Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Menambahkan Bookmarklet di Browser Windows Phone

Anom Penulis

Tahu bookmarklet? Itu lho… Seperti tombol Pin It-nya Pinterest, share to Tumblr, atau save to Pocket di browser (desktop). Biasanya bookmarklet ini berguna untuk mempermudah menyimpan atau berbagi dengan teman saat kita sedang browsing. Bagaimana kalau kita sedang browsing di ponsel Windows Phone? Berikut saya mencoba berbagi cara menambahkan bookmarklet di Windows Phone alias di Internet Explorer.

Sebenarnya Windows Phone sudah punya cara share ke sosial media atau layanan lain yang cukup baik. Tapi belum semua, sekali lagi, belum semua aplikasi mendukungnya. Apalagi di Windows Phone 8.1 yang saat ini masih preview developer.

Bookmarklet, untuk layanan yang memilikinya, menjadi trik yang lumayan sederhana. Yah, daripada kita copypaste link dan berpindah aplikasi. Lalu, bagaimana melakukannya?

Di sini saya menggunakan Pinterest sebagai contoh kasusnya.

  1. Carilah bookmarklet dari website layanan yang bersangkutan.
  2. Kalau sudah ketemu, tap+hold tombol bookmarklet tersebut (di sini Pin It bookmarklet), dan copy link-nya.
  3. Lalu tambahkan ke favorit page tersebut. Di halaman edit, ganti web address-nya. Paste link yang sebelumnya di-copy. Nama halamannya terserah. Di sini saya tulis Pinterest Bookmarklet, dan saya tambah tanda seru (!) di depan supaya link ini ada di paling atas daftar halaman favorit.
  4. Proses menambahkan bookmarklet di Windows Phone selesai.

Nah, sekarang, bagaimana menggunakannya? Yuk, kita coba.

  1. Buka halaman website yang mau kita pin di Pinterest (karena contoh kasusnya Pinterest). Lalu tap tombol more […] di application bar, dan pilih favorit.
  2. Di halaman favorit, pilih Pinterest bookmarklet yang sudah kita buat sebelumnya.
  3. Browser kemudian akan merujuk pada halaman pin untuk Pinterest. Lanjutkan proses seperti kalau kita melakukan pin di Pinterest desktop (isi caption dan pilih board).
  4. Selesai. Kita bisa cek hasilnya melalui aplikasi Pinterest Windows Phone.

Menarik kan? Seperti sudah saya sebut di atas, cara ini cukup mempermudah kita menggunakan layanan yang memanfaatkan bookmarklet. Paling tidak sampai semua aplikasi memanfaatkan fungsi share yang ada di Internet Explorer.

Jujur, cara ini bukan saya yang menemukan. Saya mendapatkan tips ini dari aplikasi Owl Reader, aplikasi pihak ketiga layanan Pocket. Jadi selain bookmarklet Pinterest, cara ini juga bekerja untuk Pocket.

Setelah ini mungkin saya akan membahas aplikasi tersebut. Bagaimana dengan Tumblr atau layanan lainnya? Giliran kalian yang mencoba. Silakan berbagi pengalaman kalian di kolom komentar.