Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengatur Lagu Favorit jadi Ringtone Alarm di Windows 10 Mobile

Anom Penulis

Windows 10 Mobile membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah mengatur nada dering atau ringtone alarm. Sampai Windows Phone 8.1, pilihan nada dering alarm hanya terbatas pada musik bawaan Windows Phone atau Nokia. Kini, kita bisa mengatur lagu favorit kita sebagai ringtone alarm.

Hal yang cukup penting dalam hal ini adalah Microsoft menggabungkan fungsi jam dan alarm dalam satu aplikasi.

Di dalamnya juga terdapat fitur alarm, world clock, timer, dan stopwatch. Sebelum ini kami pernah membahas bagaimana pin jam dari berbagai wilayah waktu di start screen. Sesuatu yang berguna bagi mereka yang sering bepergian keluar daerah dan keluar negeri.

Begitulah, sisi pengaturan personal memiliki porsi lebih di Windows 10 Mobile dibanding Windows Phone 8.1.

Kembali ke masalah mengatur ringtone alarm, sebenarnya caranya mirip dengan mengganti ringtone secara umum. Hanya sedikit berbeda tempat dan langkah saja. Berikut caranya.

  1. Buka aplikasi Alarm & Clock
  2. Buat alarm baru kalau belum ada (dari application bar). Kalau sudah ada, pilih alarm yang mau diganti nada deringnya.
  3. Pilih Suara (Sound). Sudah ada lagu standar yang otomatis terpilih di sana. Kalau kita tap di sana, akan muncul context menu atau drop down menu.
  4. Untuk memilih lagu kesukaan kita, pilih sumber ringtone dari koleksi kita (my music). Kalau kita sudah pernah memilih sebelumnya, lagu tersebut akan tercantum di context menu.
  5. Kita akan dibawa ke aplikasi File Explorer. Pilih folder tempat kamu menyimpan koleksi musik.
  6. Pilih lagu kesukaan yang akan dijadikan ringtone alarm.

Ini memang tips yang cukup sederhana. Namun kadang yang sederhana seperti ini sering terlewatkan.

Lagipula, seringkali hal sederhana seperti ini tidak disebutkan dalam catatan perubahan, baik saat update Windows 10 Mobile Insider preview maupun update aplikasi.

Selamat bangun pagi!