Mencari Judul Lagu dari Aplikasi Lain dengan Shazam

Shazam kini punya fitur untuk bisa mengidentifikasi suara yang ada di smartphone atau dari aplikasi lain. Bahkan saat kamu memakai headphone dan tidak menggunakan speaker ponsel.

Terkadang saat menonton film, kita sering mendengar backsong yang bagus. Karena penasaran, akhirnya kita tertarik untuk mencari judul lagu itu.

Namun mencari judul lagu secara manual tentu sangat sulit. Apalagi jika lagu tersebut pertama kali kita dengar.

Tapi jangan khawatir, kini aplikasi Shazam sudah bisa membantumu.

Sumber Gambar : The Next Web

Shazam adalah aplikasi untuk mengidentifikasi judul lagu. Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengetahui judul lagu dengan mudah. Tinggal tekan tombol, dan Shazam akan mendengarkan suara, lalu mencarinya.

Awalnya, Shazam hanya mengidentifikasi lagu berdasarkan suara dari luar ponsel atau suara yang keluar dari speaker ponsel. Tapi kini Shazam dapat mencari tahu judul dari lagu yang diputar oleh aplikasi lain di handphone.

Buat kalian yang penasaran dengan cara menggunakan Shazam, simak tutorial berikut ini:

Cara Mencari Judul Lagu di Shazam dari Aplikasi Lain

Mencari judul lagu kini semakin mudah. Sebab Shazam sudah mampu mengidentifikasi judul lagu dari aplikasi lain. Artinya, kamu tetap bisa mencari judul lagu bahkan saat kamu menggunakan headphone.

Jadi, sekarang fitur pencarian judul lagu Shazam berfungsi untuk semua aplikasi di smartphone. Jika Shazam terpasang di smartphone, dia bisa mendengar musik apapun yang diputar aplikasi lain.

Identifikasi judul lagu dari aplikasi lain

Supaya Shazam selalu berfungsi, maka kalian perlu ke menu Settings. Kemudian aktifkan fitur Pop Up di dalam menu Settings tersebut (kamu juga perlu memberi ijin aplikasi tampil di atas aplikasi lain di Setelan Android). Nanti akan muncul floating button Shazam di layar.

Saat kamu mendengar lagu bagus di sebuah aplikasi (misalnya backsong di trailler film atau iklan), tinggal tekan tombol itu, dan Shazam akan menemukan judul lagunya.

Hasil pencarian itu pun akan tersimpan di aplikasi. Jadi bisa kamu temukan lagi nanti. Enak kan?

Sayangnya fitur ini hanya ada di aplikasi Android. Meskipun Shazam telah diakuisisi Apple, tapi fitur ini tidak hadir di iOS.

Apakah Shazam Adalah Aplikasi Pencari Judul Lagu Terbaik?

Sebenarnya fitur ini tidak terlalu berguna bagi pengguna aplikasi Spotify atau aplikasi streaming musik. Karena toh judul pasti sudah tercantum. Tapi jika mendengar lagu di iklan podcast, maka Pop Up Shazam akan berfungsi baik.

Shazam bukan satu-satunya aplikasi yang mampu mengidentifikasi lagu dengan headphone. Ada aplikasi seperti SoundHound dan Musixmatch yang bisa dicoba.

Download

Download

More Stories
4 Smartphone ASUS Terbaru di Tahun 2019 dengan Kamera Terbaik