Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bugdroid, Robot Hijau Maskot Android

Logo dalam sebuah merek besar memang sangatlah penting, setiap brand yang sudah melambung namanya pastinya akan memiliki maskot atau logo ikonik yang menjadi ciri khas dari brand-nya.

Tak terkecuali untuk merk besar yaitu Android ini, sistem operasi dari Google ini sangat identik dengan ikon robotnya yang berwarna hijau.

popculture.id

Semua orang yang menggunakan Adroid pasti sudah tak asing lagi dengan robot hijau ini yang menjadi ciri khas dari Android.

Namun meskipun banyak orang yang sudah menggunakan sistem operasi Android, rupanya tak banyak orang yang mengenal nama dari maskot Android ini.

Salah satu sumber menyebutkan, bahwa alasan tidak dikenalnya nama dari robot tersebut karena, robot dari maskot Android ini memang tidak memiliki nama resmi.

Dari berbagai cerita yang terdengar, robot hijau maskot Android ini sempat dipanggil dengan nama Andy.

Namun sayangnya, tidak ada satupun yang tahu asal usul pemberian nama tersebut. Sebagain ada yang berpendapat bahwa nama Andy tersebut merujuk pada nama Andy Rubin sebagai kreator dari Android.

Kemudian selang beberapa waktu kemudian, pihak tim internal dari Andorid memberi nama robot hijau ini dengan Bugdroid.

Sumber Gambar : GrabCAD

Sebenarnya alasan dibalik pemberian nama Bugdroid ini juga belum jelas, namun kenyataannya nama tersebut terus dipakai hingga saat ini.

Terbentuknya logo Android yang menyerupai robot tersebut, awalnya dibuat oleh desainer Irina Blok saat bekerja di Google.

Pada awalnya logo ini dibuat untuk gambaran sebuah open source yang ditujukan untuk para komunitas pengembang.

Seperti yang kalian ketahui, Android adalah sistem operasi yang berbasis open source, jadi tak heran jika logo ini dibuat untuk menggambarkan sebuah platform yang terbuka untuk siapapun yang berminat. Selain itu siapapun juga dapat mengubah sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan desain Irina Blok yang sederhana, membuat logo ini dengan cepat dikenal publik secara luas. Bahkan melebihi sasaran awal yang hanya ditujukan untuk komunitas pengembang saja.

Dan akhirnya setelah bekerja pada Google, Irina Blok bekerja di Adobe, Apple, dan Facebook.

Setelah resmi di rilis ke publik, ikon robot hijau yang bernama Bugdroid ini dengan cepat menjadi terkenal dan viral.

Sumber Gambar : Droid Life

Banyak pihak juga yang sudah memodifikasi logo ini menjadi beragam bentuk, mulai dari menjadi ninja, bajak laut, hingga menjadi kucing.

Mengapa semua orang diperbolehkan untuk memodifikasi logo ini? karena dari pihak Google sendiri memang tidak mengklaim kepemilikan logo tersebut dan tidak melarang siapapun yang ingin memodifikasinya.

Akhirnya dengan kebebasan yang diberikan pihak Google tersebut, logo Android ini jadi lebih mudah dikenali dan muncul dalam beberapa bentuk. Mulai dari kaos hingga gantungan kunci.

Sampai saat ini pun Bugdroid masih menjadi maskot ikonik dari Android. Biasanya setiap model Android versi terbaru muncul, Google selalu menyertakan Bugdroid ini sesuai dengan nama Android tersebut.

Dan baru-baru ini Google telah merayakan 10 tahun munculnya Android, Google juga merilis sebuah game khusus dengan Bugdroid sebagai karakter utamanya.

Sampai saat ini selama 10 tahun kehadirannya, Android sudah memiliki lebih dari 2 miliar perangkat Android yang aktif disuluruh dunia .

Sumber Gambar : Newsweek

Satu hal yang paling penting adalah Android telah berkembang sangat pesat selama satu dekade terakhir yang bukan hanya untuk smartphone saja.

Bahkan sekarang kamu bisa melihat Android telah diterapkan dimanapun, di tablet, jam pintar, smart TV, lemari es, oven, hingga viertual reality (VR) headset.

    %d blogger menyukai ini: