Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

4 Tips Jitu Memilih Laptop untuk Programmer, Baca Biar Gak Salah Pilih!

Indri Penulis

Kamu programmer dan lagi cari laptop baru? Mungkin beberapa tips memilih laptop untuk programmer ini bisa membantumu.

Ada banyak banget merek dan model laptop yang dijual di pasaran, mulai dari yang didesain khusus sebagai pengganti desktop, laptop gaming, sampai ultrabook yang super tipis dan ringan.

popculture.id

Selain itu ada juga model laptop yang secara eksplisit dipasarkan untuk beberapa industri dan jenis pemakaiannya seperti bisnis, pelajar, konten kreator, dll.

Kalau kamu masuk kategori pebisnis, pelajar, konten kreator atau gamer, mungkin kamu nggak bakal kesulitan menemukan laptop yang sesuai kebutuhan. Karena kini telah ada laptop khusus yang memang dirancang untuk itu.

Beda ceritanya kalau kamu seorang programmer, kamu mungkin bingung memilih laptop yang benar-benar bisa menunjang aktivitas ‘ngoding.’

Nah biar kamu nggak bingung, kali ini saya mau bagikan beberapa tips memilih laptop yang cocok untuk programmer. Lewat panduan ini, kamu nanti bisa melihat seperti apa karakteristik yang dibutuhkan oleh laptop seorang programmer.

Display / Tampilan

Kalau kamu programmer, jangan pasrah dengan tampilan apapun yang disajikan oleh laptop ya. Kenapa? Karena bagian inilah yang akan kamu lihat 99% saat bekerja. Ini dia beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih laptop berdasarkan display-nya.

Ukuran Layar Besar

Semakin besar layar yang dimiliki oleh sebuah laptop, maka semakin banyak pula teks, angka, ikon atau elemen lainnya yang bisa ditampilkan nantinya. Berbanding terbalik dengan laptop berlayar kecil, perangkat seperti ini hanya bisa menampilkan sedikit teks dalam satu baris. Hasilnya kamu akan keseringan scroll layar ke atas dan bahwa dan mata mudah lelah.

Dukungan Tampilan Eskternal

Beberapa laptop modern sekarang telah dibekali port HDMI, yang bisa kamu manfaatkan untuk menghubungkan laptop ke layar eksternal. Kenapa ini penting buat programmer?

Penting dong. Apalagi buat programmer yang sering membua banyak jendela secara bersamaan untuk referensi. Tapi perlu kamu pahami, kalau kamu ingin punya dua atau lebih monitor eksternal yang terpasang pada komputer, pastikan monitor kamu mendukungnya ya.

Pasalnya mayoritas perangkat entry-level dan mid-range hanya memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan laptop ke satu layar eksternal via HDMI.

Selain itu pastikan laptop yang mau kamu pilih sudah mendukung Thunderbolt 4 dengan teknologi DisplayPort di samping port HDMI. Dengan begitu, kamu bisa memasang dua layar dan menggunakannya secara bersamaan.

Prosesor

Karena biasanya aktivitas programmer mengandalkan aplikasi pemrograman yang berat, maka jelas kamu butuh laptop yang ditenagai prosesor bertenaga. Tapi karena nggak semua orang ‘berkantong tebal,’ jadi kamu bisa mengakalinya dengan mempertimbangkan beberapa hal ini.

Pastikan dulu, kira-kira apakah kamu nanti akan sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan? Apakah kamu nanti akan bekerja dengan banyak data, menghabiskan berjam-jam untuk menyusun data tersebut?

Kalau itu masalahnya, berarti yang perlu kamu prioritaskan adalah jumlah core daripada kekuatan pemrosesan mentahnya. Tapi kalau kamu cuma fokus pada satu perangkat lunak, prosesor dengan kecepatan clock tinggi mungkin lebih cocok buatmu.

Apapun pilihanmu nanti, usahakan untuk mendapatkan laptop dengan prosesor kelas menengah dengan harga terjangkau ya. Sebab prosesor kelas bawah seperti Intel Core i3 dan AMD Ryzen 3 mungkin bakal sulit menyelesaikan tugas-tugas coding dengan cepat. Ya, daripada kamu frustasi kan nanti?

RAM

Nggak peduli apapun tujuanmu dalam memakai laptop nantinya, kapasitas RAM minimum yang disarankan saat ini adalah 8GB. Tapi kalau kamu bakal menggunakan aplikasi programmer super berat, sebaiknya pilih laptop dengan kapasitas yang lebih besar dari 8GB. Atau kalau adanya yang kapasitas 8GB, pastikan laptop tersebut mendukung opsi upgrade RAM ya.

Penyimpanan

Kalau kamu ingin laptop bekerja dengan cepat, pastikan perangkat tersebut punya SSD. Sebab bagian ini akan membuat kinerja laptopmu berjalan lebih cepat, apapun aktivitasmu.

Di tahun 2022, SSD 2566GB adalah kapasitas minimum yang harus dimiliki oleh komputer. Tapi kalau mau yang lebih yahud, kamu bisa pilih SSD dengan kapasitas 512GB atau lebih.

Nah itu tadi beberapa tips memilih laptop untuk programmer, atau kamu juga bisa baca ulasan saya soal rekomendasi laptop buat programmer. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, biar kamu nggak salah pilih laptop nantinya ya.

    %d blogger menyukai ini: