Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Mengelola Notifikasi YouTube Biar Nggak Mengganggu

Indri Penulis

Suka keganggu sama notifikasi YouTube yang kebanyakan? Cobain cara mengelola notifikasi YouTube yang saya bagikan berikut ini deh.

YouTube biasanya mengirimkan notifikasi soal video baru, informasi terbaru dari channel yang kamu ikuti, atau rekomendasi video yang mungkin kamu minati.

popculture.id

Logikanya semakin banyak channel yang kamu subscribe, maka akan semakin banyak pula notifikasi YouTube yang akan muncul di ponselmu. Nah masalahnya kalau kebanyakan notifikasi, hal ini bisa mengganggu kenyamanan pemakaian ponsel. Ya kan?

Tapi tenang saja. YouTube sebenarnya sudah menyajikan cara agar kamu bisa mengatur notifikasi mana yang ingin ditampilkan. Untuk mengaturnya, kamu bisa coba cara mengelola notifikasi YouTube biar nggak mengganggu berikut ini.

Mengelola Notifikasi YouTube (Desktop)

Sebenarnya mengatur notifikasi YouTube itu mudah, baik kamu pakai browser atau aplikasi seluler. Untuk mengelolanya di komputer, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka YouTube.com dan masuk ke akunmu jika perlu.
  • Klik ikon “Profil” di sudut kanan atas layar.
  • Selanjutnya klik “Setelan” dan pilih “Notifikasi” yang terletak di menu sebelah kiri.
  • Pengaturan notifikasi dibagi menjadi dua yakni umum dan Email.
  • Telusuri daftar dan aktifkan setiap jenis notifikasi yang ingin kamu terima.

Kalau kamu benar-benar ingin meminimalisir notifikasi yang masuk, kamu bisa mengaktifkan kategori penting seperti “Subscripton.” Sedangkan kalau kamu nggak punya channel YouTube atau channel tersebut sudah tidak aktif, kamu bisa menonaktifkan kategori yang terkait dengannya seperti “Aktivitas di channel saya” di bagian Preferensi Anda.

Mengelola Notifikasi YouTube (Seluler)

Nggak jauh beda dengan versi komputer, kamu juga bisa mengatur notifikasi YouTube lewat ponsel lho. Sepert ini langkah-langkahnya:

  • Aktifkan notifikasi YouTube di setelah ponselmu (kalau kamu belum melakukannya).
  • Kalau sudah, buka aplikasi YouTube.
  • Klik ikon “Profil” di sudut kanan atas layar.
  • Klik “Setelan > Notifikasi.”

Opsi pertama, “Ringkasan Terjadwal” memungkinkan kamu menyesuaikan notifikasi untuk menerimanya di waktu ternyamanmu seperti saat malam hari.

Tapi kalau kamu ingin mengelola notifikasi berdasarkan kategori, kamu bisa turun ke daftar dan klik setiap jenis notifikasi yang kamu inginkan. Oya, kategori penting lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah “Nonaktifkan suara dan geratan” untuk menghindari aplikasi mengganggumu di siang hari. Klik kategori ini di bagian bawah layar untuk mengatur waktu ketika kamu ingin membungkam notifikasi.

Oke, itu tadi cara mengelola notifikasi di YouTube biar nggak mengganggu ketenangan hidupmu. Gimana, gampang banget bukan? Kalau begitu selamat mencoba ya!

    %d blogger menyukai ini: