Tutorial: Cara Memindahkan Daftar Kontak Outlook ke Google Contact

outlook to gmail

outlook to gmail

Membaca judul di atas, yaitu ‘tutorial cara memindahkan daftar kontak Outlook ke Google Contact’, mungkin banyak dari kalian bertanya, kenapa harus memindahkan daftar kontak ke Google? Bagi beberapa dari kita mungkin tidak memerlukan hal ini, namun beberapa di antaranya membutuhkan.

Jika..

Saya bukanlah pengguna yang selalu membawa lebih dari satu ponsel, namun saat ini, pengguna yang memiliki lebih dari satu ponsel sudah sering kita jumpai, satu ponsel utama dan satu lagi ponsel cadangan. Nah biasanya kedua ponsel tersebut memiliki sistem operasi berbeda.

Hal mudah jika kalian adalah pengguna Windows mobile iOS, karena sistem operasi buatan Apple tersebut memiliki kemudahan dalam mengakses dan integrasi kontak dari Outlook. Agak sedikit menyulitkan jika kalian adalah pengguna Windows mobile dan juga Android. Google agak sedikit ‘pelit’ dalam memberikan kemudahan integrasi kontak dari Outlook ke ponsel Android. Sebaliknya, pengguna Windows mobile bisa melakukan integrasi dengan mudah kontak Google ke ponsel Windows. Itulah alasan pertama.

Alasan kedua, kalian sudah malas dengan ponsel Windows dan ingin pindah ke ponsel robot ijo.

Cara

Apapun alasannya, cara memindahkan daftar kontak Outlook ke Google kontak sangat mudah. Kalian bisa mengikuti cara-cara berikut:

  1. Di browser buka alamat http://contacts.google.com, kemudian masuk menggunakan akun Google kalian.
  2. Setelah berhasil masuk, lihat daftar pilihan yang ada di samping kiri, pilih more -> import.
  3. Kalian akan melihat tampilan pop up yang berisi beberapa pilihan layanan email, pilih Outlook -> I Agree, Let’s Go.
  4. Akan muncul jendela baru yang menyuruh kita untuk masuk menggunakan akun Outlook. Masuk saja dengan akun Outlook yang ingin kalian pindah.
  5. Setelah berhasil masuk, Google akan memindahkan data kontak dari Outlook ke Google Contacts secara otomatis.
  6. Silakan cek ponsel Android kalian, daftar kontak yang tadinya ada di Outlook sekarang udah berada di ponsel.

Alternatif lain

Jika kalian malas melakukan hal di atas, kalian bisa menggunakan aplikasi Outlook yang ada di Android. Data kontak dari ponsel Windows bisa di akses dari sana. Kelemahannya, jika ingin menelpon, kalian harus masuk ke aplikasi Outlook terlebih dahulu.

Selain itu kalian tidak bisa melakukan SMS jika mengakses daftar kontak menggunakan Outlook.

Itulah cara memindahkan daftar kontak Outlook ke Google kontak, selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: