Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Memotret Panorama dengan Cycloramic

Anom Penulis

Panorama adalah salah satu jenis foto yang hampir selalu menarik untuk dilihat. Windows Phone sendiri sudah punya beberapa aplikasi foto untuk memotret panorama. Ada Lumia Panorama (dulu Nokia Panorama), Photosynth, Pano, dll. Ini ada lagi alternatif lain. Aplikasinya bernama Cycloramic.

Cycloramic cukup sederhana untuk digunakan. Mungkin kalau kalian pernah menggunakan mode panorama di kamera iPhone (iPhone 4s ke atas kalau nggak salah), kalian akan akrab dengan caranya. Cukup tap tombol kamera, dan ikuti garis panduannya. Aplikasi ini akan secara otomatis mengambil gambar. Cukup brilian menurut saya.

Kalau gerakan menyamping tidak lurus, segitiga (panah) yang ada di alur akan menunjukkannya. Entah ke atas atau ke bawah. Untuk hasil optimal, tentunya usahakan tetap berada di garis tengah.

Pengambilan gambar bisa dilakukan dalam satu lingkaran penuh. Hm, mungkin cukup sulit mempertahankan posisi saat mengambil gambar satu lingkaran penuh. Tapi kalau pemandangannya memang bagus, ya layak diusahakan.

Di samping itu, aplikasi Cycloramic juga menyediakan beberapa filter untuk mengolah foto yang sudah diambil. Namun, saya kurang terkesan dengan filternya. Kalau kondisi cahaya tidak ideal, hasilnya kurang begitu sip.

Aplikasi Cycloramic ini menarik sebagai penambah khasanah perpanoramaan. Aplikasi ini relatif belum lama hadir. Kalau lihat di situs resminya, aplikasi ini baru tersedia untuk iPhone (5/5s dan 6), dan Windows Phone. Cukup menarik, karena belum ada untuk Android. Oya, aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8.1.

Download: Cycloramicgratis.