Cara Menaruh Recycle Bin di System Tray Windows 11

Indri Penulis

Menaruh Recycle Bin ke system tray bisa memudahkan kamu pas mau mengaksesnya. Simak cara menambahkan Bin ke system tray Windows 11 berikut.

Sebagai pengguna Windows 11, kamu tentu saja nggak asing dengan yang namanya system tray. Jadi system tray adalah panel kecil yang ada di sekitar taskbar, dan fungsinya untuk menampilkan beberapa tools penting (seperti ikon baterai, Wi-Fi, audio, dll).

Dengan fungsi seperti itu, system tray akan memudahkan kamu mengakses berbagai tools secara cepat. Sayangnya tidak semua tools bisa ditambahkan ke dalam system tray Windows 11, salah satuny Recycle Bin. Padahal Recycle Bin adalah bagian yang sangat penting di Windows 11, karena ia adalah tempat menyimpan semua file yang sudah dihapus dari Windows.

Tapi tenang, walaupun sampai sekarang belum ada fitur Windows 11 untuk menambahkan Bin ke system tray, bukan berarti hal tersebut nggak bisa dilakukan.

Kali ini saya akan membagikan cara menaruh Recycle Bin ke system tray di Windows 11. Sebagai contoh kali ini saya akan menggunakan program freeware bernama TrayBin. Untuk mengetahui cara lengkapnya, kamu bisa simak langkah-langkah berikut:

  • Buka situs Softpedia di browser untuk mengunduh TrayBin.
  • Klik tombol “Download Now” untuk menyimpan arsip TrayBin ZIP ke folder.
  • Klik tombol “Softpedia Secure Download” (atau kalau nggak bisa, kamu bisa klik tombol “DOWNLOAD: External mirror 1).
  • Tentukan lokasi tempat kamu mau menyimpan TrayBin, sebagai contoh saya akan menempatkan TrayBin di folder Download yang ada di komputer.
  • Kalau proses download sudah selesai, klik kanan TrayBin ZIP dan pilih “Extract All.”
  • Klik “Show extracted files when complete” untuk memilih kotak centang (checkbox).
  • Sekarang klik “Extract” untuk mengekstrak file arsip.
  • Selanjutnya klik TrayBin di dalam folder yang diekstrak.
  • Selanjutnya klik tombol “Run.”

Selesai deh. Sekarang ikon TrayBin sudah ada di system tray. Kalau kamu mengarahkan kursor ke ikon tersebut, system tray akan menampilkan tooltip yang memberi tahu kamu tentang jumlah file yang ada di dalam Recycle Bin.

Nah kalau kamu klik ikon tersebut dua kali, sistem akan membuka prompt Delete Multiple Items.” Kamu tinggal klik “Yes” untuk menghapus semua file yang ada di Recycle Bin.

Kamu juga bisa membuka Recycle Bin dengan ikon tersebut. Caranya gimana? Gampang, klik kanan ikon Recyle Bin dan pilih opsi “Open Recycle Bin.” Setelah itu jendela Recycle Bin akan terbuka.

Oya, kamu juga bisa mengkonfigurasi Recycle Bin lewat TrayBin lho. Kamu tinggal klik kanan ikon Recycle Bin lalu pilih “Settings.” Setelah itu jendela pengaturan TrayBin akan terbuka dan menampilkan beberapa opsi tambahan.

Pengaturan yang paling menonjol dari konfigurasi ini adalah menu tarik-turun (drop-down) yang ada di “Theme.” Klik menu drop-down untuk memilih tema ikon system tray yang berbeda untuk Bin. Pokoknya sesuaikan saja dengan seleramu.

Eh satu lagi, TrayBin nggak akan bekerja secara otomatis saat Windows 11 dihidupkan. Kamu perlu mengaktifkannya secara manual. Tapi kalau mau aktif secara otomatis, kamu bisa klik opsi “Automatically start TrayBin when Windows starts.” Setelah itu klik tombol “OK” untuk menyimpan opsi yang baru dipilih.

Oya kalau TrayBin-mu nggak mau nampil di samping ikon WiFi, baterai, dan audio, biasanya ikon tersebut nyempil di daftar ikon tersembunyi (lihat gambar di bawah ini).

Untuk menampilkan ikon TrayBin di samping WiFi dan lainnya, kamu bisa klik kanan menu “Start > Settings > Personalization > Taskbar.” Setelah itu, aktifkan toggleTrayBin” seperti gambar di bawah ini. Setelah itu ikon TrayBin tidak akan sembunyi seperti sebelumnya.

Gimana? Gampang banget kan? Sebenarnya kalau mau mengakses Bin secara cepat, kamu nggak harus menaruhnya ke system tray. Kamu juga bisa menambahkan Bin ke taskbar Windows 11 (untuk mengetahui seperti apa caranya, kamu bisa klik di sini).

    %d blogger menyukai ini: