Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mencoba Netflix Indonesia di Windows 10

Netflix Indonesia

Kemarin, Netflix Indonesia resmi rilis. Netflix membuka layanan mereka lebih di seratus negara. Artinya kita bisa mengakses layanan Netflix tanpa harus menggunakan VPN (meskipun ada beberapa koleksi film yang membutuhkan VPN untuk bisa di tonton). Nah kemarin kebetulan saya mencoba mendaftar layanan ini dan mencobanya di peranti Windows 10. Inilah ulasannya.

popculture.id

Daftar

Untuk mendaftar layanan Netflix Indonesia, pembayaran masih menggunakan kartu kredit, ga bisa transfer antar rekening, apalagi potong pulsa. Mungkin nanti kalau berlangganan bisa potong pulsa langsung dari Windows Store sepertinya menarik.

Saat mendaftar, kita cukup memasukkan informasi kartu kredit, seperti transaksi online pada umumnya. Kemudian kita akan diberi tiga pilihan paket berlangganan. Mulai dari Rp 109.000 hingga Rp 169.000 per bulan. Yang membedakan adalah kualitas gambar dan jumlah screens.

paket netflix

Jadi kalau mau langganan, pilih paket yang mana? Jika kalian hanya digunakan untuk diri sendiri dan tidak memiliki kecepatan internet cepat, paket yang paling murah sudah cukup.

Kita dapat satu bulan gratis setelah sukses mendaftar. Jika tidak puas, cukup batalkan saja paket langganannya.

Pengalaman menggunakan Netflix Indonesia

Setelah selesai mendaftar, saatnya mencoba layanannya. Pada dasarnya, Netflix adalah ‘gudang’ film yang bisa kita tonton sepuasnya. Tentu saja setelah kita mendaftar. Netflix memiliki aplikasi universal di Windows 10, jadi saya coba install aplikasi ini di ponsel dan laptop. Oh ya, sayangnya, kita harus mengubah region kita terlebih dahulu ke US agar bisa menginstall aplikasi ini.

Penggunaan aplikasi ini, baik versi desktop atau mobile cukup mudah, saat pertama kali masuk, kita akan diminta memilih film-film kesukaan. Ini digunakan untuk menampilkan rekomendasi koleksi film dari Netflix agar sesuai dengan selera penggunanya. Pendekatan yang sama dilakukan oleh MixRadio.

Setelah selesai, kalian akan diperlihatkan koleksi film Netflix di layar aplikasi. Kalian bisa memilih film yang kalian suka dan langsung memutarnya. Jika tidak ada, kalian bisa mencarinya menggunakan fitur pencarian atau dengan memilih film berdasarkan kategori.

Oh ya, yang menarik dari aplikasi Netflix adalah adanya sinkronisasi, jadi ketika kita melihat film tersebut di desktop dan kemudian harus pergi, kita bisa melanjutkannya di ponsel. Kekurangan dari layanan Netflix adalah tidak adanya subtitle untuk bahasa Indonesia ataupun fitur untuk memasukkan subtitle ke dalam aplikasi.

Update: setelah mencoba beberapa film, saya menemukan film yang memiliki subtitle berbahasa Indonesia (Halo 4: Forward Unto Dawn). Jadi kesimpulannya, ketersediaan subtitle bergantung pada judul filmnya.

Netflix juga menyediakan fitur profile, dimana fitur ini bisa kita buat sesuai dengan profil kita masing-masing. Ini berguna untuk yang memiliki satu akun dan digunakan rame-rame. Bagusnya, mereka juga memiliki fitur parent control, agar saat dibuka anak-anak, jenis film yang keluar khusus untuk anak.

Meskipun koleksi film Netflix cukup banyak, namun ada beberapa film yang tidak ada atau bahkan terlalu lama jarak tayangnya. Misal serial TV Arrow yang di Netflix baru sampai season 3. Serial The Flash juga tidak saya temukan di dalam koleksi Netflix Indonesia.

Kesimpulan

Ada beberapa kesimpulan dalam ulasan kali ini. Pertama, Apple, Android, Deezer dan kali ini Netflix sudah bisa diakses oleh pengguna Indonesia. Kapan Microsoft berani membuka layanan Xbox Movie mereka di Indonesia?

Kedua, apakah pantas harga paket berlangganan yang ditawarkan oleh Netflix? jawabannya ‘Iya!’ dengan harga 100 ribuan, kita bisa dengan mudah menonton film kapanpun kita mau. Bagi orang sibuk yang hanya punya sedikit waktu luang setiap minggunya dan suka film, rasanya layanan ini cocok digunakan.

Namun, buat kalian yang masih berkiblat pada torrent, tidak punya koneski internet yang memadai dan kesulitan berbahasa Inggris, Netflix bukanlah pilihan tepat.

[button style=”btn-default btn-lg” icon=”glyphicon glyphicon-download-alt” align=”left” iconcolor=”#ffffff” type=”link” target=”true” title=”Download Netflix – Gratis” link=”https://www.microsoft.com/en-us/store/apps/netflix/9wzdncrfj3tj” linkrel=””]

    %d blogger menyukai ini: