Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Jangan Dibanting! Begini 5 Cara Jitu Mengatasi HP Android Restart Sendiri

Indri Penulis

Kesal gara-gara HP Android tiba-tiba restart sendiri? Jangan dibanting! Coba cara jitu mengatasi HP Android yang restart sendiri berikut ini yuk!

Lagi asyik-asyiknya main HP, kok HP-nya tiba-tiba restart sendiri sih. Bikin kesel aja!

Sering atau pernah mengalami kejadian seperti itu? Wah, pasti jengkelnya setengah mati deh. Apalagi kalau HP tiba-tiba restart pas kamu lagi main game atau streaming film favorit.

Tapi tenang, kali ini saya bakal mengupas secara lengkap penyebab dan cara mengatasi HP Android yang restart sendiri. Jadi pastikan kamu baca artikel ini sampai tuntas ya.

Penyebab HP Restart Sendiri

  • Sistem Bug/Crash: Adanya kerusakan sistem baik karena gagal update, gara-gara menginstal aplikasi tertentu, atau kegagalan sistem karena hal yang nggak diketahui.
  • Pemakaian Aplikasi Buruk: Pemakaian aplikasi berkualitas buruk juga bisa menyebabkan masalah. Coba ingat-ingat, akhir-akhir ini kamu habis download aplikasi apa (biasanya aplikasi abal-abal, atau aplikasi berisi malware). Kalau HP-mu error setelah kamu menginstal aplikasi tersebut, mending segera uninstall aplikasi tersebut.
  • Aplikasi Sistem Dinonaktifkan: Menonaktifkan aplikasi sistem (dalam rangka menghemat kapasitas memori) adalah kesalahan cukup fatal, pasalnya aplikasi ini diperlukan untuk menjalankan sistem operasi. Hal ini bisa menyebabkan HP error dan reboot sendiri.
  • RAM/Memori Internal Penuh: Biasanya bagian ini hampir penuh karena berisi tumpukan file sampah, media (foto/video/audio), aplikasi, dll.
  • HP Terlalu Panas: Bisa disebabkan karena penggunaan GPS, layar diatur ke pengaturan yang paling terang, mengoperasikan aplikasi berat, memainkan game berat, dll.

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Nah setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saya akan kasih tahu cara mengatasi HP yang reboot sendiri.

Oya, sebagai contoh, kali ini saya bikin tutorial menggunakan HP Samsung Galaxy A51. Kalau kamu pakai HP merk lain, mungkin akan ada sedikit perbedaan nama atau lokasi menu yang saya maksud. Tapi nggak apa-apa, paling perbedaannya tipis kok.

(klik gambar buat lihat yang versi gede)

1. Pastikan OS Android Up to Date

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan kalau OS Android-mu sudah update ke versi terbaru. Dengan begitu HP-mu akan tetap berjalan dengan baik.

Biasanya update OS Android akan memperkenalkan fitur baru dan melindungi HP-mu dari ancaman keamanan terbaru. Jadi saat HP-mu tiba-tiba restart sendiri, mungkin karena OS Android-mu belum update.

Bagaimana cara cek update Android di HP? Mudah. Kamu bisa buka aplikasi Pengaturan, scroll layar ke bawah, klik “Tentang Ponsel > Update perangkat lunak.” Nah di situ kamu bisa memeriksa pembaruan, melihat riwayat pembaruan HP-mu, dll.

2. Periksa Penyimpanan dan Kosongkan Ruang Jika Perlu

Tahu nggak, ternyata salah satu penyebab HP tiba-tiba restart sendiri adalah memori penyimpanan penuh. Entah penuh karena tumpukan file sampah, media (foto/video/audio), aplikasi, dll.

Setidaknya kamu bisa menghapus file-file yang tidak perlu serta data cache. Hal tersebut akan membuat HP-mu bisa berfungsi dengan baik.

Untuk mengetahui sisa kapasitas dan menghapus data nggak penting, cara yang dilakukan berbeda tergantung merk HP. Kalau kamu pakai HP Samsung, kamu bisa pakai cara ini.

Buka aplikasi Pengaturan. Setelah itu klik menu “Perawatan perangkat dan baterai > Penyimpanan.” Nah, di sana kamu bisa melihat ruang yang tersedia serta rincian dari setiap kategori seperti aplikasi, gambar, video, audio, unduhan, dll.

3. Lepaskan Kasing (Jika Menggunakan)

Apakah kamu menggunakan aksesori HP pihak ketiga seperti kasing? Kalau iya, mungkin ada bagian kasingmu yang menutupi tombol Power di HP. Saat tombol Power tertekan terus menerus, hal tersebut bisa menyebabkan HP restart sendiri. Untuk mengatasinya, kamu bisa melepas kasing atau menggantinya dengan yang lain.

4. Periksa Bagian Perawatan Perangkat

Beberapa perangkat Android biasanya dibekali opsi Auto-restart. Saat opsi tersebut diaktifkan, HP Android akan otomatis restart jika dalam kondisi tertentu (seperti panas berlebih, dll).

Untuk memeriksa apakah opsi Auto-restart diaktifkan atau tidak, kamu bisa buka aplikasi Pengaturan. Setelah itu ketuk menu “Perawatan perangkat dan baterai.” Setelah itu klik ikon titik tiga di sudut kanan atas layar dan pilih “Otomatisasi.”

Sekarang lihatlah bagian “Mulai lagi otomatis pada waktu yang ditentukan,” apakah dia aktif atau tidak. Kalau dalam keadaan aktif, nonaktifkan opsi tersebut dengan klik toggle di sampingnya.

5. Pilihan Terakhir: Setel HP ke Versi Pabrik

Perlu diperhatikan, ini adalah opsi terakhir yang bisa kamu lakukan kalau semua cara di atas nggak mempan sama HP-mu. Pasalnya proses ini akan menghapus semua aplikasi dan data Android-mu. Maka dari itu sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah backup semua data perangkat tersebut dulu.

Untuk menyetel HP ke versi pabrik, kamu bisa buka aplikasi Pengaturan. Setelah itu klik menu “Tentang Ponsel > Reset.”