Tips Memilih Headset Gaming yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Indri Penulis

Memilih headset gaming yang tepat lebih rumit daripadi kelihatannya. Simak beberapa tips memilih headset gaming yang tepat sesuai kebutuhan berikut ini.

Di kalangan gamer, headset adalah benda yang wajib banget dimiliki untuk memaksimalkan suara game yang mereka mainkan. Tapi bukan sembarang headset, biasanya kalangan gamer bakal memilih headset khusus gaming untuk menunjang aktivitas bermain mereka.

Sesuai namanya, headset gaming memang berbeda dari yang model biasa. Selain desainnya lebih mencolok, aksesoris gaming ini biasanya juga dibekali fitur khusus yang membuatnya berbeda dengan headset biasa.

Untuk mendapatkan headset gaming yang benar-benar bisa meningkatkan level permainan cukup rumit. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah headset gaming. Biar nggak bingung, kali ini saya mau bagi-bagi tips memilih headset gaming terbaik yang tepat sesuai kebutuhan.

tips memilih headset gaming

Kualitas Suara

Saat memilih headset gaming/headset apapun, prioritas utama kamu harus selalu tertuju pada kualitas suaranya. Kamu pasti nggak ingin mendengarkan suara permainan/musik yang terdengar seperti berasal dari rasio kaleng bekas kan?

Jadi, pas kamu memilih headset gaming, sebaiknya kamu coba dengarkan dulu suara yang dihasilkan headset tersebut. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar yakin dengan kualitas suara yang dimilikinya. Ini berlaku buat semua merk headset ya. Bahkan kalau kamu mau membeli headset premium seperti Sony, Bose atau JBL, pastikan kamu benar-benar mencobanya terlebih dulu.

Pas di Kepala dan Telinga

Gamer bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar. Itu artinya, headset gaming yang kamu pakai harus benar-benar nyaman digunakan. Kalau terlalu ketat/berat, kamu mungkin bakal mengalami sakit kepala/leher tegang setelah selesai bermain game. Makanya sekali lagi, coba dulu headset gaming yang akan kamu beli ya.

Selain itu, pertimbangkan juga ear cup ketika kamu memakainya. Kalau menurutmu ear cup di headset tersebut terlalu ketat/panas, mending ganti yang lain. Ingat ya, menggunakan headset yang nggak nyaman bisa menghambat aktivitas gaming-mu. Kamu juga bakal sulit berkonsentrasi nantinya.

tips memilih headset gaming
Sumber: GamingScan

Koneksi: Kabel/Wireless

Gamer hardcore biasanya bakal merekomendasikan headset gaming berkabel. Alasannya, perangkat ini memiliki latensi nol, yang sangat penting dalam keputusan sepersekian detik yang bakal kamu ambil dalam bermain game.

Contohnya, mendengarkan langkah kaki lawan yang mendekat bisa membantumu mengatur penyergapan untuk mereka. Tapi kalau headset-mu memiliki tingkat latensi yang buruk, kamu mungkin bakal gampang tertangkap lawan.

Walau headset wireless buruk dalam hal latensi, tapi mereka masih bisa dipakai buat main game kok. Kalau kamu tipikal gamer yang suka pindah-pindah atau ingin pakai headset untuk tujuan lain seperti mendengarkan musik/nonton film, model headset wireless mungkin bisa jadi pilihan yang bagus buatmu.

Daya Tahan Baterai

Tips ini berlaku buat kamu yang ingin membeli headset wireless. Masalah utama dari headset model ini adalah masa pakai baterainya. Kalau kamu main game sampai berjam-jam, kamu tentu perlu memilih headset dengan daya tahan baterai yang bagus.

tips memilih headset gaming

Pelacakan Spasial

Fitur ini akan mengikuti posisi kepalamu dan menyesuaikan sumber suara. Ini akan melampaui suara surround, di mana suara yang datang dari kiri, kanan atau belakangmu bisa tercermin di headset. Intinya, fitur ini akan menyesuaikan sumber suara setiap kali kamu menggerakkan kepala.

Misalnya jika ada suara yang datang dari belakang, dan kamu menoleh ke kanan, sumber suara akan pindah ke telinga bagian kanan. Fitur ini cocok banget buat gamer dengan layar melengkung atau yang pakai headset VR.

Boom Microphone

Satu lagi yang nggak boleh kamu lewatkan saat memilih headset gaming, yakni kualitas mikrofonnya. Walaupun pinhole microphone cukup untuk sebagian besar aplikasi, tapi sarankan agar kamu tetap memilih boom microphone. Kenapa? Karena mikrofon ini akan membuat rekan satu timmu bisa mendengar dengan jelas ketika kamu sedang bermain game.

Saat kamu menghadapi musuh tepat di seberang ruangan, kamu nggak punya waktu untuk mengulangi posisi/perintah. Nah di sinilah fungsi dari boom microphone. Dia akan menghasilkan suara jernih yang sangat penting untuk memenangkan pertempuran tim dan permainan kooperatif.

Oke, itu tadi beberapa tips untuk memilih headset gaming terbaik sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat ya!

    %d blogger menyukai ini: