Cara Mengganti Aplikasi Email Default di Mac

mengganti aplikasi email default mac

Aplikasi email default Mac mungkin sudah mencukupi untuk sebagian besar orang. Sebagian lainnya mungkin memilih membuka email di browser. Namun ada juga yang ingin mengganti aplikasi email default Mac dengan aplikasi favoritnya.

Menentukan aplikasi email default berfungsi agar semua kegiatan yang berhubungan dengan email di komputer akan membuka aplikasi tersebut. Sebagai contoh, klik alamat email di browser. Dengan begitu, kita tidak perlu membuka browser, menuju ke situs layanan email, dan membuat berkas email baru.

Yang agak lucu, mengatur aplikasi email default di Mac tidak dilakukan di System Preference. Hal ini mungkin sedikit membingungkan pengguna Mac pemula. Pengaturan tersebut dilakukan melalui aplikasi Mail yang menjadi aplikasi bawaan Mac.


Baca juga: Review Aplikasi Email Spark untuk Mac


Langkah mengganti aplikasi email default Mac

Untuk menggantinya, inilah yang harus kamu lakukan.

  1. Buka aplikasi Mail.
  2. Pilih Preference dari menu Mail.
  3. Pilih tab General.
  4. Klik dropdown menu di pilihan Default Email Reader.
  5. Pilih aplikasi email favoritmu.

mengatur aplikasi email default mac

Tidak bisa mengganti aplikasi email default Mac

Mungkin kamu sudah melakukan hal di atas, namun tetap tidak bisa mengganti aplikasi email default Mac. Apa yang terjadi?

Tindakan mengganti aplikasi email default akan disimpan oleh LaunchServices. Namun, database yang disimpan itu bisa terganggu atau rusak. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan reset database LaunchServices melalui Terminal.

Copy dan paste perintah di bawah ini di Terminal. Jangan lupa backup data terlebih dahulu.

/System/Library/Frameworks/CoreServices.framework/Versions/A/Frameworks/LaunchServices.framework/Versions/A/Support/lsregister -kill -seed

Setelah itu mungkin kamu perlu logout atau restart Mac untuk melihat perubahannya. Sistem operasi akan mempelajari ulang pilihan aplikasi non-default yang sebelumnya sudah kamu tentukan. Tapi paling tidak, sekarang kamu bisa menentukan aplikasi default dengan lebih baik.


Baca juga: Membuat Signature Email Outlook 2016 untuk Mac


Aplikasi email untuk Mac memang ada banyak. Mulai dari aplikasi resmi dari penyedia layanan email seperti Microsoft Outlook, sampai aplikasi pihak ketiga lain. Ada Airmail, Spark, Polymail, Newton mail, dll.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Yah tergantung yang mana kesukaanmu. Paling tidak dengan mengganti aplikasi email default Mac, kamu bisa mencoba dan memilih mana yang paling sesuai dan paling efisien.