Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Membuat Playlist Musik di Windows Phone

Anom Penulis

Setelah kami kemarin membahas aplikasi Nokia Music, kami akan membahas satu hal lagi yang masih berkaitan dengan musik. Kali ini kami akan membahas bagaimana membuat playlist musik di Windows Phone. Kelihatannya sepele ya? Tapi untuk yang belum tahu, fungsi satu ini tidak terlalu terlihat.

Ya, kita bisa dengan mudah mendapat lagu baru. Melalui Nokia Music (untuk saat ini bagi yang beruntung bisa download gratis), atau transfer dari komputer. Kita juga bisa sinkronisasi playlist kita dari komputer. Tapi, seperti yang sudah kami tulis di artikel Nokia Music, lagu-lagu yang berasal dari sana belum tersinkronisasi secara otomatis ke komputer kita (walau bisa juga disimpan). Jadi, ada kemungkinan koleksi musik kita akan berbeda antara di ponsel dengan di komputer. Untuk membuat playlist di komputer dan sinkronisasi lagi ke ponsel jelas akan lebih banyak makan tenaga. Paling mudah ya membuat playlist langsung di ponsel Windows Phone kita.

Oke, berikut caranya.

  1. Buka Music+Video Hub. Lalu pilih Music.
  • Geser pivot ke tampilan lagu (Song)
  • Setelah terlihat daftar lagu, buka application bar dengan tap […]
  • Pilih tombol bulk selection (pilih sekaligus)
    • Pilih lagu yang kamu sukai dengan centang kotak (radio button) di sebelah judul lagu
  • Setelah memilih lagu, buka lagi application bar dengan tap […]
  • Pilih add to now playing (tambahkan ke antrean sedang diputar)
  • Setelah itu, akan ada proses loading sebentar, dan kita akan dibawa ke tampilan player. Di sana akan diputar lagu pertama dari pilihan kita tadi. Buka lagi application bar dengan tap […]
    • Pilih save as playlist
    • Beri nama playlist kita, dan playlist tersebut akan muncul di pivot playlist.

    Nah, itulah cara membuat playlist di Windows Phone. Untuk menghapus playlist, tap hold (tekan dan tahan) playlist tersebut sampai keluar context menu. Pilih delete (hapus). Kita juga bisa memilih untuk memainkannya, pin ke start screen (sematkan ke layar awal), atau menambahkannya ke Kid’s Corner.

    Baca Juga:  Deretan Fitur Resso yang Spotify Tidak Punya

    Apa ada yang belum kami sebut? Oh ya, bagaimana menambahkan lagu ke playlist yang sudah ada? Sayangnya, hal tersebut belum bisa dilakukan. Minimal kami belum menemukan caranya :p. Sejauh yang kami coba, kita terpaksa membuat playlist baru kalau ada lagu baru, atau ada lagu yang ketinggalan dipilih. Mungkin bisa dimaklumi mengingat Microsoft juga sedang mengambangkan layanan Xbox Music lebih jauh lagi (belum tersedia di Indonesia).

    Kalau ada yang bisa menambahkan info seputar playlist, silakan berbagi melalui kolom komentar.