modifikasi.

Selain itu, app dan desain dari headset VR Cardboard pada dasarnya mendukung semua smartphone di platform Android. Lebih tepatnya app tersebut dapat berjalan pada platform Android versi 4.2 Jelly Bean ke atas.

Smartphone tersebut sebaiknya telah mempunyai fitur NFC. Sementara itu, stiker tag near-field communication digunakan untuk memicu aplikasi Cardboard Android secara otomatis.

Atau pengguna juga bisa mengaktifkannya secara manual dari launcher sebelum memasangnya di headset. Namun apabila kalian membutuhkan bantuan dan masukan lebih lanjut, bergabunglah ke komunitas G+. Disana kalian akan mendapat segala informasi lengkap seputar perangkat VR.

Sekian tips membuat headet virtual reality dengan menggunakan kardus dan smartphone. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat mencoba.

Ada komentar?