Mempersiapkan Film untuk Diputar di Windows Phone

Anom Penulis

Hobi nonton film? Lagi mobile tapi nggak ada kerjaan dan koneksi lagi jelek? Nah, tonton aja film di ponsel Windows Phone kamu. Yak, kali ini kami mau berbagi tips bagaimana mempersiapkan film di komputer kamu supaya bisa diputar di ponsel Windows Phone kamu.

Dalam mempersiapkan film, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

  1. Format file video. Windows Phone mendukung format video seperti berikut: 3GP, 3G2, WMV, MP4, M4V, AVI, MOV.
  2. Dimensi ukuran (resolusi) dan frame rate film. Hal ini tergantung pada jenis prosesor yang digunakan oleh manufaktur ponsel. Windows Phone mendukung resolusi dan frame rate seperti berikut: 352 × 288 @ 15fps, 400×240 @ 30 fps, 720 x 480 @ 30 fps, 800×600 @ 30 fps, 800×480 @ 30 fps, dan 1920×1080 @ 30 fps.
  3. Format file audio. Seperti video, audio juga tergantung pada jenis prosesor. Sedangkan format yang didukung oleh Windows Phone adalah: MP3, WMA, AMR, 3GP, 3G2, MP4, M4A, AAC.
  4. Teks terjemahan / subtitle. Subtitle memang kadang ada yang sudah tercantum di dalam film. Istilahnya hardcoded. Tapi biasanya tidak demikian. Pada banyak kasus (ahem), subtitle ada di file berbeda. Formatnya pun ada banyak, tergantung media player-nya. Yang paling banyak ditemui adalah format srt (SubRip). Nah, Windows Phone tidak mendukung pembacaan format terpisah ini. Untuk itu, kita harus melakukan hardcode subtitle ke film yang bersangkutan.

Harap diperhatikan kalau pada contoh yang kami berikan ini, kami menggunakan ponsel Nokia Lumia (720) dan laptop MacBook Pro. Hampir semua ponsel Lumia memiliki proporsi resolusi (panjang dan lebar) layar yang sama. Jadi, kalau kamu menggunakan ponsel Windows Phone lain, harap perhatikan informasi di atas dengan baik. Terutama kalau ingin film tampil dengan baik (tidak ada perubahan ukuran, dll).

Nah, hal yang harus dipersiapkan adalah:

  1. Film yang mau ditonton.
  2. Teks terjemahan/subtitle (kecuali kalau teks sudah ada di film alias hardcoded). Kalau belum ada, bisa mencari di Subscene atau cari di mesin pencari .
  3. Software video converter. Jadi kalau film yang hendak diputar bukan dari salah satu format yang sudah disebut di atas, converter akan dibutuhkan. Selain itu, software ini berguna untuk menambahkan subtitle ke film. Di sini kami menggunakan software Any Video Converter. Bisa juga menggunakan software lain yang sejenis. Tentunya, sesuaikan dengan sistem operasi di komputer kalian.

Oke, mari kita mulai.

  1. Buka Any Video Converter. Klik Add Video, dan pilih film yang ingin kamu tonton.

    Pilih film
    Pilih film
  2. Setelah film masuk ke daftar convert (encode), pilih output profile. Klik ikon gadget di sebelah kanan atau dropdown menu profile di bawah (dekat tombol Convert Now). Pilih Other Mobile Phone / Device > Nokia Lumia 920. Profile ini berhubungan dengan masalah teknis. Seperti sudah saya sebutkan, Lumia memiliki proporsi dimensi yang mirip. Jadi profile Lumia 920 akan tetap terlihat oke di Lumia 720 saya. Dengan adanya pilihan profile ini, masalah pengaturan teknis tidak perlu merepotkan kita. Sesuaikan pilihan ini dengan ponsel kamu.

    Pilih profile
    Pilih profile
  3. Klik tab subtitle dan klik […] > Choose New Extra Subtitle File.

    Buka tab subtitle
    Buka tab subtitle
  4. Pilih subtitle dari film bersangkutan.

    Pilih subtitle
    Pilih subtitle
  5. Masih di tab subtitle, pilih ukuran teks di dropdown menu Font Size. Ini berhubungan dengan tampilan teks di ponsel kamu nantinya. Pilih yang sesuai dengan kenyamanan. Semakin besar, teks akan memakan tempat di layar. Kami memilih Smaller. Kalau sudah, klik OK.

    Pilih ukuran subtitle
    Pilih ukuran subtitle
  6. Kalau sudah, sekarang kami bisa klik Convert Now. Proses converting/encoding ini akan memakan waktu yang cukup lama. Yah, tergantung kemampuan komputer kamu tentunya.
  7. Kalau proses converting/encoding sudah selesai, film tersebut akan muncul di tab other_device. Kalau tidak secara otomatis diarahkan ke sana, kamu bisa memilihnya dari menu di sidebar kiri. Seperti bisa dilihat di gambar di bawah, film di-convert dengan spesifikasi: format video MP4, resolusi 800×480 @ 30fps, dan format audio AAC.

    Lihat bagian other device
    Lihat bagian other device
  8. Selesai. File film berada di folder Any Video Converter/Other Device/ (Di mana letak folder Any Video Converter tergantung kita mengaturnya. Punya saya ada di dalam folder Movies). Sekarang video siap ditransfer ke ponsel Windows Phone kamu.

Tidak susah bukan? Sekali lagi, yang perlu diperhatikan di sini adalah resolusi ukuran video. Kalau ponselmu tidak termasuk dalam profile di atas, cari profile yang sama dengan ponsel kamu. Akan lebih baik lagi kalau kamu membuat profile sendiri. Untuk transfer film ke ponsel Windows Phone, gunakan Windows Phone App Desktop.

Oya, berikut penampakan film dengan ukuran subtitle smaller di ponsel Nokia Lumia 720:

Tonton film di ponsel
Tonton film di ponsel

Kalau ada yang punya pengalaman lain soal pengaturan atau convert video, jangan sungkan-sungkan berbagi melalui kolom komentar kami. Siapa tahu ada yang punya cara yang berbeda atau bahkan lebih baik. Monggo!

    %d blogger menyukai ini: