Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mengetahui Cara Kerja Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawat

Kecelakaan yang terjadi pada pesawat memang tidak bisa dihindari. Hampir semua mayoritas kecelakaan yang terjadi pada pesawat sangatlah fatal, bahkan tak jarang kerusakan yang terjadi hampir tak menyisakan bagian yang utuh lagi

Bukan hanya itu saja, semua penumpang yang berada di dalam pesawat juga ikut menjadi korban hancurnya sebuah pesawat.

popculture.id

Apalagi jika kecelakaan pesawat terjadi di laut seperti kecelakaan yang baru-baru ini terjadi, maka kemungkinan besar seluruh bagian-bagian dan korbannya pun ikut tenggelam dan kemungkinan tidak pernah bisa diambil lagi.

Hal ini tentu akan mempersulit proses investigasi dari kecelakan pesawat tersebut. Saat terjadi kecelakaan tersebut dan semua korban telah tewas, lalu siapa yang bisa dimintai keterangan akan kejadian itu?

Kecelakan pesawat tentu sudah diperhitungkan jauh-jauh hari sebelum membuat pesawat, maka para ilmuwan sudah mnciptakan sebuah teknologi yang benama black box.

Black box ini dapat merekam seluruh kegiatan yang ada di dalam pesawat, data-datanya pun tampil dalam bentuk suara-suara selama pesawat diberangkatkan.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai black box, dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara kerja black box.

Terdapat dua tipe black box di dalam pesawat

Sumber Gambar : herukun.com

Di dalam pesawat ternyata terdapat dua black box, yang pertama adalah flight data recorder (FDR) dan yang kedua adalah cockpit voice recorder ( CVR).

FDR ini berfungsi untuk merekam semua suara yang berhubungan dengan penerbangan. FDR digunakan untuk merekam waktu, ketinggian, kecepatan, arah dan kondisi pesawat.

Status yang terekam dalam FDR ini mampu memberikan informasi hingga 1.000 karakteristik pesawat, sehingga akan dapat membantu saat investigasi.

Dan untuk CVR –nya sendiri terletak pada kokpit, yaitu tepatnya di flight data acquistion unit (FDAU).

Umumnya CVR ini berada di tengah-tengah panel antara dua pilot dan dibawah kokpit. CVR ini dapat merekam suara mesin, peringatan, suara pembicar pilot, dan berbagai bunyi klik lainya.

Dengan adanya black box ini, semua parameter seperti kecelakaan pesawat, kegagalan sistem hingga waktu dapat ditemukan.

Microphones yang berjumlah empat di kokpit

Sumber Gambar : BBM News Messaging

Salah satu perangkat black box juga terdapat microphones, microphone inilah yang berfungsi sebagai penyalur data untuk CRV.

Microphone ini akan menyalurkan data suara yang terekam terlebih dahulu ke associated control unit yang menyediakan audio teraplifikasi ke CVR.

Empat micrhophone ini digunakan sebagai headset pilot, co-pilot, anggota ketiga ( jika ada) dan yang terakhir di dekat tengah-tangah kokpit.

Kebanyakan CVR merekam suara 30 menit terakhir

Sumber Gambar : BBM News Messaging

Pada CVR ini biasanya merekam suara saat 30 menit terakhir, mereka menggunakan sistem looping dimana tape tersebut akan terus terulang dan mampu merekam hal yang baru dan mampu menghapus yang lama setiap 30 menit sekali.

Sistem kerjanya pun seperti ini, material baru direkam dan material lama dihapus, dan untuk yang menggunakan material solid-state, CVR ini dapat merekam hingga dua jam.

FDR yang terikat dengan kabel sensor

Sumber Gambar : kabarpenumpang.com

Karena kedua black box ini di desain khusus untuk permasahalah operasional, maka FDR dibuat dengan langsung tersambung pada kabel-kabel sensor yang terletak di berbagai area.

Dan dari sinilah FDR dapat merekam seluruh keadaan yang ada di dalam pesawat.

    %d blogger menyukai ini: