Mengenal Beberapa Jenis Memory Card Pada Kamera Digital

Ketika kalian untuk pertama kalinya memiliki sebuah kamera digital sepertiDSLR, pastinya masih banyak hal termasuk bagian kamera yang belum kalian ketahui, salah satunya adalah perlengkapan vital atau wajibnya yaitu memory card.

Apa itu memory card? Memory card adalah sebuah alat atau perangkat yang berfungsi untuk menampung data digital, dalam hal ini berarti gambar atau foto dan video.

Jadi jika kalian mempunya kamera DSLR tapi tidak ada memory nya, foto hasil jepretan tersebut tidak akan tersimpan. Biasanya muncul keterangan dalam bahasa inggris “insert memory card

Memory card merupakan sesuatu yang sangat vital pada sebuah kamera digital apapun itu jenis dan mereknya. Memory card sendiri memiliki berbagai jenis dan bentuk yang berbeda dari yang bentuknya kecil sampai yang bentuknya cukup besar.

Dan berikut ini kita akan membahas seputar jenis memory card yang digunakan pada kamera.

SD

Sumber Gambar : amazon.co.uk

SD atau secure digital merupakan jenis memory card yang paling umum dan sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat. Memory ini kompatibel dengan hampir semua jenis kamera digital.

SDHC

Sumber Gambar : officeworks.com.au

Secure Digital High Capacity ini sebenarnya memiliki bentuk yang sama persis dengan SD, namun yang membedakan adalah kapasitas penyimpanannya yang mencapai 32 GB.

Jenis memory ini yang paling sering dan cocok digunakan untuk kamera digital keluaran baru. Namun mungkin tidak cocok digunakan pada kamera digital model lama.

SDXC

Sumber Gambar : bhphotovideo.com

Secure Digital Xtra Capacity hampir sama juga dengan SDHC dimana yang membedakan keduanya terletak pada kapasitas.

Kartu memory jenis ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi dalam memproses data.

Kapasitas penyimpanan memory ini mencapai 2 TB (2000 GB). Jika memori ini digunakan dalam kamera digital, kemungkinn besar tidak support dan tidak terbaca. Hanya komputer tertentu saja yang bisa membaca format exFAT pada memory ini.

CF

Sumber Gambar : amazon.co.uk

Compact Flash, jenis memory ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar dan waktu proses data yang sangat cepat.

Pada tahun 2010, Canon memilih jenis memory ini sebagai ruang penyimpanan kamera DSLR canggihnya yang diperuntukkan bagi para fotografer profesional.

Memory ini bisa menyimpan hasil rekaman dengan kualitas HD (High Definition).

XD

Sumber Gambar : binbin.net

Berikutnya ada Xtreme Digital, memory ini meggunakan format Fujifilm dan digunakan pada beberapa kamera Fuji dan Olympus (model lama) meskipun jenis kamera terbaru mereka saat ini kompatibel dengan SD/ SDHC.

Memory Stick Duo

Sumber Gambar : gizmodo.com

Memory Stick Duo, jenis ini merupakan memory yang digunakan pada kamera Sony dan juga handphone Sony keluaran lama.

Ukuran memory ini lebih besar dari SD Card. Perlu kalian ketahui, memory ini memang dibuat dan diperuntukkan untuk produk elektronik keluaran Sony saja, jadi kalau misalnya Samsung pakai memory jenis ini tidak mungkin sesuai atau kompatibel.

MMC

Sumber Gambar : en.wikipedia.org

Multi Media Card, secara bentuk sama persis dengan SD Card,hanya saja bedanya memori ini tidak menggunakan kunci dibagian samping memory. Biasanya berwarna kuning.

Jenis memory ini bisa dikatakan sebagai memory pertama kali yang digunakan pada perangkat digital. Kapasitas penyimpanan yang rendah dan juga kecepatannya yang sangat lambat dalam mentransfer data.

Nah, itu dia pembahasan kita kali ini. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua yang masih bingung memilih jenis memory card yang sesuai untuk kamera DSLR kalian.