Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Mengatur Ukuran Ikon Finder macOS

Anom Penulis

Kamu baru pertama kali menggunakan macOS dan bingung bagaimana cara mengatur ukuran ikon Finder? Wajar. Karena memang ada beberapa hal yang berbeda dengan File Explorer di Windows.

Ya. Finder merupakan aplikasi tempat kamu mengatur berbagai berkas (file dan folder) di komputer Mac. Jika kamu bandingkan dengan File Explorer di Windows, kamu mungkin menemukan kalau Finder tampak lebih sederhana.

popculture.id

Selain tampilan yang keren dan sederhana, kamu bisa dengan mudah mengatur berbagai bentuk tampilan file dan folder di Finder. Baik dalam bentuk ikon, daftar, kolom, dll.

Bahkan kamu juga bisa menemukan daftar aplikasi lebih mudah. Termasuk jika kamu mau menghapus aplikasi dari komputer Mac milikmu.

tampilan finder macOs Monterey

Tapi karena perbedaan itu, mungkin yang baru pertama kali memakai macOS bingung dengan mengatur ukuran tampilan file dan folder di Finder. Yah, siapa tahu tampilannya terlalu kecil atau terlalu besar menurutmu.

Mengatur ukuran ikon file dan folder Finder

  1. Klik kanan (tap 2 jari di trackpad) pada bidang kosong di Finder.
  2. Tekan pilihan ‘Show view options‘ dari context menu (menu yang muncul).
  3. Geser tuas pada ‘Icon size‘ dari menu setelan yang muncul.
  4. Kamu juga bisa mengatur jarak antar ikon dengan menggeser tuas ‘Grid spacing.’

Sekarang kamu sudah mengubah ukuran ikon di jendela Finder yang bersangkutan.

Nah, mungkin ketika kamu membuka folder yang lain, kamu menemukan kalau ukuran ikon di sana berbeda dengan yang sudah kamu atur sebelumnya. Bingung?

Yah, macOS mengijinkan pengguna mengatur tampilan tiap folder secara spesifik di Finder. Hal ini menjadi perilaku dasar. Tapi kamu juga bisa mengatur ukuran ikon secara keseluruhan di semua folder Finder.

Ini yang perlu kamu lakukan. Setelah mengatur ukuran ikon dan jarak, klik tombol ‘Use as Defaults‘ yang ada di bagian bawah. Maka semua ukuran ikon file di Finder akan menjadi sama.

atur ukuran ikon untuk semua file

Itulah cara mengatur ukuran dan jarak ikon file dan folder di Finder macOS. Langkahnya cukup mudah kan? Silakan coba berbagai setelan yang ada, sampai kamu menemukan tampilan yang ideal.

Selamat mencoba.💪

    %d blogger menyukai ini: