Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Pakai Fitur Reaksi Emoji

Indri Penulis

Gimana sih cara membuat polling di WhatsApp grup? Gampang. Simak cara membuat polling di WhatsApp grup pakai fitur reaksi emoji berikut deh.

Kalau ada fitur polling di WhatsApp, kayaknya bakal seru ya! Bayangkan, kita bisa bikin jajak pendapat di grup dan langsung dapat melihat hasilnya. Cara kerjanya mirip seperti polling yang ada di Instagram Stories gituh..

Sayangnya sampai sekarang WhatsApp belum punya fitur polling. Yah walau belum punya, tapi bukan berarti WhatsApp nggak mempersiapkan fitur polling. April 2022 lalu, WhatsApp sudah mulai menguji coba fitur polling (dalam versi beta) untuk aplikasi WhatsApp iOS. Untuk waktu rilisnya sendiri, sampai sekarang belum diketahui tanggal pastinya.

Tapi nggak perlu khawatir. Sambil menunggu fitur WhatsApp polling resmi rilis, saya bakal bagikan tips dan cara membuat polling di WhatsApp grup pakai fitur reaksi emoji.

Ya, seperti yang kamu tahu, beberapa waktu lalu WhatsApp resmi meluncurkan fitur reaksi emoji di platform-nya. Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan reaksi langsung berupa emoji pada pesan tertentu. Cara kerjanya mirip dengan fitur reaksi yang ada di Facebook sih.

Nah kita bisa manfaatkan fitur reaksi emoji untuk membuat polling. Caranya? Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Buka halaman obrolan di salah satu grup WhatsApp-mu.
  • Selanjutnya ketik pesan seperti biasa yang isinya pertanyaan.
  • Contoh, “Guys, kita jadi nonton apa weekend ini? Vote lewat reaksi emoji jempol di pilihan ya!
  • Kirim pesan tersebut terlebih dulu.
  • Selanjutnya, ketik lagi pesan berisi opsi film pertama yang ingin ditonton, lalu kirim.
  • Kemudian ketik lagi opsi film kedua yang ingin kamu tonton, lalu kirim.
  • Langkah tersebut bisa kamu ulangi, tergantung jumlah opsi yang mau kamu masukkan.

Selesai deh. Karena setiap opsi kamu kirim dalam format ‘pesan terpisah,’ jadi anggota grup bisa memberikan reaksi pada setiap opsi yang kamu kirim tadi. Tinggal menunggu saja anggota grup memberikan reaksi mereka.

Gimana, gampang banget kan? Daripada nungguin fitur polling yang entah kapan rilisnya itu, mending untuk sementara waktu seru-seruan pakai fitur reaksi pesan dulu deh. Hahaha. Selamat mencoba ya!

    %d blogger menyukai ini: