Mengetahui 4 Manfaat dan Kekurangan Internet Bagi Manusia

Dalam era digital seperti saat ini, keberadaan internet memang sangat dibutuhkan oleh manusia. Keberadaan internet akan membantu manusia dalam segala aspek kehidupan.

Selain itu, kini manusia semakin mudah dalam mengakses internet. Hal tersebut karena jaringan internet telah tersebar dimana pun.

Di sisi lain, internet tidak hanya memberikan banyak manfaat. Namun internet juga dapat mempunyai beberapa kekurangan.

Berikut telah kami rangkum 4 kelebihan internet untuk manusia :

Sumber Gambar : World Economic Forum

Media Sosial

Saat ini telah banyak media sosial yang digunakan oleh manusia. Beberapa media sosial seperti Twitter, Facebook, Skype dan masih banyak lagi.

Media sosial akan membantu manusia, dalam bersosialisasi dengan banyak orang baik yang dikenal atau tidak.

Keberadaan media sosial juga dapat memudahkan komunikasi jarak jauh. Selain itu, manusia dapat menggunakannya untuk bertukar pengalaman, informasi dan sebagainya.

Hiburan

Teknologi internet dan new media, akan dapat memberi banyak kemudahan bagi penggunanya dalam menikmati hiburan.

Salah satu hiburan yang paling populer adalah game online. Dengan game online, user dapat bermain game secara universal dengan pemain lain di seluruh dunia.

Selain itu, internet sebagai hiburan dapat menghilangkan kejenuhan pengguna. Internet juga bisa mengasah kemampuan strategi dan berpikir.

Edukasi

Saat ini ada banyak pendidikan yang bisa diperoleh dari internet. Berbagai situs seperti Wikipedia.com, dan lain sebagainya akan menyajikan banyak informasi bagi pengguna.

Internet dapat menambah wawasan pengguna. Selain itu internet juga akan memudahkan siapa saja yang ingin berlajar via online.

Informasi

Internet tidak hanya menampilkan 1 atau 2 penyedia layanan informasi. Namun penyedia layanan informasi di internet sangat banyak.

Beberapa layanan informasi yang dapat ditemukan di internet seperti kompas.com, yahoo.com, viva news, dan lain sebagainya.

Dengan internet, pengguna dapat dengan cepat menerima informasi terbaru, tanpa harus menunggu berita di televisi.

Selain mendatangkan beberapa manfaat bagi manusia, tidak dapat dipungkiri jika internet mempunyai beberapa kekurangan. Berikut 4 kekurangan internet yang ada di Indonesia:

Ketergantungan Pada Jaringan Telepon dan Internet Service Provider (ISP)

Fasilitas dalam jaringan telepon akan sangat berpengaruh pada biaya pemakaian internet. Sayangnya biaya penggunaan internet di Indonesia relatif mahal.

Selain itu, saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat. Hal tersebut disebabkan karena banyak pengguna, yang mengakses internet dalam waktu bersamaan. Itulah yang dapat memperparah akses internet yang lambat.

[irp posts=”53397″ name=”Beberapa Hal Seram yang Dilakukan Orang Kesepian di Internet”]

Virus

Salah satu masalah yang kerap muncul ketika seseorang mengakses internet adalah virus. Komputer sangat rentang terkena virus dari internet.

Hal ini disebabkan karena virus sangat mudah menyebar melalui jaringan internet. Virus dapat menyebar melalui email maupun file yang diunduh.

Banyak Informasi Palsu (Hoax) yang Menyebar

Setidaknya ada milyaran informasi yang tersebar di dunia maya. Namun sebagai pengguna internet, sebaiknya kalian bisa bijak dalam memilah informasi.

Bacalah informasi yang berasal dari sumber terpercaya. Jangan ragu untuk mengklarifikasi informasi ke situs lainnya, karena bisa saja informasi yang kalian anggap benar sebenarnya adalah hoax.

Privasi Mudah Diretas

Mungkin beberapa dari kalian masih ingat dengan kasus yang dialami beberapa artis tahun lalu. Tidak sedikit privasi artis yang akhirnya terekspos ke dunia maya.

Privasi yang seharusnya menjadi milik pribadi itu, justru menjalar ke publik. Hal tersebut tentunya merugikan semua pihak.

Pengawasan Hukum yang Masih Lemah

Pengguna internet kerap salah mengartikan kebebasan browsing. Tidak jarang pengguna memanfaatkan internet untuk kepentingan negatif.

Selain itu, kebijakan atas nama perlindungan karya, saat ini masih sering terjadi. Hal ini disebabkan oleh lemahnya pengawasan hukum terdapat kegiatan di internet.

More Stories
Aplikasi Foursquare Windows Phone