Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mencoba Hyperlapse Mobile

Anom Penulis

Beberapa hari lalu, Microsoft merilis aplikasi Hyperlapse. Aplikasi untuk membuat video timelapse, dan tersedia untuk ponsel dan komputer. Tergelitik, saya pun mencoba Hyperlapse Mobile, aplikasinya di Windows Phone.

Hyperlapse ditujukan untuk membuat video dari sudut pandang orang pertama (first person), atau dari arah pandangan pelaku. Walaupun mungkin bisa juga untuk cara pengambilan lain, Hyperlapse sangat oke untuk sudut pengambilan yang disebut diatas. Terutama kalau yang mengambil gambar melakukan aksi atau gerakan yang dinamis. Oleh sebab itu, Microsoft memberikan contoh penggunaannya untuk penggemar olahraga ekstrim.

Saya bukan pelaku olahraga ekstrim. Jadi mungkin apa yang saya rekam tidak menarik. Di samping hal itu, merekam video timelapse dengan Hyperlapse lebih mudah dari yang saya kira. Hasilnya pun lebih bagus dari yang saya duga.

Mohon maaf sebelumnya, karena saat merekam, saya tidak sempat membuat screeshot tampilan. Jadi, karena itu saya akan menggunakan contoh dari Microsoft.

Tampilan aplikasi Hyperlapse Mobile sangat sederhana. Di sebelah kiri, ada tombol untuk mengganti kamera dan flash. Sementara di sebelah kanan, ada tombol rekam, tombol impor, dan tombol ‘…’ (berisi pilihan impor, about, dan help).

Saat merekam, akan ada keterangan waktu di bagian bawah layar. Ada durasi waktu sebenarnya, dan durasi time lapse dalam percepatan 4x.

Setelah selesai merekam, kita bisa mengatur ulang percepatan yang kita inginkan untuk video tersebut. Percepatan ini bisa dipilih dari 1x sampai 32x. Swipe saja slide di bagian bawah layar ke percepatan yang diinginkan. Pada screenshot (yang akhirnya) saya ambil di bawah, saya sempat mencoba percepatan 16x sebelum akhirnya memutuskan menyimpan video di 8x.

Baca Juga:  20 Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone untuk Pemula

Hasilnya adalah sebuah klip time lapse perjalanan yang lumayan keren (paling tidak menurut saya 😀 ). Di bagian akhir video, ada kredit bahwa klip ini dibuat dengan aplikasi Hyperlapse Mobile.

Hm, karena masih kurang puas, saya mencoba mengedit sedikit video ini dengan Movie Creator Beta. Mencoba memberi judul, menambah filter, dan menambah lagu pengiring. Lagunya saya ambil dari koleksi saya, yang sempat saya beli di MixRadio sebelum layanan itu dibeli oleh Line dan menghentikan layanan in app purchase-nya.

Yah, saya hanya ingin merasakan bagaimana berkreasi dengan ponsel Lumia. Sebenarnya, kalau mau lebih niat lagi, dengan menggabungkan penggunaan berbagai aplikasi, kita memang bisa membuat tayangan yang menarik hanya berbekal ponsel saja.

Omong-omong–ahem–ini dia hasilnya… (ukuran video saya kecilkan ke 360p).

Download: Hyperlapse MobileGratis